8 Penyebab iPhone Mati Total dan Solusinya

Beranda » 8 Penyebab iPhone Mati Total dan Solusinya

Apa penyebab iPhone mati total yang paling utama? Tentunya ada banyak penyebab dari iPhone yang sering mengalami mati total. Karenanya, selalu perhatikan apa saja yang menjadi penyebab dari iPhone yang sering mengalami mati total.

iPhone yang mati total itu memang disebabkan oleh sejumlah hal. Karenanya, para pengguna iPhone harus mengetahui apa saja penyebab dari iPhone yang mati total tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari iPhone yang mati total.

Beberapa Penyebab Utama iPhone Mati Total

Kenalilah terus aneka penyebab utama dari iPhone yang mati total. Penyebab iPhone yang mati total itu tentu sangat beragam. Para pengguna harus memahami hal tersebut dengan baik. Ini dia beberapa penyebab utama dari iPhone yang mati total.

1. Baterai iPhone Bocor

Satu dari sekian penyebab utama dari iPhone yang mati total adalah baterai iPhone yang bocor. Baterai iPhone yang bocor tersebut merupakan sesuatu yang menjadi penyebab utama dari masalah tersebut. Ketika sudah ada tanda awal dari baterai yang bocor, segera lakukan perbaikan.

Baterai iPhone yang bocor memang jadi masalah buat para pengguna iPhone. Baterai yang sering bocor tersebut akan membuat iPhone bermasalah terus. Termasuk bermasalah dalam matot atau mati total.

2. Ada Kerusakan dalam Software

Kerusakan dalam software juga jadi penyebab utama dari iPhone yang mati total. Ini adalah salah satu masalah yang menjadi penyebab dari matinya iPhone secara tiba – tiba. Kerusakan software yang sangat parah bisa sebabkan iPhone mati total terus.

Software yang ada di iPhone memang rentan bermasalah. Jika tak diperbaiki dengan tepat, software dari iPhone bisa sebabkan berbagai macam masalah. Termasuk masalah matot yang sangat mengganggu.

3. Terlalu Sering Gunakan Aksesoris Palsu

Penyebab lainnya adalah terlalu sering menggunakan aksesoris palsu. Aksesoris yang palsu itu memang kerap jadi biang keladi dari semua masalah di iPhone. Jadi, hindarilah menggunakan aksesoris yang palsu dari iPhone.

Aksesoris Apple yang asli memang sangat mahal. Itulah kenapa sejumlah pengguna lebih memilih pakai aksesoris palsu. Sebenarnya hal itu sangat tidak disarankan. Sebab, aksesoris yang palsu tersebut bisa membuat iPhone cepat rusak dan bermasalah.

4. Sering Gunakan iPhone Saat Diisi Baterainya

Sering memakai iPhone saat sedang diisi baterainya juga menjadi masalah. Ini adalah salah satu penyebab terbesar dari masalah iPhone yang mati total. Karenanya, jangan terlalu sering menggunakan iPhone ketika sedang diisi baterainya.

Kebiasaan buruk ini memang harus dihentikan. Biarkan saja iPhone yang sedang diisi dayanya dan jangan memakainya. Kalau terlalu sering pakai iPhone saat diisi baterainya, maka masalah mati total itu bakal terjadi.

5. Tidak Melakukan Update iOS

Tidak melakukan update iOS juga jadi penyebab utama dari iPhone yang mati total. Masalah ini biasanya terjadi pada iPhone yang lawas. Misalnya iPhone 6 sampai dengan iPhone 8. Kalau tak lakukan update iOS, masalah iPhone mati total bisa terjadi.

Update sistem iOS secara berkala memang sangat penting. Para pengguna akan bisa dapatkan efek menguntungkan jika rajin melakukan update iOS terbaru. Kalau sudah lama tak melakukan update iOS, pengguna akan mengalami masalah mati total secara berkelanjuan.

Solusi Mengatasi iPhone Mati Total

Mengatasi iPhone yang mati total itu sebenarnya tak begitu sulit. Hanya perlu gunakan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, para pengguna iPhone harus memahami hal tersebut dengan baik. Berikut ini beberapa solusi dalam mengatasi iPhone yang mati total.

1. Force Restart

Force restart adalah salah satu solusi terbaik untuk bisa atasi masalah iPhone yang mati total. Dengan melakukan force start, pengguna akan dapatkan kemudahan terus dalam mengatasi beragam masalah yang ada di iPhone.

Memakai opsi restart memang jadi solusi jangka pendek. Kalau sudah dilakukan force restart namun masalah iPhone mati total tetap terjadi, maka sebaiknya cari solusi yang lain.

2. Ganti Baterai

Mengganti baterai juga merupakan solusi dalam mengatasi iPhone yang mati total. Langsung ganti baterai memang jadi sarana terbaik untuk menyelesaikan masalah pada iPhone. Untuk itu, segera ganti baterai kalau mengalami masalah mati total secara terus menerus.

Solusi ganti baterai memang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna yang tak mau terus bermasalah dengan matot. Jadi, kalau ingin langsung sembuh, pengguna bisa langsung ganti baterai saja.

3. Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai adalah solusi dalam mengatasi iPhone yang mati total. Solusi ini bisa diandalkan untuk mengatasi iPhone yang sedang mati total. Karenanya, cobalah lakukan kalibrasi baterai saja dengan baik.

Kalibrasi adalah sebuah metode yang ampuh untuk mengatasi segala macam masalah. Karenanya, masalah mati total pada iPhone itu bisa diselesaikan juga dengan melakukan kalibrasi baterai.

4. Service iPhone

Melakukan service iPhone juga jadi solusi dalam mengatasi iPhone yang mati total. Solusi seperti ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk menyelesaikan beragam masalah. Langsung datang ke service resmi iPhone untuk mengatasi masalah iPhone yang kerap mati total itu.

Sangat disarankan untuk melakukan service di tempat yang terpercaya. Jika melakukan service iPhone di tempat yang benar – benar terpercaya, pengguna akan bisa mengatasi masalah matot dengan mudah.

FAQ | Penyebab iPhone Mati Total

Apakah menggunakan charger palsu bisa sebabkan iPhone mati total?

Penggunaan aksesoris palsu memang jadi salah satu penyebab utama iPhone matot.

Apakah perlu bawa iPhone yang mati total ke tukang service?

Kalau mengalami masalah matot berkelanjutan sebaiknya langsung dibawa ke tempat service saja.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.