Bagaimana Cara Reset HP Samsung?

Beranda » Bagaimana Cara Reset HP Samsung?
Advertisement

Pahamilah cara reset Hp Samsung dengan baik dan tepat. Dengan cara – cara yang sederhana, proses reset Hp bisa dialankan secara mudah. Maka dari itu, perhatikan terus bagaimana cara melakukan reset pada Hp Samsung dengan tepat.

Memang perlu dipahami bagaimana cara reset Hp Samsung. Melakukan reset Hp Samsung itu perlu dilakukan secara tepat. Dengan melakukan reset secara tepat, semuanya akan berlangsung lebih mudah dan cepat. Berikut ini penjelasan tentang cara reset Hp Samsung.

Cara Reset Hp Samsung dengan Mudah

Melakukan reset pada Hp Samsung bisa dilakukan dengan mudah. Lewat beberapa metode atau cara yang sederhana, proses reset dapat dilakukan langsung. Karenanya, perhatikanlah cara resetnya dengan benar. Ini dia beberapa cara reset Hp Samsung.

1. Buka Setting atau Pengaturan

Proses reset dilakukan dengan membuka setting atau pengaturan terlebih dulu. Ini adalah langkah awal yang perlu dilakukan demi bisa melakukan reset langsung pada Hp Samsung yang digunakan sehari – hari.

2. Pilih Manajemen Umum

Setelah masuk ke menu setting, segeralah cari opsi manajemen umum. Klik opsi manajemen umum tersebut untuk bisa masuk lagi ke menu lain. Setelah diklik, memang ada beberapa opsi lain lagi yang muncul dan bisa dipilih.

3. Pilih Reset Hp Samsung

Tahap berikutnya adalah memilih opsi reset Hp Samsung. Bisa memilih langsung reset factory pada menu yang tersedia. Nantinya akan muncul box percakapan untuk memastikan apakah reset akan dilanjutkan atau tidak. Pilih lanjutkan jika ingin segera reset.

4. Mulai Lakukan Reset

Langkah akhir adalah mulai lakukan reset. Proses reset di Samsung akan langsung dimulai. Nantinya proses reset akan berjalan selama beberapa menit. Tunggulah sampai proses peresetan pada Hp Samsung itu selesai dilakukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Reset Hp Samsung

Dalam proses reset Hp Samsung ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan. Ketika memperhatikan sejumlah hal, semuanya bisa lebih lancar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau reset Hp Samsung.

1. Lakukan Back Up Keseluruhan

Full back up adalah sesuatu yang harus dilakukan kalau mau lakukan reset pada Hp Samsung. Melakukan back up adalah kewajiban utama jika ingin lakukan reset ke Hp Samsung. Jika lakukan back up dengan tepat, aneka data penting tak akan lenyap.

2. Pindahkan Data Chat di Whatsapp

Pindahkanlah data chat di Whatsapp terlebih dulu. Ini merupakan hal penting yang harus dilakukan biar semua percakapan atau chat WA bisa tersimpan. Data chat yang penting memang harus tersimpan. Buat yang menganggap chat WA penting, selalu lakukan back up.

3. Pindahkan Kontak

Pindahkanlah kontak telepon dengan baik agar informasi mengenai kerabat dan yang lain tak hilang. Daftar kontak telepon memang harus diamankan jika ingin melakukan reset pada Hp Samsung. Kontak memang harus diamankan supaya tidak mencatat satu per satu lagi.

4. Memindahkan Foto dan Video

Pemindahan foto dan video juga harus diperhatikan dengan baik. Karena itu, perhatikanlah data foto dan video sebelum melakukan reset pada Hp Samsung. Foto dan video yang dianggap penting itu memang harus diamankan jika tak mau kehilangannya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Reset Hp Samsung?

Ketahuilah kapan waktu yang tepat untuk melakukan reset di Hp Samsung. Tentunya harus diperhatikan dengan baik kapan waktu yang paling tepat untuk lakukan reset Hp Samsung. Ini dia kapan waktu yang tepat untuk lakukan reset Hp Samsung.

