Bagaimana Cara Screenshot Samsung?

Beranda » Bagaimana Cara Screenshot Samsung?
Advertisement

Cara screenshot Samsung bisa dilakukan secara mudah dan sederhana. Dengan cara screenshot yang mudah, segalanya akan berjalan dengan lebih mudah. Maka dari itu, perhatikan bagaimana caranya melakukan screenshot pada Hp Samsung secara tepat.

Cara untuk screenshot pada Hp Samsung sangat mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana, proses screenshot bisa dijalankan langsung dengan mudah. Berikut ini adalah panduan cara screenshot pada Hp Samsung yang amat mudah dilakukan.

Cara Sebelum Screenshot Samsung

Sebelum melakukan screenshot pada Hp Samsung, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan. Dengan melakukan persiapan secara tepat, segalanya akan jadi menarik. Berikut ini adalah beberapa persiapan sebelum melakukan screenshot pada Samsung.

1. Halaman yang Mau Discreenshot

Persiapan awal adalah halaman atau bagian mana yang mau discreenshot. Tentukanlah dulu halaman yang mau ditangkap layarnya. Bisa halaman pada layar di Samsung atau halaman pada browser internet. Semuanya harus diperhatikan dari awal biar proses screenshot jadi lancar.

2. Memastikan Tombol Power dan Volume Berfungsi

Pastikanlah bahwa tombol power dan volume itu sama – sama berfungsi. Kedua tombol itu harus dicek dulu fungsinya. Ketika keduanya berfungsi, maka proses screenshot bisa dilakukan. Periksalah dulu tombol power dan volume biar semuanya dapat berfungsi dengan baik.

3. Siapkan Aplikasi yang Paling Tepat

Siapkanlah aplikasi yang paling tepat untuk melakukan screenshot. Pemakaian aplikasi yang tepat ini memang harus diperhatikan sedari awal kalau memang pakai aplikasi ketika ingin tangkap layar. Pilihan aplikasi yang sesuai memang jadi hal yang krusial dalam lakukan screenshot.

Panduan Screenshot Samsung Manual

Ada sejumlah panduan dalam melakukan screenshot secara manual. Dengan melakukan screenshot secara manual, segalanya akan berlangsung dengan mudah. Berikut ini panduan dalam melakukan screenshot pada Hp Samsung secara manual.

1. Datangi Halaman yang Mau Discreenshot

Langkah pertama adalah mendatangi halaman yang mau ditangkap layarnya. Ini adalah langkah yang harus dilakukan sedari awal oleh para pengguna Hp Samsung. Halaman yang didatangi bisa berupa bagian di Hp atau di halaman situs di internet.

2. Tekan Tombol Power & Volume Down

Setelah berada di halaman yang tepat, selanjutnya adalah menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Penekanan harus dilakukan secara bersamaan biar proses tangkap layar berhasil. Jika gagal, maka proses tekan tombol power dan volume down harus diulangi lagi.

3. Tunggu Proses Penangkapan Layar Dilakukan

Saat penekanan tombol power dan volume down dilakukan, maka proses screenshot bisa langsung terjadi. Tunggulah sampai ada notifikasi muncul. Proses penangkapan layar itu akan terjadi dalam hitungan detik. Jadi, pastikan bahwa penangkapan layar itu dilakukan.

4. Lihat Hasilnya di Galeri

Kalau mau lihat hasilnya, tinggal menuju ke galeri saja. Ini adalah langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk memeriksa apakah screenshot berhasil atau tidak. Hasil yang ada di galeri itu nantinya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing – masing pengguna.

Panduan Screenshot Samsung Otomatis dengan Aplikasi

Screenshot secara otomatis pakai aplikasi juga bisa dilakukan. Ini adalah cara yang bisa diandalkan juga untuk memudahkan proses tangkap layar. Ini dia beberapa panduan mudah dalam melakukan screenshot otomatis pakai aplikasi khusus.

1. Buka Aplikasi Screenshot

Download dan install aplikasi screenshot yang tepat terlebih dulu. Ini adalah tahap dan langkah awal yang harus selalu dilakukan. Pastikan memilih aplikasi yang tepat dan bagus biar proses screenshot bisa berjalan dengan lancar.

