Berapa Ukuran Legal di Word?

Beranda » Berapa Ukuran Legal di Word?
Advertisement

Pahamilah ukuran legal di word. Ukuran kertas legal dan yang lainnya itu memang harus diperhatikan dengan baik. Ketika memahami semua ukuran kertas yang ada di word, proses printing atau pencetakan bisa lebih mudah dilakukan.

Legal memang jadi salah satu ukuran kertas yang populer di word. Pengguna biasanya mengatur agar dokumen atau file dicetak dalam ukuran legal pada word. Supaya lebih jelas, ini dia penjelasan mengenai ukuran legal di Microsoft Word.

Memahami Ukuran Legal di Word

Ukuran legal pada word itu adalah 21.59 cm x 35.56 cm. Ukuran ini sudah baku dan tersedia di word. Jadi, kalau mau mengatur agar kertas yang akan dicetak dalam ukuran legal, semuanya bisa dilakukan langsung pada word. Dalam banyak hal, ukuran ini memang jadi standar utama.

Perlu dipahami juga bahwa kertas legal itu berbeda dengan F4. Banyak yang mengira kalau kertas legal itu sama dengan F4. Padahal, ukuran dari kertas itu lebih lebar daripada F4. Sehingga, sebenarnya harus dipahami dengan baik perbedaan tersebut.

Kertas legal itu kebanyakan digunakan di Amerika Serikat. Berbeda dengan Indonesia yang lebih sering menggunakan kertas A4 dan F4. Itulah kenapa ukuran kertas pada word itu diatur default jadi legal bukan yang lain. Ini semua karena ikuti standar Amerika Serikat.

Cara Print ke Kertas Legal di Word

Cara untuk print ke kertas legal pada word itu cukup mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana saja, proses print akan berlangsung dengan mudah. Sehingga, usahakan untuk memahami cara print ke kertas legal pada word. Berikut ini adalah tata caranya.

1. Siapkan Printer dan Kertas Legal

Pertama – tama tentu harus mempersiapkan printer dan kertas legal. Usahakan sudah hubungkan mesin printer ke PC atau laptop yang digunakan. Ketika sudah terhubung, masukkan kertas legal ke dalam printer tersebut. Jumlah yang disiapkan itu harus disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Pastikan Konten di Word Telah Siap

Selanjutnya adalah membuka file atau dokumen word yang akan dicetak pada kertas legal. Periksa kembali apakah konten atau isi dokumen yang mau dicetak di kertas legal sudah sesuai apa belum. Lakukan revisi jika diperlukan.

3. Atur Ukuran Kertas Dulu

Setelah isi dari dokumen telah sesuai, maka aturlah dulu ukuran kertas legal. Datangi menu layout kemudian pilih size. Kemudian pastikan memilih ukuran kertas legal. Nantinya dokumen atau file secara otomatis akan berbentuk legal.

4. Perintahkan Print

Ketika semuanya telah disesuaikan, maka proses pencetakan bisa langsung dilakukan. Kalau mau cepat langsung tekan tombol CTRL dan P secara bersamaan. Nantinya ada window baru untuk mengatur percetakan. Kalau sudah sesuai, langsung klik print saja.

Dokumen yang Bisa Dicetak pada Kertas Legal di Word

Sejumlah dokumen tentu bisa dicetak pada kertas legal di word. Segala macam dokumen tersebut memang bisa diatur untuk dicetak dalam kertas legal pada word. Berikut ini beberapa contoh dokumen yang bisa dicetak dengan medium kertas legal di word.

1. Dokumen Surat Resmi

Salah satu surat resmi yang bisa dicetak pada kertas legal word adalah surat resmi. Sejumlah surat resmi di luar negeri memang kadang dicetak pada kertas legal. Sehingga, kertas legal itu selalu dibutuhkan eksistensinya di negara seperti Amerika Serikat.

