Cara Buat Pola di HP Oppo dengan dan Tanpa Aplikasi

Beranda » Cara Buat Pola di HP Oppo dengan dan Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara buat pola di HP Oppo jelas sangat mudah, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi bawaan. Atau aplikasi lain.

Namun yang pasti, menggunakan pola untuk keamanan HP sangatlah penting. Di samping hal tersebut, ternyata masih banyak dan masih ada juga dari pengguna Oppo yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Bagaimana cara mengaktifkannya.

Cara Buat Pola di HP Oppo dengan Sistem Pattern Lock

Pola merupakan salah satu pilihan penguncian layar HP di Oppo yang bisa pengguna manfaatkan. Sistem penguncian yang disediakan juga terdiri dari 9 titik lingkaran.

Masing-masing lingkarannya harus dihubungkan dengan garis tertentu, yang nantinya akan membentuk sebuah pola secara khusus.

Sistem pola atau Pattern Lock sendiri cukup populer, juga sering dijadikan sebagai alternatif penguncian layar yang cukup mudah. Juga terbilang aman. Hal ini dapat terjadi karena rata-rata orang juga cukup sulit untuk menebak pola HP.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara buat pola di HP Oppo dengan mudah. Dan langkahnya sendiri dapat diaplikasikan dibeberapa tipe HP Oppo. Mulai dari HP Oppo A5s, A15 hingga tipe A12. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung buka menu Setting atau menu Pengaturan di Oppo yang kini sedang kamu genggam
  2. Kemudian pilih opsi menu Kata Kunci dan Biometrik atau Password and Biometrics
  3. Klik sub menu Lock Screen Password
  4. Kemudian langsung pilih Continue untuk melanjutkan
  5. Selanjutnya kamu dapat memilih opsi Use a Different Password Type
  6. Pilih pattern untuk melanjutkan
  7. Gunakan atau gambarkan pola yang kamu inginkan, pastikan untuk dapat menggambarkan kembali pola sebelumnya untuk melakukan verifikasi
  8. Jika sudah, maka HP akan terkunci dengan sistem pola yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.

Penting untuk jadi catatan, bahwa cara buat pola di HP Oppo di atas wajib dilakukan dengan benar. Pola yang digambarkan juga wajib diingat dengan baik, maka nanti tidak akan terjadi lupa pola dan mengharuskan HP Oppo direset ke setelan pabrik.

Cara Buat Pola di HP Oppo dengan Apps Tambahan

Bila panduan sebelumnya kamu dapat melakukannya dengan tanpa menggunakan aplikasi, dan hanya mengandalkan sistem pengaturan. Maka sekarang kamu dapat melakukan bagaimana membuat pola di HP Oppo dengan tambahan aplikasi.

Tidak perlu repot dan khawatir, sebab aplikasinya sendiri bisa kamu dapatkan secara resmi dari Google Play Store. Apa saja nama aplikasinya?

1. Simi Studio

Aplikasi pertama adalah Simi Studio, sebuah aplikasi yang hanya dengan satu klik saja. Maka sistem Screen Lock akan langsung membuka layar HP. Tidak perlu ribet dan repot untuk menggunakannya, bahkan kamu sebagai pengguna bisa mendapatkan tiga tipe penguncian.

Mulai dari sistem Home Button, Notification button, serta floating button. Tiga tipe penguncian tersebut sama-sama elegan dam membuat HP jauh lebih aman terkendali.

2. Time Password

Dengan aplikasi satu ini, kamu dapat menjadikan waktu ponsel sebagai kata sandi layar HP. Seiring berjalannya waktu setiap menit, maka kata sandinya juga akan otomatis berubah. Jadi memang tidak ada yang bisa menebaknya, kecuali kamu sendiri.

Aplikasi ini pun menawarkan banyak fitur keren, salah satunya adalah gaya kunci layar iPhone. Kemudian kamu juga dapat menyesuaikan layar pengunciannya menggunakan pola. Persis seperti apa yang telah dibahas dan disampaikan sebelumnya.

3. Screen Lock Screen Off

Di Google Play, aplikasinya sudah berhasil diunduh dan di download oleh lebih dai 100 Ribu kali pengguna. Aplikasi ini pun dibuat untuk memperpanjang umur tombol dayanya.

Memiliki sistem penguncian admin, cerdas dan tentu saja berguna bagi pemilik HP Oppo. Perlu jadi catatan, bahwa aplikasi ini menggunakan sistem izin administrator. Jangan lupa juga untuk dapat membaca ketentuan penggunaan sebelum mengaktifkan sistem polanya.

4. Simi Studio Pro

Sistem aplikasi ini menggunakan sistem berbayar, jadi fitur yang bisa digunakan secara premium hanya beberapa fitur saja.

Performa aplikasi akan lebih ringan, pun juga akses tanpa batas pada semua fitur yang disediakan. Aplikasi untuk membuat pola di HP Oppo ini pun berbeda dengan aplikasi developer lain. Dan untuk merasakannya, kamu bisa dapatkan aplikasinya dari Google.

5. Gesture Lock Screen

Dalam aplikasi satu ini, pengguna HP Oppo dibebaskan untuk dapat membuat gambar atau gesture sesuai keinginan. Jadi kamu dapat mengaturnya sesuai selera.

Sistem keamanan dari aplikasi Gesture Lock ini terbilang sangat baik. Sebab aplikasinya akan memotret siapa saja yang berusaha membuka kunci layar. Uniknya lagi, selain pola kamu pun bisa menggunakan sistem keamanan menggunakan fingerprint.

6. Lock Screen Pattern

Pattern atau pola penguncian pada HP, dianggap menjadi salah satu alternatif penguncian yang paling baik. Dan tentu saja sangat simple digunakan.

Aplikasi satu ini menjadi aplikasi yang terbilang ringan. Dimana kamu bisa menggambar pola atau pattern untuk mengunci layar dan menggunakan HP. Cara menggunakannya juga gampang, kamu hanya tinggal menjalankan aplikasi

Kemudian nanti tinggal pilih Enable Lock Screen, dan buat pattern untuk dapat mengunci layar. Terakhir, gunakan pola dan pattern tersebut untuk membuka layar dan mengoperasikan beragam aplikasi lainnya.

Nah, itulah beberapa cara buat pola di HP Oppo yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Pastikan agar aplikasi dapat terpasang secara baik, serta kamu menyisakan ruang penyimpanan internal dengan ukuran luas.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Buat Pola di HP Oppo

Bagaimana Tips Membuat Pola di HP Oppo?

Gunakan pola yang paling gampang untuk diingat dan tidak ribet.

Apakah Buat Pola dengan Aplikasi Tambahan di Oppo Aman?

Sangat aman.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.