Bagaimana Cara Upgrade Android Samsung?

Beranda » Bagaimana Cara Upgrade Android Samsung?
Advertisement

Mengetahui bagaimana cara upgrade android Samsung sangatlah penting, dengan begitu kamu pun wajib memahami panduannya dengan baik.

Dengan melakukan update atau upgrade, akan membuat sistem bekerja lebih maksimal. Sebagai pengguna pun kamu dapat menikmati banyak fitur kekinian, yang lebih canggih dan tentu saja terjamin lebih modern.

Cara Upgrade Android Samsung dari Menu Setting

Pasti banyak dari kamu yang masih belum tahu bagaimana caranya mengupdate Android Samsung ke versi lebih anyar. Untuk dapat mengetahuinya dengan jelas, lebih baik kamu ikuti dan pahami pembahasan kali ini.

Pengguna HP Samsung wajib tahu, bahwa versi Android One UInya wajib diperbaharui secara berkala dan sesuai ketentuan. Dengan proses pembaruan ini, biasanya dapat dilakukan dengan jangka waktu tertentu. Nah, bagaimana cara melakukannya?

1. Memastikan Baterai HP Penuh

Sebenarnya tidak harus penuh juga, namun usahakan agar baterai HP yang kamu gunakan lebih dari 50%. Sebab cara upgrade Android Samsung ini jika dilakukan akan memakan waktu beberapa menit, atau bahkan beberapa jam. Tergantung dari situasi, juga kondisi dibutuhkan.

2. Buka Menu Setting

Cara upgrade Android Samsung pertama yang harus kamu lakukan, adalah membuka menu Settings atau Setelan terlebih dahulu. Kemudian cari keterangan atau sub menu Update Perangkat Lunak.

Keterangan tersebut biasanya akan ada dibagian bawah, dan kamu bisa langsung memilih masuk pada sub menu tersebut. Guna melanjutkan pada proses dan tahap berikutnya.

3. Pilih Menu Download dan Install

Jika HP Samsung kamu menggunakan bahasa Indonesia, boleh pilih keterangan Unduh dan Pasang. Pada bagian keterangan Update Perangkat Lunak.

Kamu pun dapat melihat pembaruan serta peningkatan terakhir pada bagian tersebut. Jika ingin melakukannya secara otomatis, maka pilih tombol Unduh Otomatis pada bagian bawahnya.

4. Upgrade Android

Kemudian cara upgrade Android Samsung berikutnya, adalah dengan membaca semua keterangan serta kebijakan peningkatan versi OS pada perangkat. Hal tersebut bisa kamu temukan pada bagian Download dan Install.

Namun, kamu dapat mengetahui detailnya melalui opsi atau keterangan Informasi Pembaruan Perangkat Lunak beserta sistem Osnya. Jika hal tersebut sudah dilakukan, langsung klik Unduh atau klik keterangan Download.

5. Install

Nah, untuk dapat meningkatkan versi Android Samsung yang kamu miliki dan gunakan sekarang. Maka kamu dapat melakukan pemasangan atau Install pada file yang sebelumnya sudah diunduh.

Cara upgrade Android Samsung berikutnya adalah dengan menekan keterangan Pasang sekarang, atau keterangan Install Now jika menggunakan bahasa Inggris.

6. Pembaruan OS

Bila perintah dan keterangan sebelumnya sudah dilakukan, maka cara update Android Samsung selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan OS perangkatnya langsung. Namun usahakan agar tidak menyentuh menu apapun selama proses pembaruan berlangsung.

Dengan perintah tersebut, maka kamu dapat meningkatkan versi Android dengan baik juga prosesnya bisa lebih lancar tanpa trouble.

7. Restart

Jika proses pembaruan Android dan peningkatan OS sudah dilakukan. Maka prosedur selanjutnya adalah dengan melakukan restart, atau rebooting secara otomatis.

Advertisement

Namun pastikan agar kamu sebagai pengguna tidak melakukan proses mematikan HP secara paksa. Biarkan saja sistemnya berjalan dengan sendirinya, hingga selesai secara sempurna.

8. Update Perangkat

Nah, dari semua rangkaian cara upgrade Android Samsung di atas. Maka HP akan langsung nyala kembali secara otomatis. Sedangkan perangkatnya akan otomatis melakukan update. Sekaligus akan mengoptimalkan semua aplikasi bawaan. Atau semua unduhan yang sudah terpasang.

Jadi, kamu pun dapat melihat jumlah aplikasi keseluruhan untuk memaksimalkan performa dan kinerja HPnya sendiri.

Cara Upgrade Android Samsung Lewat OTA

OTA sendiri merupakan Over The Air, yang tersambung dengan jaringan Wifi. Selain prosesnya bisa dibilang sangat cepat dan juga mudah. Pemula juga dapat melakukannya dengan sangat mudah, serta gampang untuk dipahami. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, pastikan agar HP Android Samsung kamu terhubung dengan koneksi Wifi terlebih dahulu
  2. Berikutnya, jika sudah terhubung langsung buka Pengaturan atau Settings ya
  3. Selanjutnya cari menu About Phone atau cari Tentang Ponsel jika HP menggunakan bahasa Inggris
  4. Berikutnya klik Update
  5. Dari perintah tersebut, pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update
  6. Selanjutnya klik Periksa Pembaruan atau Check for Update
  7. Berikutnya perangkat akan langsung melakukan pemindaian versi Android yang sudah tersedia dan disediakan sistem
  8. Jika memang tersedia, klik Update secara langsung
  9. Pilih menu Download, dan sistem perangkat akan langsung melakukan perintah terebut. Lalu memasang programnya secara otomatis
  10. Terakhir, sistem perangkat Samsung kamu akan melakukan rebooting atau restart jika proses download dan proses install sudah berhasil dilakukan.

Keuntungan Melakukan Upgrade Android Samsung

Melakukan update dan upgrade perangkat lunak pada Android Samsung tentu saja ada manfaat dan keuntungannya. Untuk tahu keuntungannya apa saja, langsung simak pembahasan berikutnya ya.

  1. Pertama, dapat menghilangkan dan mengatasi bug pada perangkat
  2. Pengguna bisa mendapatkan pembaruan sistem security patch yang terbaru, serta bisa mendapatkan keamanan yang lebih baik pada HPnya
  3. Mendapatkan fitur paling anyar
  4. Dapat memperbaiki sistem pada HP Samsung yang lag, atau lemot
  5. Mendapatkan sistem update terkini, dengan sistem Android paling anyar.

Jika kamu sudah melakukan dan mengaplikasikan cara upgrade Android Samsung dengan baik. Maka kamu bisa mendapatkan semua keuntungan dan manfaat yang telah ditawarkan oleh pihak Samsung.

Selain itu, pembaruan ini pun penting dilakukan untuk menjaga kesehatan HP. Prosesnya juga tidak sulit, kamu dapat memahaminya secara sederhana.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Upgrade Android Samsung

Apakah Upgrade Android Samsung Berbayar?

Tidak.

Berapa Lama Proses Upgrade Android Samsung?

Hanya beberapa menit, namun juga bergantung dari performa dan jaringan internet yang digunakan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.