2. Dokumen Surat Pernjanjian

Advertisement

Kertas legal juga digunakan untuk membuat surat pernjanjian. Surat perjanjian yang resmi di beberapa negara barat pada umumnya menggunakan kertas legal. Selain Amerika Serikat, negara seperti Kanada, Inggris hingga Russia memang jadikan kertas legal dalam buat surat pernjanjian.

3. Dokumen Surat Kontrak

Surat kontrak juga kerap menggunakan kertas legal sebagai medium utamanya. Medium kertas legal yang terbilang cukup lebar ini memang dianggap cocok dipakai dalam surat kontrak. Sehingga, tak perlu bingung kalau surat kontrak itu kerap pakai kerta legal.

4. Dokumen Surat Pemberitahuan

Dokumen lainnya yang juga pakai kertas legal adalah surat pemberitahuan. Surat pemberitahuan ini memang kerap dibuat dengan medium kertas legal. Sebab, kertas legal punya panjang yang sesuai untuk menaruh informasi yang sesuai.

5. Dokumen Surat Kerja Sama

Dokumen surat kerja sama juga bisa memakai kertas legal. Bahkan, di Indonesia banyak yang menggunakan kertas ukuran legal dalam melakukan pernjanjian kerja sama. Hal ini memang lumrah ditemui dalam berbagai instansi maupun negara.

Ukuran Kertas di Word Selain Legal

Pahamilah juga pilihan kertas di word selain legal. Ada sejumlah jenis kertas lain yang bisa dipilih saat ada di word. Maka dari itu, ketahui sejumlah ukuran kertas pada Microsoft Word. Berikut ini beberapa pilihan kertas yang tersedia di Microsoft Word.

1. Letter

Salah satu ukuran kertas yang lazim dipilih pada Microsoft Word. Ukuran dari letter 21,6 cm x 27,9 cm. Negara seperti Amerika Serikat dan Eropa menggunakan jenis kertas letter ini untuk berbagai hal. Utamanya dalam membuat surat kerja sama.

2. Tabloid

Tabloid juga menjadi ukuran kertas yang bisa dipilih pada Microsoft Word. Jenis kertas ini biasa dipakai untuk keperluan membuat tabloid atau majalah. Ukuran dari tabloid itu memang lebih besar dari letter. Ukurannya adalah 11 x 17 inch.

3. A3

Berikutnya adalah ukuran kertas A3 yang juga tersedia di Microsoft Word. A3 adalah kertas yang mempunyai ukuran 29,7 x 42 cm. Dibandingkan dengan kertas seri A lainnya, A3 itu yang paling besar. Biasanya, A3 ini digunakan untuk pamphlet atau poster acara.

4. A4

Berikutnya adalah kertas ukuran A4 yang juga tersedia di Microsoft Word. Ukuran kertas A4 ini lebih kecil daripada A3. Ukuran dari kertas A4 adalah 21×29,7 cm. Biasanya, A4 itu digunakan untuk tugas sekolah maupun kuliah. Bisa juga digunakan untuk bikin poster.

5. A5

Terakhir ada opsi kertas ukuran A5. Ini adalah jenis kertas yang paling kecil di antara yang lain. A5 biasanya digunakan untuk keperluan membuat buku. Buku catatan untuk siswa atau mahasiswa itu biasanya punya ukuran A5. Brosur juga kadang menggunakan kertas ukuran A5.

FAQ | Ukuran Legal di Word

Apakah bisa mencetak dokumen di kertas ukuran legal pada word?

Bisa. Di Microsoft Word sudah tersedia dokumen kertas legal yang bisa dicetak langsung.

Kenapa banyak yang mencetak file atau dokumen di kertas legal pada word?

Karena kertas legal kerap menjadi pedoman ukuran dalam pencetakan dokumen di sejumlah negara.

Jenis dokumen apa yang dicetak pada kertas legal di word?

Contohnya adalah dokumen surat kontrak dan surat perjanjian.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.