8 Cara Mengurangi di Excell Secara Otomatis dan Manual

Tentang bagaimana cara mengurangi di Excel ternyata banyak langkahnya, ada beberapa pilihan. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Excel sendiri termasuk pada salah satu software yang bermanfaat dalam pekerjaan sehari-hari. Terutama berguna untuk pekerjaan yang ada hubungannya dengan rumus matematika. Penting untuk diketahui, bahwa secara default Excel tidak memiliki fungsi khusus untuk pengurangan.

Cara Mengurangi di Excell Secara Manual

Metode paling sederhana yang bisa dilakukan untuk pengurangan pada Excel, adalah dengan menggunakan sistem konvensional. Atau cara manual. Untuk melakukannya, kamu cukup langsung mengetikkan rumus =angka pertama (-) angka kedua, kemudian tekan enter.

Misalnya saja kamu ingin mengurangi 100-50, maka penulisannya akan menjadi seperti ini.

Cara Mengurangi di Excell

Saat ditekan enter, maka secara otomatis Excel akan memperlihatkan hasilnya. Yakni 50.

Cara Mengurangi di Excell Secara Otomatis

Selain dapat ditulis atau diketik secara manual, kamu juga dapat melakukan pengurangan secara otomatis. Terutama jika kamu harus mengurangi nilai dibeberapa cell.

Misalnya saja ingin mengurangi nilai pada masing-masing cell berbeda. Contohnya =A1-A2-A3. Agar lebih jelas lagi bagaimana, simak lengkap gambar di bawah ini.

Cara Mengurangi di Excell

Jadi, pertama kamu harus terlebih dahulu menulis angka yang ingin dikurangkan pada tempatnya. Yakni A1. 10 pada cell A2 dan angka 20 dicell A3.

Setelah hal tersebut dilakukan, pada cell A4 bisa langsung ketikkan rumus di atas yang berwarna merah. Lalu tekan enter, maka Excel akan langsung menampilkan hasilnya. Yakni 70.

Cara Mengurangi di Excell Secara Manual dan Antar Cell

Jenis rumus pengurangan yang ketiga, dapat digunakan saat kamu sudah memiliki data pada beberapa cell. Lalu ingin menguranginya dengan nilai yang diketik secara manual.

Langkahnya jelas mudah, sebab kamu hanya perlu menggabungkan dua cara sebelumnya saja. Misalnya saja  data yang dimiliki adalah 100 di A1, kemudian 10 di A2 dan 20 di A3. Kemudian kamu ingin mengurangi hasilnya dengan angka 5. Maka rumus yang bisa ditulis pada Cell A4 adalah:

Cara Mengurangi di Excell

Dari rumus tersebut, saat menekan enter maka Excel akan menampilkan hasilnya menjadi 65. Angka tersebut didapatkan dari pengurangan 100-10-20-5.

Cara Mengurangi di Excell Pada Cell dan Rumus Fungsi

Rumus berikutnya dapat digunakan saat ingin mengurangi data yang sudah ada pada cell tertentu. Dilakukan menggunakan jumlah data, di range cell lainnya.

Misalnya saja kamu ingin mengurangi angka 100 pada cell A2 dengan data pada range lain. Bisanya di range B1, hingga B3. Maka rumusnya menjadi:

Cara Mengurangi di Excell

Jadi, untuk dapat menggunakan rumus ini. Kamu harus klik terlebih dahulu cell pada kolom untuk menyimpan hasilnya.

Pada gambar di atas, hasilnya disimpan di cell B4. Setelah itu, klik langsung cell A1 dan ketik tanda kurang (-). Kemudian ketik fungsi SUM(B1:B3), hal ini dilakukan untuk menjumlahkan data yang ada pada range B1-B3. Terakhir, langsung tekan enter.

Setelah rumus dan fungsi tersebut dilakukan, maka lembar kerja Excel akan menunjukkan hasil 40 dari pengurangan 100-(20+30+10).

Cara Mengurangi di Excell Antar Kolom Secara Otomatis

Kemudian rumus selanjutnya, akan berguna saat kamu memiliki data dibeberapa kolom yang berbeda. Misalnya saja data yang dimiliki adalah 100, 10, 20, 65, 10, 30, 10 40.

Cara Mengurangi di Excell

Untuk dapat melakukan pengurangan antar kolom, maka kamu dapat menggunakan rumus =A1-B2. Ditulis pada cell C1 atau bisa juga di D1. Setelah menekan tombol enter, maka sistem kerja Excel akan langsung menunjukkan hasilnya. Yakni 80. Hasil pengurangan dari 100-80.

