5 Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total [Mudah]

Beranda » 5 Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total [Mudah]
Advertisement

Tentang bagaimana cara menghidupkan HP Samsung yang mati total bisa dibilang sangat mudah. Kamu pun bisa melakukannya sendiri, tanpa panik.

Namun memang pada dasarnya, siapa sih yang tidak panik ketika HP kesayangannya mati total. Kendati demikian, jika kamu mampu memahami panduan kali ini dan menerapkannya sesuai prosedur. Maka HP yang mati bukan tidak mungkin bisa hidup kembali, bagaimana caranya?

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total dengan Tombol Power

Menjumpai perangkat HP Samsung dalam keadaan mati total, misalnya seperti tidak bisa dicas. Jelas membuat hal tersebut membuat panik, juga menjengkelkan. Terlebih jika baterai HP Samsung yang digunakan sudah menggunakan mode tanam.

Namun hal tersebut tidak perlu khawatir, kamu dapat mengusahakannya dengan metode kali ini. Cara ini pun bisa diaplikasikan dibanyak jenis series HP Samsung. Yang menggunakan sistem baterai tanam, atau bahkan baterai biasa. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung tekan tombol power pada HP selama beberapa detik. Perintah tersebut bisa coba kamu lakukan dari lima hingga 7 detik penekanan
  2. Berikutnya tinggal tunggu beberapa saat sampai HP melakukan proses muat ulang, bahkan hidup kembali
  3. Jika perintah dan langkah tersebut berhasil, maka HP akan menampilkan menu awal.

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total dengan Cek Kabel USB

Bila cara pertama, tidak bekerja, kemudian tidak membuahkan hasil. Maka kamu dapat melakukan alternatif lainnya. Seperti memeriksa kabel USB  digunakan.

Pada kondisi tertentu, HP Samsung mati total yang salah satu penyebabnya tidak bisa dicas. Dapat terjadi karena adanya masalah pada salah satu komponen tersebut. Untuk dapat melakukan pengecekan dan mengatasinya bagaimana, simak langsung pembahasannya ya.

  1. Pertama, langsung hubungkan USB kabel ke ponsel Samsung yang masih menyala secara normal. Tujuannya adalah untuk memeriksa keadaan USBnya, jika pada ponsel lain menyala. Maka USBnya memang normal dan tidak ada masalah
  2. Jika ternyata terdapat masalah saat pengisian ke ponsel lain, maka berarti USBnya yang mengalami masalah
  3. Bila hal tersebut terjadi, maka usahakan untuk segera ganti USB yang masih berfungsi atau membeli baru
  4. Usahakan untuk membeli kabel USB original, agar kemungkinan barang rusak sangat minim. Pun tentu saja kamu pun jadi menggunakan produk resmi untuk HP  digunakan
  5. Jika ketika USB sudah dibeli dan HP Samsung kembali menyala, berarti benar. Yang rusak dan menjadi kendala adalah kabel USBnya.

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total dengan Cek Adaptornya

Masih sama dengan panduan dan prosedur sebelumnya. Coba gunakan adaptor untuk pengisian daya ponsel Samsung lain yang masih aktif. Dan normal. Jika adaptornya mampu bekerja dengan baik, bisa mengisi daya HP secara normal.

Maka bisa dipastikan HP kamu memang bermasalah. Namun jika ternyata adaptornya ketika disambungkan dengan perangkat lain mengalami hal sama. Maka bisa disimpulkan bahwa adaptornya memang bermasalah.

Advertisement

Jika demikian terjadi, maka kamu cukup membeli adaptor baru. Bisa didapatkan dari gerai resminya, agar dapat meminimalisir kerusakan lagi dan tentu saja kamu pun dapat menggunakan barang baru. Resmi, juga terpercaya.

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total dengan Factory Reset

Metode keempat ini bisa jadi metode berikutnya ketika tiga metode sebelumnya tidak bekerja, tidak berfungsi dengan baik. Nah, penting untuk diketahui. Bahwa HP Samsung yang mati total ini bisa dikarenakan sistem software atau perangkat lunak  rusak.

Jika hal tersebut memang terjadi, maka kamu pun bisa coba melakukan factory reset menggunakan langkah serta prosedur di bawah ini.

  1. Pertama, langsung tekan dan tahan tombol Volume Up, Home dan tombol Power pada HP secara bersamaan selama beberapa saat
  2. Jika perintah tersebut sudah dilakukan, maka kamu dapat menggunakan tombol volume Up untuk memilih menu Factory Reset
  3. Sedangkan tombol Homenya untuk memilih opsi reset
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses reset berlangsung
  5. Jika sudah, maka kamu dapat memilih keterangan Reboot System Now
  6. Selesai.

Bila dengan metode ini membuat HP Samsung kamu menyala kembali, maka berarti salah satu penyebab mati totalnya karena ada kerusakan pada sistem software.

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total dengan Melakukan Recovery

Panduan ini bisa kamu aplikasikan jika HP memiliki sistem cache  penuh. Kemudian memiliki sistem wiping data sudah rusa, atau bahkan error. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus masuk ke sistem rebooting system. Dan dapat melakukan penghapusan cache dari recovery.

  1. Pertama, langsung tekan tombol power serta volume Up atau down secara bersamaan
  2. Kemudian tunggu hingga sistem layar masuk ke halaman Recovery
  3. Berikutnya, jika sudah masuk pada setelan recovery. Maka kamu dapat memilih sub menu Wipe
  4. Lakukan wipe data dan wipe cache
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai, maka kamu dapat mematikan HP dan proses recovery bisa langsung dimulai

Jika proses tersebut berlangsung dan berhasil, maka kamu dapat menyalakan kembali HP seperti biasa menggunakan power selama beberapa detik.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total

Apa Hal yang Memungkinkan Jadi Penyebab HP Samsung Mati Total?

Temperatur HP  tinggi, adanya kerusakan pada motherboard, atau bahkan kapasitas memori yang kurang begitu memadai. Bisa juga karena adaptor HP hingga USB rusak  tidak pernah pengguna sadari.

Bagaimana Solusi Jika Semua Metode dan Caranya Tidak Bekerja dengan Baik?

Kamu bisa langsung pergi ke service center Samsung terdekat, yang resmi juga terpercaya.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.