Cara Bikin Kurva di Microsoft Word, Mudah Banget Lho

Beranda » Cara Bikin Kurva di Microsoft Word, Mudah Banget Lho

Cara bikin kurva di Microsoft Word itu memang sangat mudah. Hanya perlu beberapa langkah dan tahapan sederhana untuk bisa langsung membuat kurva di word. Penting untuk memahami bagaimana cara membuat kurva yang baik di dokumen Microsoft Word.

Dalam berbagai macam laporan, curva memang kerap ditampilkan. Kurva ditambahkan untuk mempermudah penjelasan. Jadi, para pengguna word harusnya paham cara membuat kurva di word dengan baik. Ini dia penjelasan mengenai cara bikin kurva di Microsoft Word.

Cara Bikin Kurva di Microsoft Word dengan Mudah

Cara bikin kurva di Microsoft Word itu tak terlalu ribet. Hanya memerlukan beberapa tahap sederhana untuk bisa langsung bikin kurva yang bagus. Karenanya, pahamilah terus cara membuat kurva dengan tepat. Ini dia panduan dalam bikin kurva di Microsoft Word.

1. Buka Dokumen Baru

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen baru. Pembukaan dokumen baru ini memang harus dilakukan jika ingin hasilkan chart dalam bentuk kurva. Klik aplikasi Microsoft Word yang telah ada pada laptop atau PC yang digunakan.

2. Klik Menu Insert

Saat lembar kerja word sudah terbuka, maka proses berikutnya adalah klik menu insert yang berada di bar bagian atas. Dengan klik menu insert tersebut akan muncul beberapa opsi. Cari menu shape dan langsung klik menu tersebut untuk tambahkan kurva.

3. Pilih dan Atur Kurva

Saat klik menu shape, akan ada banyak pilihan bentuk. Untuk tambahkan kurva, pilihlah garis dan klik kurva. Kalau sudah, langsung gambar kurva di lembar kerja word. Klik pada lembar kerja word untuk memulai dan seret sesuai dengan keinginan.

4. Sempurnakan Kurva

Proses terakhir adalah menyempurnakan bentuk kurva. Untuk akhiri bentuk, klik dua kali. Untuk menutup bentuk kurva, klik di dekat titik awal. Setelah jadi dan sesuai keinginan, pengguna bisa memberikan tambahan warna serta keterangan lainnya pada kurva yang dibuat.

Tujuan Membuat Kurva di Microsoft Word

Ada beberapa tujuan utama dari pembuatan kurva pada Microsoft Word. Segala macam tujuan itu juga harus dipahami secara baik dari awal. Semuanya demi kurva yang mudah dipahami informasinya. Berikut ini beberapa contoh tujuan dari bikin kurva di Microsoft Word.

1. Mengolah Data Angka

Membuat kurva di word itu merupakan bagian dari proses mengolah data angka. Data berupa angka – angka memang bisa diolah sedemikian rupa dengan memanfaatkan kruva di word. Kurva memang dapat dijadikan alat untuk menampilkan hasil pengolahan data angka.

2. Menonjolkan Data Penting

Proses untuk menonjolkan data yang penting juga bisa dilakukan dengan bantuan kurva di word. Sejumlah data penting akan lebih mudah disuguhkan kalau diatur jadi kurva pada word. Lewat berbagai jenis kurva yang tersedia, semua data penting bisa ditunjukkan langsung.

3. Menunjukkan Peningkatan dan Penurunan

Menujukkan peningkatan dan penurunan data juga jadi tujuan dari pembuatan kurva. Dengan penyajian memakai kurva di word, akan bisa terlihat apakah terjadi peningkatan atau penurunan pada suatu hal. Meningkat tidaknya data bisa ditampilkan dengan kurva yang sesuai.

4. Memudahkan Pembacaan Data

Pada dasarnya, membuat kurva di word itu akan selalu memudahkan pembacaan data. Data akan lebih mudah terbaca dengan bantuan kurva di word. Proses untuk baca data akan jadi lebih mudah dengan menunjukkan kurva pada lembar kerja word.

5. Menunjukkan Pergerakan Data

Pergerakan data juga bisa dilihat dengan kurva pada word. Bagaimana data bergerak dari satu tempat ke tempat lain memang dapat tersaji melalui penambahan grafik kurva. Segala macam pergerakan data bisa ditunjukkan dengan kurva.

Mengenal Jenis Kurva di Microsoft Word

Jenis kurva yang ditambahkan pada lembar kerja word pada dasarnya bermacam – macam. Pengguna bisa menyesuaikan sendiri akan memakai kurva seperti apa. Berikut ini beberapa contoh jenis kurva pada Microsoft Word.

1. Simple Curve

Jenis kurva yang biasa dibuat dalam Microsoft Word adalah simple curve. Seperti namanya, simple curve ini sangat sederhana. Bentuknya berupa garis berupa lingkaran yang bisa dipanjangkan dan dipendekkan. Sehingga, simple curve ini memang sangat sering dipakai dalam banyak laporan.

2. Ellipse

Bentuk berikutnya adalah ellipse atau kerucut. Ini juga menjadi jenis kurva di Microsoft Word. Bentuk kerucut ini biasanya dipakai untuk menunjukkan perbandingan luas dan jarak antar lingkaran. Karena itu, ellipse jadi jenis kurva yang biasa dipakai.

3. Circle

Circle juga merupakan bentuk kurva yang biasa dipakai dan ditambahkan pada lembar kerja word. Dengan menggunakan circle, sejumlah data bisa lebih mudah ditunjukkan. Bentuk lingkaran yang ada ini memang sangat lazim untuk digunakan pada berbagai laporan di word.

4. Spiral Curve

Spiral curve juga menjadi salah satu pilihan pada lembar kerja word. Dengan menggunakan bentuk spiral melingkar tersebut, sejumlah data penting bisa ditunjukkan. Bentuk ini memang sering ditampilkan dalam banyak waktu dan kesempatan.

FAQ | Cara Bikin Kurva di Microsoft Word

Apakah sulit bikin kurva di Microsoft Word?

Tidak sulit karena sudah tersedia fitur untuk tambahkan shape kurva dengan mudah di word.

Apa kegunaan bikin kurva di Microsoft Word?

Untuk menyajikan data dalam bentuk kurva agar lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.