10 Bagian Microsoft Excel Paling Central & Berperan Penting

Advertisement

Microsoft Excel sebenarnya memiliki format yang hampir serupa dengan aplikasi Office lainnya. Tentu saja mempelajari bagian bagian Microsoft Excel tidaklah sulit, karena menu yang ditampilkan cukup familiar. Untuk pemula, wajib tahu terlebih dahulu aneka menu dan fungsinya dari aplikasi ini.

Menu yang ada di Excel sebenarnya sangat sederhana. Tempatnya ada di bagian atas, bawah, kanan, hingga kiri. Ada juga beberapa bagian di tengah lembar kerja. Penasaran lebih lengkap tentang bagian bagian Microsoft Excel? Ini ulasannya.

Lebih Jelas Tentang Bagian bagian Microsoft Excel Secara Lengkap

Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar Excel, mempelajari bagian-bagian dari Microsoft Excel adalah hal pertama yang harus dilakukan. Tujuannya agar kamu lebih mudah dalam menerapkannya saat praktek nanti.

1. Name Box

Picture1 3

Penjelasan bagian bagian Microsoft Excel yang pertama adalah tentang name box. Secara bahasa, name box berarti kotak nama. Akan tetapi jika merujuk pada Excel, bagian tersebut berarti kotak yang menampilkan posisi cell.

Posisi yang dimaksud merupakan koordinat antara nama baris dan kolom. Misalnya, jika kursor ditujukan di kolom B serta baris ke-2, berarti di name box akan tampak B2. Begitu juga jika ditampilkan di cell lainnya.

2. Menu Bar

Picture2 3

Microsoft Excel juga memiliki menu bar seperti pada Microsoft Office yang lain. Bagian bagian Microsoft Excel ini, dipakai untuk setting berbagai macam pengaturan. Mulai dari File hingga View, terdapat di bagian menu bar, dengan penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

  • Filemenu yang berisi akses file secara umum. Misalnya membuka dokumen, membuat halaman baru, menyimpan, dan sejenisnya
  • InsertInsert berarti menginput, yang memang isinya sebagai penginput objek di Excel. Seperti grafik, tabel, shape, gambar, dan sejenisnya
  • Home – Isi menu bar Home adalah pengaturan secara keseluruhan, yang paling sering dipakai pengguna. Misalnya posisi teks, ukuran huruf, jenis font, dan masih banyak lagi
  • Page Layout – Sebagai pengatur tampilan halaman, seperti memilih ukuran kertas yang sesuai saat mencetak
  • Data – Fungsi menu sebagai pengatur data yang ada di box. Misalnya saja untuk kebutuhan filter, short data, remove duplicate, dan sejenisnya
  • FormulaFormula pada menu bar Excel berisikan aneka rumus. Mulai dari penjumlahan yang sederhana, hingga rumus paling rumit
  • View Kamu bisa mengakses menu ini jika hendak mengaktifkan bagian pada menu bar yang belum terlihat. Misalnya saja fungsi Freeze, Macros, dan sebagainya
  • Review – Fungsi bagian bagian Microsoft Excel satu ini salah satunya untuk kebutuhan cek spelling. Selain itu, memasukkan komentar dan lainnya juga bisa kamu lakukan di sini

3. Ribbon Menu

Picture3 3

Turun ke bawah persis, ada bagian bagian Microsoft Excel yang bernama ribbon menu. Seperti yang dibahas dalam mengenal bagian bagian Microsoft Excel pada menu bar, ada beberapa yang terdapat di dalamnya.

Jika kamu klik salah satu bagian menu bar, akan muncul berbagai opsi di dalamnya. Opsi yang ditampilkan ini disebut sebagai ribbon menu. Misalnya saja jika hendak memasukkan gambar pada Excel.

Kamu berarti harus klik menu bar Insert. Setelah itu, ribbon menu akan menampilkan opsi picture. Tinggal klik opsi tersebut, kemudian gambar akan terinput ke dalam dokumen kerja.  

4. Formula Bar

Picture4 4

Berbeda dengan menu Formula yang menjadi bagian menu bar, Formula Bar memiliki definisi sendiri. Bagian bagian Microsoft Excel ini bisa dibedakan dari fungsinya sebagai penampil rumus.

