Cara Buat Diagram di Word dengan Mudah

Beranda » Cara Buat Diagram di Word dengan Mudah
Advertisement

Cara buat diagram di word itu sangat mudah dilakukan. Dengan berbagai cara yang mudah dan sederhana tersebut, pembuatan diagram pada dokumen word selalu bisa mudah dilakukan. Karena itu, pastikan pahami cara membuat diagram yang tepat melalui word.

Dalam beberapa macam hal, membuat digram pada word itu memang diperlukan. Biasanya untuk menyajikan laporan untuk pekerjaan. Seperti apa cara membuat diagram di word? Berikut ini adalah cara buat diagram di word dengan sangat mudah.

Cara Buat Diagram di Word dengan Mudah

Pembuatan diagram di word dapat dilakukan secara mudah. Dengan beberapa langkah sederhana saja, pembuatan diagram di word bisa langsung dilakukan. Karenanya, jangan bingung kalau mau buat diagram di word. Berikut ini adalah tata cara buat diagram di word.

1. Buka Lembar Baru di Word

Langkah awal untuk buat diagram di word adalah membuka lembaran baru terlebih dulu. Langsung buka lembar baru saja di word agar bisa segera bikin diagram pada Microsoft Word.

2. Pilih Menu Insert

Ketika sudah buka word, arahkan cursor ke tempat yang ingin ditambahkan diagram. Selanjutnya langsung pilih menu insert pada word. Letaknya berada di atas di sebelah menu home.

3. Pilih Chart

Setelah masuk ke opsi insert, segeralah pilih chart. Nantinya banyak opsi diagram yang bisa dimasukkan. Bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing – masing.

4. Atur Diagram

Setelah memilih jenis diagramnya, langkah berikutnya adalah mengatur diagram. Atur besar atau panjang dari diagram yang dipilih. Sesuaikan dengan data yang mau disajikan.

5. Atur Diagram ke Lembar Word

Setelahnya, tinggal mengatur tata letak dari diagram pada lembar word. Aturlah penempatannya dengan baik dan sesuaikan dengan laporan maupun informasi pada lembar kerjanya.

Apa Kegunaan Buat Diagram di Word?

Apa sebenarnya kegunaan dari membuat digram di word? Tentu saja banyak manfaat dan kegunaan dari membuat diagram pada word. Hal ini penting untuk dipahami secara baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari membuat diagram pada word.

1. Menunjukkan Data Penting

Kegunaan utama adalah menunjukkan data penting dalam sebuah laporan. Dalam banyak kesempatan, membedakan data penting itu memang perlu dapatkan perhatian khusus. Dengan adanya data penting di sebuah diagram, informasi bisa lebih mudah dipahami.

Sejumlah data penting memang harus dibedakan dari yang lain. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat diagram pendukung.

2. Menegaskan Informasi Penting

Kegunaan lainnya dari buat diagram di word adalah memberi penekanan dan penegasan pada informasi penting. Semua informasi penting kadang memang harus disajikan dengan bantuan diagram. Hal ini untuk memudahkan proses baca data.

Dalam banyak kesempatan, keberadaan informasi penting itu memang harus dapatkan sorotan khusus. Kalau mau lebih mudah, maka langsung saja tambahkan diagram ke dalamnya.

3. Menyederhanakan Informasi

Kegunaan lainnya juga dari membuat diagram adalah menyederhanakan informasi. Daripada membuat kalimat yang panjang lebar di word, akan lebih sederhana kalau menyajikan data dalam bentuk diagram di word.

Penyederhanaan informasi juga merupakan hal yang sangat krusial. Banyak yang akan termudahkan ketika ada diagram ditambahkan dalam lembar kerja word.

4. Memperindah Laporan Word

Pembuatan diagram itu juga bermanfaat untuk memperindah laporan word. Laporan word yang lebih indah tersebut akan sangat penting di zaman sekarang. Oleh sebab itu, gunakanlah diagram supaya laporan yang dibuat pada word jadi lebih menawan.

Advertisement

Laporan yang mudah dibaca itu memang harus dilengkapi dengan data pendukung hingga gambar. Semua hal tersebut harus ditambahkan agar semuanya lebih bagus dan indah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Buat Diagram di Word

Ada sejumlah hal yang memang harus diperhatikan kalau ingin membuat diagram di word. Memang harus ada perhatian khusus mengenai pembuatan diagram pada file atau dokumen word. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan diagram di word.

1. Pengaturan Datanya

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan diagram di word adalah pengaturan datanya. Mengatur data yang digambarkan pada diagram itu memang sangat penting. Jadi, pengaturan data itu benar – benar penting untuk membuat diagram jadi lebih akurat.

2. Pemilihan Jenis Diagram

Diagram yang ada di word itu banyak opsinya. Harus dipilih diagram yang tepat supaya semuanya bisa lebih mudah dipahami. Ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan diagram di word agar semuanya jadi lebih bagus.

3. Pilihan Warna

Jika akan memberikan warna, maka perhatikanlah pilihan warna yang ada. Warna yang dipilih itu harus benar – benar disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, pastikan memilih warna yang sesuai dan tak menyinggung ke dalam file atau dokumen pada word.

4. Penempatan Diagram

Hal yang harus diperhatikan adalah penempatan diagramnya. Diagram itu harus ditempatkan secara rapi. Kalau ditempatkan secara sembarangan, justru informasi yang disajikan akan sulit dilihat. Sehingga, diagram harus benar – benar ditaruh pada tempat di word yang paling sesuai.

Jenis Diagram pada Microsoft Word

Ada beberapa jenis diagram yang bisa dipilih oleh banyak orang di word. Dengan beberapa diagram yang tersedia, pengguna bisa mudah untuk berkreasi. Berikut ini adalah beberapa jenis diagram pada Microsoft Word yang bisa dicoba.

1. Diagram Kolom

Diagram pertama yang bisa ditambahkan pada word adalah kolom. Diagram ini disukai karena bisa menunjukkan nilai dan angka secara lebih mudah. Para pembaca akan lebih mudah mengerti dan memahami ketika ada informasi angka disajikan dalam bentuk diagram kolom.

2. Diagram Line

Selanjutkan adalah diagram line atau garis. Diagram line atau garis ini juga merupakan pilihan yang sangat populer. Sebab, diagram line atau garis bisa memberikan gambaran mengenai sebuah informasi secara lebih mudah. Oleh karenanya, diagram line banyak disukai.

3. Diagram Pie

Berikutnya adalah diagram pie. Seperti namanya, diagram pie ini memiliki bentuk seperti kue pie. Kue pie yang memiliki sejumlah potongan akan terlihat pada diagram ini. Kelebihan dari diagram pie ini adalah membuat laporan yang berisi nilai angka bisa lebih bagus.

4. Diagram Bar

Selanjutnya ada diagram bar yang juga bisa ditambahkan pada lembar kerja word. Diagram bar ini juga merupakan favorit banyak orang. Bentuknya yang sederhana membuat orang – orang bisa lebih mudah membacanya. Ini merupakan keunggulan utama dari diagram bar.

FAQ | Cara Buat Diagram di Word

Apa fungsi dari diagram pada word?

Menyajikan informasi penting yang sumbernya berupa angka.

Dokumen apa yang harus diberikan diagram pada word?

Dokumen laporan keuangan hingga tugas kuliah.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.