Bagaimana Cara Samsung Smart View?

Beranda » Bagaimana Cara Samsung Smart View?
Advertisement

Cara Samsung smart view diaktifkan dari Hp menuju ke TV itu mudah. Dengan layanan ini, pengguna Hp Samsung bisa mengatur agar tampilan yang ada di Hp Samsung bisa terbuka di TV. Hal ini biasa disebut juga dengan nama mirroring. Pengguna Hp Samsung harus paham dengan hal ini.

Fitur smart view ini memang sudah dikembangkan secara lama oleh Samsung. Karena itu, jangan heran kalau Hp Samsung ini bisa dimaksimalkan untuk membuat koneksi ke perangkat lain, utamanya TV. Biar jelas, ini dia penjelasan tenrang cara koneksi Samsung smart view.

Syarat Koneksi Samsung Smart View

Supaya bisa terkoneksi dengan smart view, tentu ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Dengan semua persyaratan yang ada itu, koneksi smart view bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa syarat utama untuk bisa koneksikan Samsung smart view.

1. TV Punya Fitur Mirorring

Syarat untuk bisa menggunakan fitur smart view adalah memastikan bahwa TV yang dikoneksikan punya fitur mirroring. Syarat ini wajib dipenuhi dulu agar fitur smart view itu bisa diaktifkan. Fitur atau layanan mirroring ini memang perlu diperhatikan secara baik.

2. TV Bisa Terhubung dengan Internet

Pastikanlah juga bahwa TV yang akan dipakai itu sudah canggih dan bisa terhubung dengan internet. Ini merupakan syarat berikutnya juga yang perlu dipenuhi demi bisa aktifkan fitur smart view. Saat terhubung internet, proses aktivasi smart view dapat dilakukan.

3. Adanya Koneksi Internet yang Bagus

Mempersiapkan koneksi internet yang bagus itu juga menjadi syarat utamanya. Kalau ada koneksi internet yang stabil dan bagus, proses untuk aktifkan fitur smart view bisa dilakukan mudah. Koneksi internet yang tepat memang jadi faktor penting dalam koneksikan smart view.

4. Siapkan Aplikasi Smart View

Siapkanlah aplikasi smart view yang nantinya dipasang pada Hp Samsung. Ini adalah syarat utama untuk bisa koneksikan Samsung smart view secara tepat. Aplikasi tersebut bisa diunduh langsung lewat Google Playstore. Selalu pastikan bahwa aplikasi telah terpasang dulu.

Tata Cara Samsung Smart View Bekerja

Memahahmi bagaimana cara Samsung smart view bekerja itu memang harus dipahami secara baik. Dengan memahami semua cara kerja smart view tersebut, semuanya akan jadi lebih mudah dimengerti. Berikut ini adalah tata cara Samsung smart view bekerja.

1. Pastikan Download dan Install Aplikasi Samsung Smart View

Langkah awal dan pertama adalah memastikan sudah mempunyai aplikasi Samsung smart view di Hp. Kalau belum punya, segera datangi Google Playstore untuk mengunduhnya. Setelah diunduh atau didownload, langsung pasang aplikasi tersebut ke Hp Samsung.

2. Buka Panel untuk Aktifkan Smart View

Saat aplikasi smart view sudah terpasang, maka langsung buka saja panel di Hp. Pada halaman home, usap atau geser ke bawah. Kemudian cari opsi atau menu smart view. Langsung klik saja ikon dari fitur smart view tersebut.

3. Pilih Daftar TV atau Monitor di Menu Smart View

Setelah membuka fitur smart view, nantinya pilih perangkat yang ingin disambungkan. Nantinya akan muncul informasi mengenai perangkat TV atau monitor mana saja yang bisa disambungkan dengan aplikasi Samsung smart view.

4. Mulai Sambungkan Samsung ke TV

Tentukan pilihan TV atau monitor dan langsung sambungkan. Setelah proses penyambungan dilakukan, akan terjadi proses casting. Pastikan bahwa ada koneksi wifi yang saling terhubung antara keduanya agar penyambungan lancar.

