Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah di Word, Excel, PowerPoint?

Beranda » Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah di Word, Excel, PowerPoint?

Kamu sedang mencari tutorial bagaimana cara membuat teks rata tengah? Jika ya, maka ulasan dan pembahasan pada kesempatan sekarang sangat cocok disimak.

Kamu sebagai pengguna Microsoft Office, pada kesempatan sekarang akan tahu bagaimana agar teks atau konten di dalam dokumen. Bisa dibuat menjadi rata tengah. Baik itu perataan teks di Ms. Word, Excel atau bahkan Ms. Power Point.

Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah di Ms. Word?

Software satu ini akan memberikan banyak bantuan kepada kamu sebagai pengguna untuk menyelesaikan laporan. Kemudian tugas sekolah, atau bahkan keperluan lain dalam bentuk tulisan.

Kemudahan yang diberikan juga beragam, membuat banyak model huruf hingga bisa merapikan jarak antara satu kalimat dengan kalimat lain. Antara satu paragraf dengan paragraf lainnya.

Seperti yang sedang akan dibahas, kamu akan bisa merapikan tulisan menjadi rata tengah. Pengaturan ini berada pada menu Alignment yang berisi beberapa pengaturan. Salah satunya adalah center. Nah, bagaimana cara untuk membuat teks rata tengah di Ms. Word?

1. Menggunakan Menu Home

Ya, metode dan cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan menu Home. Menjadi salah satu tab Menu dari Ms. Office, bisa digunakan oleh pengguna untuk pengeditan data menjadi lebih rapi. Nah, bagaimana jika ingin teksnya jadi rata tengah?

  • Pertama, buka terlebih dahulu file yang dokumen atau teksnya akan dirapikan menjadi data tengah
  • Kemudian pada kalimat, atau paragraf yang akan dirapikan menjadi rata tengah harus diblok
  • Proses blok bisa menggunakan tombol Shift berbarengan dengan tombol navigasi, atau juga bisa menggunakan proses blok menggunakan mouse secara langsung
  • JIka sudah perintah tersebut dilakukan, boleh langsung masuk ke tab menu Home dibagian pojok kiri atas halaman aplikasi
  • Di menu Home akan terdapat Pengaturan Paragraf atau grup menu Paragraf
  • Dari grup menu tersebut sudah terdapat beberapa pengaturan lain
  • Agar bisa membuat teks rata tengah, maka bisa langsung klik menu Center.

Dengan mengaplikasikan metode pertama ini, maka teks atau data kamu otomatis akan berada di tengah-tengah secara tepat.

2. Menggunakan Shortcut dari Keyboard

Selain bisa dibuat dengan menggunakan menu Tab Home, ternyata lebih singkatnya bisa kamu buat dengan menggunakan shortcut dari keyboard. Dan sistem pengaturan ini juga sudah dimiliki oleh Ms. Office. Bagaimana cara melakukannya?

  • Pertama, bisa langsung tandai kalimat atau bagian teks paragraf yang akan diatur penulisannya menjadi rata tengah
  • Jika sudah ditandai dengan cara diblok, maka kamu bisa langsung menekan tombol shortcut pada keyboard
  • Dengan cara menggunakan tombol CTRL+E secara bersamaan
  • Tombol kombinasi tersebut secara otomatis akan membuat teksnya langsung berada di tengah, pun pasti akan otomatis menjadi lebih rapi.

Nah, itulah bahasan tentang bagaimana cara membuat teks rata tengah di Ms. Word. Kamu cukup dengan memanfaatkan tab menu Home atau menggunakan shortcut keyboard CTRL+E.

Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah di Ms. Excel?

Sama seperti panduan sebelumnya, bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat teks rata tengah. Termasuk di Excel juga ternyata demikian.

Rata tengah di Excel, pada umumnya dibuat untuk judul laporan. Nama kolom, nama baris, hingga beberapa elemen atau konten lainnya. Sesuai kebutuhan. Namun secara default, Excel sendiri menempatkan angka dibagian kanan bawah cell, juga dibagian kiri bawah cell.

