Advertisement

Saat mengoperasikan Microsoft Excel, pengguna terkadang bingung mendefinisikan apa yang dimaksud dengan Worksheet dan Workbook. Sebenarnya dua istilah tersebut cukup berbeda, bahkan fungsinya juga demikian.

Tentu sangat penting mengetahui dua istilah tersebut, agar nantinya kamu lebih lancar dalam mengoperasikan Excel. Penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook, akan diulas dalam beberapa poin berikut.

Penjelasan Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook

Memiliki nama yang sedikit mirip, terkadang kita rancu dalam mengenali apa yang dimaksud worksheet dan workbook dalam Microsoft Excel. Kamu dapat memahaminya, dengan mempelajari penjelasan tiap poin berikut.

1. Definisi Worksheet dalam Excel

Membahas tentang apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook, bisa dimulai dengan worksheet dahulu. Worksheet dalam Excel berarti sebuah kumpulan cell yang sudah dibagi secara baris dan kolom. Worksheet bisa dikatakan sebagai tempat kita mengerjakan dokumen atau pekerjaan di Microsoft Excel.

Saat memakai fitur ini, kamu dapat memiliki worksheet lebih dari satu. Selain itu, kamu juga bisa membagi pekerjaan sesuai keinginan, dengan worksheet yang disesuaikan. Istilah satu ini juga bisa diartikan sebagai lembar kerja.

Mengenali apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook dalam Ms.Excel juga harus paham fungsinya. Fungsi dari lembar kerja ini sebenarnya cukup mudah dipahami. Manfaat yang pertama sebagai tempat menampung berbagai cell, tempat kamu memproses data.

Sudah banyak dibahas di berbagai penjelasan bahwa Microsoft Excel memiliki tampilan berupa cell yang jumlahnya banyak. Cell dalam Excel ini semua ditampung menjadi satu dalam satu buah worksheet.

Selain itu, fungsi worksheet juga sebagai pembagi pekerjaan, berdasarkan dengan preferensi pembagian kerja. Misalnya ingin membuat satu dokumen yang terdiri atas beberapa bagian.

Cukup pakai lembar kerja yang berbeda, sehingga semua bisa ditampung dalam satu dokumen utuh. Fungsi lain dari worksheet bisa dijadikan sebagai pratinjau. Maksudnya untuk menampilkan hasil pekerjaan, sebelum nantinya dicetak.

Baca juga: Panduan Cut, Copy, Paste di Excel

2. Definisi Workbook dalam Excel

Mengenal apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook berlanjut ke tahapan berikutnya. Kali ini, kita akan membahas definisi workbook di Excel. Workbook berarti sebuah halaman di Excel, yang fungsinya untuk mengolah data.

Jika worksheet hanya berupa kumpulan cell, workbook berarti cakupannya lebih luas. Tidak hanya cell, tetapi berbagai menu di dalam Excell masuk ke dalam workbook. Sederhananya, worksheet merupakan bagian tidak terpisahkan dari workbook.

Secara default, workbook hanya berisikan satu sheet. Fungsinya secara umum untuk menambahkan file kerja di worksheet. Selain itu, workbook juga berguna untuk mengelola dan membuat data. Sebuah jendela workbook, hadir dengan beberapa komponen, seperti:

  • Status Bar – fungsinya untuk menampilkan keterangan proses yang sedang terjadi. Selain itu, status bar jua berguna untuk merekomendasi perintah yang hendak dilakukan.
  • Page View – berguna sebagai pengganti tampilan halaman kerja. Bisa untuk memperbesar dan memperkecil halaman kerjamu
  • Scroll Bar – terdiri atas dua jenis, yakni vertikal dan horizontal. Scroll bar vertikal berguna untuk menggeser halaman kerja secara naik-turun. Sedangkan yang horizontal untuk menggeser halaman kanan-kiri.
  • Worksheet – seperti yang sudah dijelaskan di awal, worksheet merupakan kumpulan cell, dan menjadi satu bagian dengan workbook. Worksheet inilah yang menjadi bagian dalam mengolah data
  • Tab Worksheet – Apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook juga bisa diketahui dari mengetahui tab worksheet. Fungsinya sebagai penambah, pemilih, hingga penghapus worksheet, yang ditampilkan di halaman kerja
  • Baris – menampilkan index baris, dengan tulisan angka 1 hingga jutaan
  • Kolom – penampil index berupa huruf, yang bertuliskan dari huruf A sampai XFD
  • Formula Bar – sebagai penampil informasi rumus di cell yang sedang kamu klik atau aktifkan
  • Kotak nama – berguna untuk menampilkan cell aktif, atau yang sedang kamu pakai
  • Jendela Kontrol – Pengatur tampilan jendela di Excel, berdasarkan fitur yang telah disediakan. Misalnya minimize, maximize, sampai close dokumen
  • Menu Bar – fitur yang isinya kumpulan menu di Excel. Menu bar ini juga terdiri atas menu ribbon sebagai turunannya
  • Title Bar – Sebagai penampil nama dokumen atau workbook yang sedang kamu buka. Pengaturan default-nya bertuliskan Book1, Book2, dan sebagainya
  • Quick Access Toolbar – penampil perintah yang dipakai untuk menambah hingga mengurangi perintah yang ingin kamu tampilkan