Letaknya ada di sebelah Name Box, dengan keterangan kolom bertuliskan fx. Isi dari formula bar adalah suatu persamaan rumus yang kamu pakai dalam perhitungan. Jika tidak ada isinya, berarti cell yang kamu klik memang tidak mengandung rumus.

5. Nama Kolom/Column Name

Picture5 4

Bagian bagian dari Micosoft Excel lainnya yang harus dipahami adalah nama kolom. Column name yang menjadi istilah lain berarti baris yang bertuliskan huruf A hingga tidak terbatas.

Maksud tidak terbatas adalah, jika sudah sampai Z, maka deskripsi huruf akan menjadi AA, AB, hingga seterusnya. Fungsi dari nama kolom ini sangat vital, terutama saat kamu hendak memasukkan sebuah formula.

Misalnya jika hendak menambahkan cell A dan B, berarti cukup melihat nama kolom tersebut. Bagian ini juga mempermudah pengguna dalam membuat tabel, karena sudah ada acuan jumlah barisnya.

6. Nama Baris/Line Name

Picture6 4

Untuk semakin lengkap mengetahui bagian bagian Microsoft Excel, kamu juga harus paham definisi nama baris. Nama baris atau line name ini sebenarnya hampir sama definisinya seperti coloumn name.

Bedanya, bagian ini berisikan angka yang berurutan secara vertikal dari 1 sampai tidak terbatas. Sebenarnya line name ada di Microsoft Word juga, tetapi tidak berisikan nomor. Berbeda dengan Excel yang isi bagian ini adalah angka-angka.

Fungsinya sama seperti coloumn name, sebagai penunjuk tabel. Selain itu, dalam menuliskan sebuah formula, adanya line name juga akan semakin memudahkan pengguna.

7. Baris Judul/Title Bar

Picture7 4

Baris judul atau title bar pada Excel lokasinya ada di bagian paling atas halaman kerja. Sama lokasinya ketika kamu membuka aplikasi Office lainnya. Sesuai namanya, bagian bagian Microsoft Excel ini berguna untuk menampilkan nama dokumen.

Bagaimana jika dokumen belum diberi nama? Keterangannya tetap ada, hanya saja bertuliskan Book1. Jika ada beberapa dokumen dalam sekali kerja, maka tulisan judulnya adalah Book2, Book3, dan seterusnya.

Jika kamu sudah menyimpan file

Advertisement
tersebut, tulisan di title bar akan berubah sesuai nama yang kamu tulis. Pastikan simpan dokumen di folder secara teratur, agar dalam manajemen file menjadi rapi.

Baca juga: Manfaat Microsoft Excel dalam dunia Karir

8. Scroll Bar

Picture8 4

Scroll bar merupakan baris berisikan blok yang bisa digeser. Saat kamu klik atau menggeser blok tersebut, maka secara otomatis dokumen akan naik dan turun. Scroll bar sendiri sebenarnya tidak hanya menggeser naik-turun.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk geser kanan dan kiri. Memang ada bagian yang memanjang horizontal dan vertikal. Tinggal klik sesuai dengan kebutuhan arahan dokumen.

9. Zoom and Layout

Picture9 4

Seperti dalam Microsoft Word, bagian bagian Microsoft Excel juga ada menu zoom and layout. Fungsinya sama seperti Word, yakni untuk memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

Menu tersebut ada di bagian pojok kanan bawah, dengan tulisan persen yang berisikan persentase zoom. Sebelah angka persentase ada pengaturan layout tampilan, yang dapat disesuaikan secara lebih cepat dan praktis.

10 Sheet

Picture10 2

Membahas bagian bagian Microsoft Excel, belum lengkap tanpa menyinggung menu Sheet. Menu yang letaknya ada di bagian kiri bawah Excel ini, bertuliskan Sheet1, Sheet2, dan seterusnya.

Bahkan kamu bisa menambahnya hanya dengan klik tombol + di sebelah kanannya. Menu ini berguna untuk menampilkan lembar kerja baru, tanpa perlu pengguna membuka dokumen lagi. Cukup tambahkan sheet, sudah bisa membuat beberapa lembar kerja dalam satu dokumen.

Bagaimana, tentu kamu sangat mudah dalam memahami bagian bagian Microsoft Excel. Diharapkan mempelajari dan mempraktekkannya akan jauh lebih gampang, jika sudah tahu apa saja fungsi bagiannya.

Advertisement

Tinggalkan komentar