5. Tunggu Sampai Layar TV Muncul Gambarnya

Langkah terakhir adalah menunggu sampai layar TV memunculkan gambar yang sesuai dengan Hp Samsung. Jika sudah muncul gambar yang sesuai, proses penyambungan telah selesai dilakukan. Jika gambar tak kunjung muncul, ulangi lagi proses koneksi ke smart view.

Advertisement

Faktor Penting dalam Koneksi Samsung Smart View

Tentunya ada beberapa faktor penting dalam koneksi Samsung smart view. Dengan semua faktor tersebut, proses koneksi akan berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa faktor penting dalam koneksikan Samsung smart view dari Hp ke TV.

1. Aplikasi Smart View

Faktor penting dalam koneksi Samsung smart view adalah aplikasinya. Proses hubungkan Hp Samsung ke TV atau monitor hanya bisa terjadi ketika ada aplikasi smart view. Aplikasi ini menjadi medium utama untuk saling menghubungkan. Jadi, pastikan ada aplikasi smart view tersebut.

2. Koneksi Internet

Faktor penting lainnya juga adalah koneksi internet. Kalau ada koneksi internet yang bagus, proses menghubungkan Hp Samsung ke TV bisa lebih cepat. Jadi, usahakan untuk memakai koneksi internet saja biar proses menghubungkan fitur smart view bisa dijalankan dengan mudah.

3. Pengaturan Sambungannya

Pengaturan sambungannya juga harus diperhatikan secara baik dari awal. Aturlah dengan baik agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, pengaturan sambungan itu menjadi hal yang benar – benar penting untuk diperhatikan.

Manfaat Koneksi Samsung Smart View

Ketahuilah juga sejumlah manfaat yang diberikan Samsung smart view. Memang ada banyak manfaat yang diberikan fitur satu ini. Tak heran jika banyak yang ingin memakainya. Berikut ini beberapa manfaat utama dari koneksi Samsung smart view.

1. Multi View

Saat aktifkan menu smart view, pengguna bisa mendapatkan layanan multi view. Misalnya, sedang nonton pertandingan bola. Pengguna bisa tambahkan informasi mengenai statistik di layar. Jadi selain nonton bola, ada informasi mengenai data statistik dari aplikasi yang ada di Hp.

2. Video Call Lewat TV

Melakukan video call lewat TV juga menjadi manfaat dari koneksikan Samsung smart view. Ini adalah manfaat atau benefit utama lain yang akan bisa terus dirasakan pengguna fitur smart view. Dengan layar yang lebih lebar, video call pakai TV akan berjalan dengan lebih seru.

3. Tampilan Video Lebih Bagus

Menggunakan fitur smart view itu juga bisa membuat tampilan video yang terhubung jadi lebih bagus. Tampilan video yang lebih bagus atau HD ini memang akan selalu jadi nilai tambah. Sehingga, perhatikan selalu manfaat ini dalam aktivasi Samsung smart view.

4. Bisa Nonton Film dari Aplikasi di Samsung

Bisa menonton aneka film bagus juga menjadi manfaat yang bisa digunakan. Ketika punya aplikasi streaming film di Hp, pengguna bisa mengaturnya agar film dapat terlihat di TV. Hal ini tentu akan berikan keuntungan dalam hal kualitas tayangan.

FAQ | Cara Samsung Smart View

Apakah semua Hp Samsung memiliki fitur smart view?

Tidak semua Hp Samsung punya fitur tersebut. Hanya Hp Samsung terbaru yang punya smart view.

Apa manfaat utama dari fitur Samsung smart view?

Smart view pada Hp Samsung bisa berguna untuk hubungkan Hp dengan TV atau monitor.

Kenapa proses koneksi Samsung smart view gagal terus?

Biasanya karena tidak kompatibelnya Hp Samsung dengan TV yang akan disambungkan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.