Bagaimana Cara Mengatur Spasi Microsoft Word?

Beranda ยป Bagaimana Cara Mengatur Spasi Microsoft Word?

Cara mengatur spasi Microsoft Word itu sangat mudah. Lewat cara โ€“ cara yang sangat sederhana, pengaturan bisa dijalankan dengan sangat mudah. Karenanya, perhatikanlah selalu bagaimana cara mengatur spasi pada lembar kerja word.

Spase dalam tulisan di word itu memang sangat penting. Jangan sampai spasi dalam tulisan di word berantakan. Semuanya harus diatur sebaik mungkin agar tulisan jadi rapi. Berikut ini adalah tata cara mengatur spasi pada lembar kerja Microsoft Word.

Cara Mengatur Spasi Microsoft Word

Pengaturan spasi di Microsoft Word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya butuh beberapa tahapan sederhana di word untuk mengatur jarak spasi. Berikut ini cara mengatur spasi Microsoft Word dengan cukup mudah.

1. Cara Mengatur Spasi Antar Baris di Word

Pertama adalah memahami cara mengatur spasi antar baris di word. Proses pengaturan spasi antar baris itu bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini tata cara mengatur spasi antar baris di word yang dapat dilakukan secara mudah.

  • Bukalah dokumen di Microsoft Word
  • Pastikan semua teks yang ada di dokumen word muncul
  • Blok dulu teks yang akan diatur format spasi antar barisnya
  • Lanjutkan dengan tab menu paragraf
  • Kemudian akses menu line spacing
  • Pilih jarak spasi yang ingin diterapkan dari 1,0 hingga 3,0

2. Cara Mengatur Spasi Antar Paragraf di Word

Mengatur spasi antar paragraf di word juga bisa dilakukan dengan mudah. Pahamilah tata cara mengatur spasi antar paragraf dengan baik dan benar. Ini dia tata cara mengatur spasi antar paragraf di word.

  • Buka dokumen word yang sudah ada tulisannya
  • Blok semua paragraf yang akan diatur jarak spasinya
  • Pilih menu line and paragraph spacing
  • Pada menu dropdown pilih add space before paragraph
  • Jarak antar paragraf akan muncul di dokumen

3. Cara Mengatur Spasi Antarhuruf di Word

Pengaturan spasi antara satu huruf dengan huruf lainnya juga harus diperhatikan. Pengaturan antar huruf ini bisa dilakukan dengan amat mudah. Berikut ini adalah tata cara mengatur spasi antarhuruf di lembar kerja word.

  • Buka dokumen word yang sudah ada isinya
  • Blok dulu teks yang akan diatur spasi antar huruf
  • Klik tanda panah kecil ke bawah di opsi font
  • Pada box dialogi pilih character spacing
  • Atur spacing yang diinginkan antar huruf
  • Jika sudah klik Ok

Kenapa Harus Mengatur Spasi Microsoft Word?

Ada alasan tentang kenapa harus mengatur spasi pada Microsoft Word. Lewat beberapa alasan yang ada, pengaturan spasi memang perlu dilakukan. Jadi, perhatikan selalu alasan โ€“ alasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa harus kenapa harus mengatur spasi di word.

1. Bikin Tulisan Rapi

Salah satu alasan kenapa harus mengatus spasi di word dengan baik adalah biar tulisan menjadi rapi. Kerapian tulisan adalah sesuatu yang penting. Maka dari itu, membikin tulisan yang rapi itu memang sangat bermanfaat buat para pembacanya.

2. Supaya Tulisan Mudah Terbaca

Membuat tulisan mudah terbaca juga menjadi alasan lain kenapa harus atur spasi Microsoft Word. Pengaturan spasi secara baik dan cermat itu akan berdampak pada proses penulisan yang paling mudah terbaca. Karenanya, aturlah spasi sebaik mungkin.

3. Menghindari Kekeliruan

Menghindari kekeliruan juga merupakan alasan kenapa harus kenapa harus mengatur spasi di word. Sering terjadi kekeliruan dalam menulis akibat spasi yang berantakan. Untuk itu, jika mau terhindari dari kekeliruan penulisan, mengatur spasi adalah jawabannya.

4. Agar Informasi Lebih Jelas

Membuat informasi menjadi lebih jelas adalah alasan lainnya. Setiap orang pasti ingin membuat file atau dokumen yang ditulis di lembar kerja word dapat dipahami informasinya. Karenanya, penting untuk melakukan pengaturan spasi pada lembar kerja.

Faktor Penting dalam Pengaturan Spasi Microsoft Word

Tentunya ada beberapa faktor penting dalam pengaturan spasi di Microsoft Word. Semua faktor penting tersebut perlu dicermati agar pengaturan spasi akan selalu mudah dilakukan. Berikut ini beberapa faktor penting dalam pengaturan spasi di word.

1. Urutan Pengaturan

Urutan pengaturannya harus dicermati. Jangan meloncati urutan pengaturan yang sudah dibuat. Hal tersebut memegang peranan yang sangat penting dalam pengaturan spasi pada lembar kerja word.

Pengaturan memang perlu dilakukan dengan baik dan cermat. Semuanya harus diperhatikan dari awal sampai akhir supaya spasi di word bisa lancar.

2. Pengaturan Jarak Spasi

Jarak spasi antar kalimat atau huruf juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pengaturan jarak spasi tersebut memang harus benar โ€“ benar mendapatkan atensi khusus dari para pengguna.

Spasi antar paragraf hingga huruf memang bisa diatur penataannya. Karenanya, cobalah untuk mengatur jarak spasi dengan sebaik mungkin.

3. Pilihan Font

Berikutnya adalah pilihan font yang digunakan. Supaya jarak spasi pada lembar kerja word teratur, maka pilihan font yang digunakan haruslah jelas.

Font standar seperti arial, calibri, hingga times new roman sangat direkomendasikan. Maka dari itu, pastikan pilih font yang biasa dipakai juga.

4. Ukuran Font

Ukuran font yang dipilih juga harus mendapatkan perhatian khusus juga. Gunakanlah font yang punya ukuran standar dalam penulisan lembar kerja word.

Ukuran file standar font adalah 11 atau 12 untuk body teks. Sedangkan untuk bagian judul idealnya adalah 14 hingga 16.

FAQ | Cara Mengatur Spasi Microsoft Word

Apakah penting mengatur spasi di Microsoft Word?

Jika ingin membuat lembar kerja word jadi rapi, maka pengaturan spasi amat penting.

Kenapa harus mengatur spasi di Microsoft Word?

Supaya file atau dokumen di word menjadi lebih rapi.

Apa perlu gunakan aplikasi pihak ketiga untuk atur spasi di word?

Tidak perlu. Cukup dengan pengaturan sederhana saja di word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.