Perbedaan Mendasar Antara Worksheet dan Workbook

Pembahasan apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook adalah tentang mengenali perbedaannya. Memang sudah ada definisi di poin sebelumnya. Untuk melengkapi informasi, perbedaan mendasar dua istilah tersebut harus kamu ketahui.

Apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook bisa dilihat dari penempatannya. Worksheet merupakan bagian yang menyatu dengan workbook. Sedangkan workbook bisa diartikan sebagai buku kerja keseluruhan saat kamu membuka Microsoft Excel

Secara batasan jumlah, dalam satu workbook tidak ada batasan dalam worksheet. Kamu bisa menambahkannya dengan jumlah yang sangat banyak. Sedangkan workbook merupakan kumpulan dari semua sheet yang kamu kerjakan.

Worksheet merupakan tempat dimana kamu bisa menghitung, mengolah data, dan melakukan pekerjaan Excel lainnya. Sementara workbook merupakan dokumen utuh dari worksheet yang kamu kerjakan. Kamu akan menyimpan workbook di memori komputer berformat .xls.

Bagaimana Membuat Worksheet di Excel?

Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook?

Membahas apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook, kurang lengkap tanpa tutorial membuatnya. Pertama-tama, kita akan membahas tentang membuat worksheet terlebih dahulu.

  • Untuk membuatnya, sebenarnya cukup klik tombol kotak atau + yang ada di bagian kiri bawah Excel. Tombol + yang dimaksud ada di sebelah kanan tulisah Sheet1, Sheet2, dan sebagainya
  • Cukup klik tombol tersebut, worksheet baru yang kamu inginkan sudah bisa didapatkan
  • Advertisement
  • Klik Sheet1 jika hendak mengaktifkan worksheet yang diinginkan, begitu juga jika ingin mengaktifkan Sheet2
  • Sebenarnya menambahkan sheet baru juga bisa memakai kombinasi keyboard. Cukup tekan bersama-sama, tombol Shift dan F11 jika kamu memakai laptop biasa
  • Jika kamu pengguna Mac, maka cukup tekan kombinasi keyboard Fn, Shitf dan F11
Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook?
  • Apabila kamu hendak menghapus sheet yang tidak perlu, caranya hanya perlu klik Mouse kanan di Sheet yang dikehendaki. Setelah itu, klik opsi Delete yang ditampilkan
Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook?
  • Memahami apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook juga harus paham mengoperasikan Sheet. Jika hendak mengganti nama dari default Sheet1 menjadi sesuai pilihan, cukup double click di Sheet yang dituju. Langsung saja ketikkan nama yang diinginkan.

Baca juga: 10 Bagian Microsoft Excel Paling Central

Bagaimana Membuat Workbook di Excel?

Memahami apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook, tentu tidak lepas dari bagaimana cara membuatnya. Setelah paham definisi workbook yang sudah dibahas di poin sebelumnya, lanjut dengan cara membuatnya.

Sebenarnya untuk membuat sebuah workbook baru, kamu tinggal buka saja aplikasi Microsoft Excel. Secara otomatis, workbook akan terlihat. Akan tetapi, jika Microsoft Excel sudah dibuka, tapi ingin menambah lembar kerja, bisa memakai beberapa cara lain.

  • Cara pertama, cukup tekan bersama-sama tombol kombinasi keyboard CTRL+N. Otomatis, workbook baru sudah bisa kamu dapatkan
  • Untuk cara kedua, tinggal masuk ke menu File, kemudian klik New
Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook?
  • Setelah itu, akan muncul New Workbook, klik Blank Workbook untuk mendapatkan lembar kerja yang baru

Bagaimana, sudah paham perbedaan antara apa yang dimaksud dengan worksheet dan workbook? Kesimpulannya, workbook berarti tampilan Excel secara menyeluruh, sedangkan worksheet merupakan bagian tidak terpisahkan dari workbook.

Advertisement

Tinggalkan komentar