Setelah itu, kamu tinggal melakukan copy pasti pada cell C1 atau bisa juga menggunakan sistem AutoFill. Dengan cara lakukan drag kursor, dari cell C1 pojok kanan bawah. Lebih tepatnya menggunakan ikon plus. Bagaimana caranya?

Cara Mengurangi di Excell

Cara Mengurangi di Excell Ditambah Absolute Reference

Rumus pengurangan Excel ditambah dengan Absolute Referensi ini ternyata dapat digunakan. Pengguna memiliki data disebuah range tertentu. Dimana masing-masing data tersebut ingin dikurangi dengan data pada sebuah cell saja.

Misalnya saja data yang dimiliki ada pada range A1:A4. Setiap data tersebut akan dikurangi dengan data yang ada pada cel A6.

Cara Mengurangi di Excell

Agar dapat menyelesaikan pengurangan tersebut, kamu dapat menggunakan rumus A1-A$6. Pada cell B1 atau bahkan C1, kemudian tekan enter.

Setelah hal tersebut dilakukan, maka Excel akan langsung menunjukkan hasilnya. Yakni 85. Terakhir, kamu pun dapat menggunakan sistem AutoFill. Atau melakukan drag kursor dari cell C1 sampai dengan C4. Hasilnya jadi seperti ini:

Cara Mengurangi di Excell

Cara Mengurangi di Excell dengan Paste Special

Rumus berikutnya jelas harus kamu pelajari juga, namun rumus satu ini sebenarnya trik spesial. Yang bisa diaplikasikan saat melakukan pengurangan di Excel. Misalnya data awal yang dimiliki ada pada range cell A1:A4. Kemudian ingin menguranginya dengan angka pada Cell B1, dengan hasil yang diletakkan tetap pada rang A1:A4. Misalnya:

Cara Mengurangi di Excell

Untuk dapat menyelesaikan trik tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, klik kanan terlebih dahulu pada B1 dan lakukan Copy
  2. Setelah perintah tersebut dilakukan, langsung blok range cell data awal yang dimiliki. Yakni A1:A4. Klik kanan pada range tersebut, lalu pilih paste spesial
  3. Selanjutnya jendela menu Paste Special akan muncul. Lalu pilih bagian Operation, kemudian pilih Subtract dan klik OK untuk menyelesaikan
  4. Dengan perintah tersebut, maka kamu bisa dapatkan hasil di bawah ini.
Cara Mengurangi di Excell

Setelah mengklik OK dari perintah tersebut, maka secara otomatis Excel akan mengurangi data yang ada pada range A1;A4. Dengan menggunakan angka di B1, lalu hasilnya bisa kamu lihat di data awal. Pada Range A1:A4.

Cara Mengurangi di Excell dalam Persen

Dengan menggunakan Excel, pengguna tidak hanya sekadar bisa melakukan pengurangan dasar. Namun juga bisa melakukan pengurangan persen. Misalnya ingin tahu diskon dari suatu barang tertentu, atau mengurangi nilai persentase dari angka.

Misalnya kamu ingin membeli HP dengan kisaran harga mulai dari 5 juta Rupiah pada toko yang memberikan diskon sebesar 15%. Untuk dapat mengetahui harga yang harus dibayar saat membeli ponsel tersebut. Adalah =harga asli*diskon.

Dari rumus tersebut, kamu dapat mengurangi harga jual dengan total diskon yang didapatkan. Untuk lebih jelas lagi, bisa langsung lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengurangi di Excell

Jadi harga asli Ponsel A adalah 5 Juta Rupiah, kamu akan mendapatkan diskon sebesar 15%. Berarti total diskonnya adalah 5 Juta x 15%. Dan total diskon didapatkan sebesar 750 Ribu Rupiah.

Dengannya, total harga yang harus dibayar untuk membeli ponsel A adalah 5 Juta Rupiah dikurangi 750 Ribu Rupiah.

Nah, itulah beberapa jenis rumus yang bisa diaplikasikan untuk dapat mengurangi angka atau data yang ada di Excel. Kamu ingin menggunakan rumus mana?

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengurangi di Excell

Apakah Semua Rumus di Atas Bisa Digunakan Disemua Versi Ms. Excel?

Bisa, karena semua rumusnya adalah rumus dasar saja. Rumus sederhana.

Bisakah Semua Rumus Di Atas Dipahami dalam Waktu Singkat?

Amat sangat bisa.

Tinggalkan komentar