Berapa Ukuran Kartu Sim untuk OPPO Reno?

Beranda » Berapa Ukuran Kartu Sim untuk OPPO Reno?
Advertisement

Berapa ukuran kartu sim untuk OPPO Reno? Pertanyaan ini sering diajukan oleh banyak pengguna smartphone buatan OPPO. Ukuran kartu sim memang ada banyak dan beragam. Karena itu, penggun OPPO Reno perlu mengetahui berapa ukuran dari kartu sim OPPO Reno.

Dalam sejarahnya, ukuran kartu Sim memang alami perubahan yang cukup signifikan. Karenanya, penting untuk memahami berapa ukuran kartu Sim untuk OPPO Reno. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ukuran kartu Sim untuk smartphone OPPO Reno.

Jenis Kartu Sim untuk Produk OPPO

Pahami dan ketahuilah jenis kartu Sim yang kompatibel dengan produk OPPO. Produk smartphone OPPO memang sangat banyak. Dari yang kelas entry level sampai yang high end. Jenis kartu Sim yang dipakai pun berbeda – beda. Berikut ini jenis kartu Sim yang kompatibel dengan produk OPPO.

1. Combi Sim Card

Pertama ada combi sim card. Ini adalah jenis sim card yang bisa disesuaikan dengan slot yang ada pada hp OPPO. Satu tempat untuk tiga opsi sim card pada smartphone OPPO. Provider biasanya sudah sediakan opsi combi sim card kepada para pelanggannya.

2. Mini Sim Card atau 2FF

Berikutnya adalah mini sim card yang bentuknya besar dibandingkan yang lain. Ini adalah produk sim card yang mempunyai kode 2FF. Bisa dibilang, ini adalah sim card generasi lama yang sekarang sudah jarang digunakan. Terutama pada OPPO Reno saat ini.

3. Micro Sim Card atau 3FF

Berikutnya ada micro sim card yang juga pernah dipakai oleh sejumlah produk OPPO. Dibandingkan dnegan mini sim card, micro sim card ini mempunyai ukuran yang lebih kecil. Sim card dengan kode 3FF tersebut masih sering dipakai di sejumlah merk smartphone.

4. Nano Sim Card atau 4FF

Berikutnya ada nano sim card yang memiliki kode 4FF. Bisa dibilang, ini adalah sim card yang paling sering muncul di produk OPPO saat ini. Sim card ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tak memakan banyak ruang pada slot sim card.

5. eSIM

Terakhir ada eSim atau embedded sim card. Ini merupakan sim card yang sudah ditanamkan pada smartphone. Memang tidak banyak produk OPPO yang menggunakan eSIM ini. Kebanyakan adalah produk iPhone buatan Apple yang memakai eSIM.

Ukuran Sim untuk OPPO Reno

Ukuran kartu Sim untuk OPPO bisa dilihat dari keterangan spesifikasi. Di buku panduan saat membeli juga terdapat informasi mengenai jenis dan ukuran kartu Sim yang bisa digunakan untuk OPPO Reno. Pada dasarnya, ukuran kartu Sim untuk OPPO Reno adalah nano sim card.

Ukuran dari nano sim card memang paling kecil di antara yang lain. Menurut data, panjang dari sim card nano adalah 12,3 mm dan lebarnya 8,8 mm. Hal ini menjadikan sim card nano tidak memakan banyak tempat pada OPPO Reno. Ukuran yang kecil itu dinilai praktis.

Advertisement

Ini berbeda dengan ukuran dari sim card lain seperti micro sim card yang panjangnya 15 mm dan punya lebar 12 mm. Apalagi kalau dibandingkan dengan ukuran dari mini SD. Dibandingkan dengan micro sim card, nano sim card yang ada pada OPPO Reno itu jauh lebih kecil.

Jadi tak mengherankan kalau sejumlah produk OPPO Reno itu menyediakan dua slot sim card. Sebab, dua nano sim card tersebut bisa ditambahkan langsung dengan sangat mudah pada OPPO Reno. Pengguna OPPO Reno bisa pakai dua nomor dari provider yang berbeda dari OPPO Reno.

Kenapa Perlu Mengetahui Ukuran Kartu Sim di OPPO Reno?

Pengetahuan terhadap ukuran kartu Sim untuk OPPO Reno itu memang penting. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika paham dengan ukuran kartu sim di OPPO Reno. Berikut ini penjelasan mengenai kenapa perlu mengetahui ukuran kartu Sim di OPPO Reno.

1. Supaya Membeli Sim yang Tepat

Salah satu alasan perlu mengetahui ukuran kartu sim adalah biar tak keliru saat akan membeli. Sangat disarankan untuk membeli kartu sim yang punya ukuran sesuai. Dengan begitu, sim card bisa dipasang dan ditambahkan langsung ke smartphone OPPO Reno.

2. Biar Tak Salah Potong

Pengetahuan terhadap ukuran kartu sim itu juga dibutuhkan biar tak salah dalam pemotongan. Terkadang saat membeli kartu sim card, kita mendapatkan versi yang lebih besar. Untuk membuatnya jadi pas, tentu harus dilakukan pemotongan.

3. Agar Kartu Sim Bisa Masuk dengan Sempurna

Alasan kenapa perlu mengetahui ukuran kartu sim pada OPPO Reno adalah biar kartu sim bisa masuk dengan sempurna. Ketika bisa masuk dengan sempurna, maka OPPO Reno bisa langsung digunakan. Karenanya, ketahui dengan jelas berapa ukuran kartu sim dari OPPO Reno.

4. Supaya Paham Karakteristik OPPO Reno

Pemahamana tentang ukuran kartu sim OPPO akan membuat pengguna bisa lebih memahami karakterisitik dari smartphone tersebut. Saat paham karakteristik smartphone OPPO Reno, pengguna bisa lebih leluasa dalam membeli aksesoris tambahan, terutama sim card.

FAQ | Berapa Ukuran Kartu Sim untuk OPPO Reno?

Apakah ukuran kartu Sim mempengaruhi OPPO Reno?

Ukuran kartu Sim hanya berpengaruh terhadap ruang slot yang ada pada hp OPPO Reno.

Bisakah ukuran kartu Sim untuk OPPO Reno diubah?

Bisa. Pengguna bisa mendatangi gerai dari provider terkait untuk melakukan pemotongan.

Kenapa ukuran kartu Sim makin mengecil?

Karena produk smartphone ingin membuat slot kartu Sim seminimal mungkin.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.