Pengguna bisa membuat teksnya menjadi rata tengah, gunanya agar semua judul baris atau kolom lebih selaras. Nah, bagaimana saja caranya?

1. Menggunakan Tab Menu Home

Atau bisa juga disebut dengan menu Ribbon Home. Kamu juga bisa melakukannya dengan dua opsi, dengan Center Align Option dan Format Option. Nah, bagaimana cara menggunakannya?

1.1 Center Align Option

Center Align Option ini posisinya ada dibagian tab menu Home, dan lebih jelasnya bisa ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pilih terlebih dahulu seluruh data di tabel yang sedang dikerjakan
  • Kemudian buka tab menu Home
  • Langsung cari Grup Menu Alignment
  • Lalu pilih opsi Center untuk membuat kontennya berada dibagian tengah 
  • Selesai.

1.2 Format Option

Begitu juga dengan Format Option. Terletak di menu Ribbon Home. Yang mana fitur ini termasuk pada kategori tab Format. Nah, bagaimana cara membuatnya?

  • Tentukan dan pilih seluruh data pada tabel yang akan dibuat rata tengah
  • Berikutnya buka tab menu Home dan pilih Format Cells pada bagian Format melalui menu Drop Down yang disediakan
  • Dengannya, pop op Format Cells akan ditampilkan
  • Berikutnya klik tab Alignment
  • Dibagian Text Alignment atur langsung keterangan Horizontal dan Vertical menjadi Center
  • Setelah perintah tersebut dilakukan, boleh langsung klik OK untuk menyimpan perubahannya.

2. Menggunakan Context Menu

Opsi Context Menu juga bisa jadi opsi dan metode bagaimana cara membuat teks rata tengah di Excel. Untuk lengkapnya bagaimana, bisa langsung simak uraian di bawah ini.

  • Pertama, langsung buat data di Excel pada cell yang sudah tersedia
  • Berikutnya klik kanan pada cell kosong untuk membuka opsi Context Menu
  • Lalu pilih opsi Format Cells untuk membuka jendela baru dan klik tab Alignment
  • Jika sudah, langsung pilih Center Across Selection pada opsi Horizontal
  • Klik OK dan perubahan otomatis akan tersimpan.

3. Menggunakan Shortcut di Keyboard

Ya, tidak hanya sekadar Ms. Word saja yang menyediakan shortcut untuk membuat teks rata tengah. Namun juga Excel menyediakannya, memilikinya. Untuk lengkapnya bagaimana, yuk simak shortcutnya di bawah ini.

  • ALT+H+A+C digunakan untuk membuat teks rata tengah secara horizontal
  • CTRL+E digunakan untuk membuat teks rata tengah secara horizontal di dalam cell
  • ALT+H+A+M digunakan untuk membuat teks rata tengah secara vertikal.

Nah, itu tutorial mengenai bagaimana cara membuat teks rata tengah ketika menggunakan Excel. Pun kamu juga akan tahu bagaimana cara membuat teks rata tengah di Ms. Power Point.

Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah di Ms PowerPoint?

Pada dasarnya pengaturan dan tutorialnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk lebih jelas lagi. Yuk simak tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama, langsung siapkan teks atau paragraf di Powerpoint yang akan dibuat rata tengah
  • Berikutnya blok dan pilih paragraf yang dimaksud
  • JIka sudah diblok, langsung pilih tab menu Home dan cari grup menu Paragraph
  • Untuk membuat rata tengah, bisa langsung klik opsi Center
  • Atau jika sudah diblok dan ingin membuat rata tengah tanpa menggunakan menu tab Home. Bisa langsung menggunakan shortcut CTRL+E.

Dengan perintah tersebut, maka teks rata tengah di Ms. Office sudah berhasil dilakukan.

FAQ │Pertanyaan Seputar Bagaimana Cara Membuat Teks Rata Tengah?

Panduan di Atas Berlaku untuk Ms. Office Dimana?

Ms. Office di MacBook dan juga di Laptop Windows.

Jika sudah Dibuat Rata Tengah, Apakah Bisa Dibuat Menjadi Rata Kiri atau Kanan?

Sangat bisa.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.