Advertisement

1. Saat Hp Samsung Ngelag Terus

Saat yang tepat untuk lakukan reset pada Hp Samsung adalah ketika mengalami masalah lag. Ketika Hp Samsung ngelag terus, maka sudah seharusnya melakukan peresetan. Ini adalah langkah penting yang harus diambil untuk atasi masalah ngelag tersebut.

2. Ketika Aplikasi Tak Bisa Berjalan

Ketika ada aplikasi tak bisa berjalan dengan baik, maka reset bisa dilakukan. Ini adalah saat yang tepat juga untuk mengubah Hp Samsung ke setelan awal agar semuanya berjalan dengan baik. Aneka gangguan dan masalah pun nantinya bisa diatasi.

3. Kinerja Hp Lemot

Kinerja Hp Samsung yang lemot juga harus selalu jadi indikator. Ketika merasa kinerja Hp Samsung terus menurun dan bahkan jadi lemot, maka sudah selayaknya melakukan reset. Proses reset itu penting dilakukan biar Hp Samsung kembali sehat.

4. Indikator Baterai Bermasalah

Reset juga perlu dilakukan ketika ada masalah pada indikator baterai. Misalnya baru diisi hingga 100 persen, Hp Samsung yang dipakai sebentar sudah jadi 40 persen. Indikator tersebut membuat pengguna harus segera melakukan reset.

5. Sering Mati Sendiri

Masalah Hp Samsung yang mati sendiri itu memang memusingkan. Jika tka mau berlarut – larut dengan masalah tersebut, maka peresetan adalah solusinya. Masalah Hp Samsung mati sendiri bakal bisa diatasi dengan lakukan reset langsung.

Apa yang Terjadi Ketika Melakukan Reset di Hp Samsung?

Apa yang akan terjadi ketika melakukan reset pada Hp Samsung? Memang ada beberapa hal yang penting diperhatikan kalau mau melakukan reset pada Hp Samsung. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika lakukan reset di Hp Samsung.

1. Hp Samsung Kembali Seperti Semula

Hal yang pasti terjadi ketika dilakukan reset Hp Samsung adalah kondisi jadi seperti semula. Kondisi yang bagus seperti semula itu memang diinginkan oleh banyak pengguna. Smartphone Samsung akan benar – benar kembali seperti semula lagi.

2. Data dan File Hilang

Efek lain yang akan terjadi adalah data dan file bakal hilang sepenuhnya. Segala macam data dan file itu memang akan langsung hilang langsung tak bersisa kalau dilakukan reset factory. Data yang tersimpan di Hp Samsung itu sebaiknya dipindahkan dulu sebelum direset.

3. Kontak Telepon Terhapus

Hal lain yang juga akan hilang adalah kontak telepon yang terhapus. Kontak telepon yang terhapus ini memang jadi resiko yang akan dihadapi oleh para pengguna yang melakukan reset factory. Itulah sebabnya disarankan untuk melakukan pemindahan kontak telepon terlebih dulu.

4. Semua File Foto dan Video Hilang

Perlu dipahami pula kalau semua file foto dan video akan hilang sepenuhnya. Ketika tak dilakukan pemindahan atau back up, segala macam file foto dan video di Hp Samsung yang direset akan hilang. Jika tak ingin kehilangan semua file tersebut, maka lakukan pemindahan terlebih dulu.

FAQ | Cara Reset Hp Samsung

Apakah data akan hilang kalau melakukan reset?

Segala macam data yang ada di Hp Samsung akan hilang sepenuhnya jika dilakukan reset factory.

Perlukah melakukan reset ketika Hp Samsung ngelag?

Jika masalah ngelag terus terjadi dan tak bisa diatasi memang sebaiknya dilakukan peresetan.

Kenapa proses reset Hp Samsung gagal terus?

Biasanya karena adalah kesalahan pada sistem operasi di Hp Samsung yang digunakan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.