2. Tunggu Sampai Muncul Tombol Asisten Virtual

Setelah download dan install, maka langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi screenshot. Pastikan aktifkan aplikasi tersebut sampai muncul tombol asisten virtual. Tombol asisten virtual itu nantinya akan berperan seperti tombol shutter.

3. Datangi Halaman yang Mau Ditangkap Layarnya

Jika tombol asisten virtual sudah siap, maka langkah berikutnya adalah mendatangi halaman yang mau ditangkap layarnya. Saat datangi halaman dari yang mau ditangkap layarnya, tombol asisten virtual itu akan tetap muncul.

4. Klik Tombol Asisten Virtual untuk Screenshot

Cara untuk lakukan screenshot adalah langsung klik tombol asisten virtual untuk screenshot. Setelah klik tombol asisten virtual, maka halaman akan bisa langsung ditangkap. Proses screenshot pun akhirnya berhasil dilakukan dengan aplikasi.

5. Lihat Hasil di Galeri

Jika mau melihat hasil dari screenshot, tinggal datangi galeri saja. Proses mendatangi galeri ini jadi akhir yang bisa dilakukan para pengguna Hp Samsung yang pakai aplikasi untuk melakukan screenshot.

Pilihan Aplikasi Screenshot Terbaik

Ketika memakai aplikasi untuk lakukan screenshot, ada sejumlah pilihan yang bisa digunakan. Sejumlah aplikasi terbaik bisa digunakan langsung. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi untuk screenshot terbaik untuk Hp Samsung.

1. Screen Master

Salah satu pilihan aplikasi screenshot terbaik adalah Screen Master. Screen Master ini telah banyak dipilih dan digunakan oleh pengguna android, termasuk Samsung. Memanfaatkan Screen Master akan bikin proses screenshot jadi lebih mudah.

2. Screenshot Easy

Pilihan aplikasi untuk screenshot terbaik untuk Hp Samsung adalah Screenshot Easy. Pemakaian Screenshot Easy ini memang bisa diandalkan terus oleh para pengguna. Jadi, selalu gunakan saja Screenshot Easy saja biar kemudahan didapatkan terus.

3. Screenshot Touch

Opsi aplikasi untuk screenshot terbaik untuk Hp Samsung berikutnya adalah Screenshot Touch. Ini adalah aplikasi yang memiliki banyak fitur terbaik. Dengan memanfaatkan aplikasi satu ini, pengguna Samsung bisa lebih mudah untuk lakukan penangkapan layar.

4. Screenit

Screenit juga merupakan aplikasi untuk screenshot terbaik untuk Hp Samsung. Penggunaan aplikasi ini memang bisa diandalkan oleh pemakai Samsung untuk screenshot langsung. Tinggal pencet beberapa tombol saja, screenshot bisa dilakukan langsung.

5. Super Screenshot

Super Screenshot adalah aplikasi untuk screenshot terbaik untuk Hp Samsung berikutnya. Aplikasi satu ini memang bisa difungsikan untuk melakukan penangkapan layar. Karena itu, perhatikanlah penggunaan aplikasi Super Screenshot yang memang bisa diandalkan terus.

6. Screenshot Capture

Selanjutnya ada juga Screenshoot Captur yang dapat dipakai juga oleh pengguna Hp Samsung. Aplikasi ini punya banyak fitur yang memudahkan. Jadi, langsung saja pakai Screenshot Capture untuk bisa dapatkan kemudahan dalam tangkap layar.

7. AZ Screen Recorder

Terakhir ada AZ Screen Recorder yang bisa difungsikan juga sebagai penangkap layar. Ini adalah opsi aplikasi yang fiturnya amat lengkap. Selain screenshot, aplikasi ini juga dapat difungsikan sebagai perekam layar di Hp android.

FAQ | Cara Screenshot Samsung

Apakah screenshot lewat Hp Samsung sulit?

Tidak sulit sama sekali karena hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja.

Kenapa screenshot di Hp Samsung pakai aplikasi sering gagal?

Biasanya karena ada kesalahan dalam sistem aplikasi yang digunakan untuk lakukan screenshot.

Amankah melakukan screenshot di Hp Samsung dengan aplikasi?

Aman jika menggunakan aplikasi yang sudah terbukti kualitasnya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.