10 Cara Cek HP Samsung Bekas Agar Tidak Tertipu

Beranda » 10 Cara Cek HP Samsung Bekas Agar Tidak Tertipu
Advertisement

Mengetahui bagaimana cara cek HP Samsung bekas, tentu saja penting untuk dilakukan. Salah satunya untuk tahu kondisi fisik HP bagaimana.

Namun untuk pengecekannya tidak hanya sekadar dilakukan dari fisiknya saja, kamu dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Menggunakan beberapa langkah, metode dan juga panduan lainnya.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Fisiknya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek bagian fisiknya secara langsung. Kondisi fisik menjadi bagian pertama yang harus dilakukan pengecekan, sebab bisa langsung nampak terlihat oleh mata juga.

Kamu dapat memeriksa setiap bagian HP Samsung bekasnya. Apakah ada goresan, lecet, atau bahkan kerusakan lainnya. Jika terdapat cacat pada kondisi fisiknya, kamu berhak membatalkan pembelian atau meminta dikurangi harga dari yang ditawarkan.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Koneksinya

Koneksi HP yang disediakan pada HP Samsung ada beragam, mulai dari koneksi jaringan Wifi. Data seluler, Wifi, Bluetooth dan bahkan sistem koneksi terbaru seperti NFC.

Usahakan agar dapat mengecek satu persatu bagian koneksi tersebut. Apakah masih berfungsi dengan baik, bisa terhubung dengan sempurna, atau sebaliknya. Karena orang-orang yang menjual HPnya, bisa jadi ada kekurangan tertentu.

Kamu sebagai pembeli yang bijak, usahakan agar dapat memeriksa kondisi konektivitas tersebut secara baik. Apalagi konektivitas disebuah HP menjadi sebuah part dan bagian yang paling penting. Karena jika tidak ada koneksi, maka kinerja HP tidak akan maksimal, pun HP Samsung tidak akan bisa digunakan dengan sebagaimana harusnya.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Layarnya

Atau LCDnya, untuk dapat melakukan pengecekan satu ini. Kamu bisa menggunakan kode *#0*#. Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, langsung buka menu Dial atau Panggilan di HP Samsung kamu
  2. Berikutnya ketikkan dan masukkan kode serta angka tersebut secara benar
  3. Jika sudah, maka sistem secara otomatis akan memunculkan beragam menu untuk mengecek kondisi kerusakan di dalam HP.

Dengan perintah tersebut, kamu akan menjumpai banyak menu tersedia. Setiap menu menawarkan fungsi berbeda, jika ingin mengecek kondisi LCD. Maka kamu dapat memilih keterangan Red, Blue, Green.

Ketiga keterangan tersebut akan menampilkan warna merah. Kemudian Hijau dan Biru. Dilakukan untuk mengecek terjadinya shadow, atau dead pixel pada layar. Jika ternyata HP Samsung bekas yang akan dibeli memunculkan warna normal, maka bisa dipastikan kondisi layarnya bagus.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Sistem Touchscreen

Masih menggunakan kode *#0*#. Karena dalam kode *#0*# ini, ternyata kamu diberikan banyak pilihan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi HP dengan baik.

Untuk dapat melakukan pengecekan layar sentuh, kamu bisa memilih menu Touch. Dari menu ini, kamu dapat memeriksa apakah ada bagian layar yang mengalami kerusakan atau tidak.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu memilih menu Touch dan akan muncul kotak bertanda X. Silahkan langsung sentuh semua tanda tersebut hingga muncul warna hijau. Jika semuanya lancar disentuh, maka bisa dipastikan HP bekasnya aman. Layar sentuhnya masih bagus.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Kamera Belakang dan Depan

Ya, kamu masih dapat menggunakan opsi kode *#0*#. Dari layanan pengecekan yang disediakan, kamu dapat memilih keterangan menu Mega Cam. Silahkan langsung ambil foto menggunakan menu tersebut, lalu lihat. Apakah hasil fotonya normal. Atau tidak.

Kemudian jika ingin mengecek kondisi kamera depannya, maka kamu bisa memilih menu Front Cam. Lalu kemudian ambil foto dengan menekan tombol shutter. Lihat dan perhatikan lagi, apakah hasil fotonya normal atau tidak.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Sensornya

Masih menggunakan kode panggilan *#0*# lagi, dimana HP Samsung ini pasti akan memiliki banyak sensor. Untuk dapat mengecek setiap sensornya, maka harus memilih menu Sensor. Setelah menu tersebut dipilih, maka akan muncul banyak sensor tersedia.

Mulai dari Accelerometer, Barometer, Light Sendor, hingga Barometer bahkan Proximity. Silahkan langsung cek satu persatu sensor tersebut. Pastikan kinerja sensornya masih normal, serta masih bisa digunakan.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Speaker

Speaker merupakan salah satu part penting dari sebuah HP, dapat digunakan untuk mendengarkan musik. Menonton film, atau mengeluarkan suara saat ada panggilan atau pemberitahuan masuk. Saat pembelian HP bekas, tentu hal ini sangat penting.

Untuk mengecek Speaker juga bisa kamu lakukan dari kode *#0*#, atau dapat dilakukan langsung menggunakan menu Setting.

Melalui menu nada dering, atau menggunakan musik yang sudah tersimpan di HP. Kamu dapat memutarnya langsung, lalu dengarkan bagaimana hasil suara yang keluar dari spekernya.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Fitur Getarnya

Getar atau vibration, merupakan salah satu part penting juga dalam sebuah perangkat HP. Dengan getaran, maka pengguna menjadi tahu lebih jelas terkait dengan ada atau tidaknya pemberitahuan masuk. Karena terkadang suara saja tidak cukup untuk mengidentifikasi perangkat.

Untuk mengecek getar di HP Samsung bekas, bisa kamu lakukan dari kode *#0*# lagi. Atau langsung dicek dari menu Setting.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari Baterainya

Untuk melakukan pengecekan baterai HP Samsung, bisa kamu coba dengan menggunakan kode *#0228#. Kode tersebut akan menampilkan beragam informasi terkait dengan status baterai. Jika memang baik, maka status baterainya juga akan baik.

Cara Cek HP Samsung Bekas dari IMEI

Disarankan bagi kamu, usahakan agar dapat membeli HP bekas yang kondisi box atau kemasannya masih ada. Gunanya, agar kamu dapat membandingkan kode IMEI di kemasan dan kode IMEI di HP. Jika sesuai, maka HP Samsungnya asli dan tidak perlu diragukan lagi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek HP Samsung Bekas

Dimana Kita Bisa Membeli HP Samsung Bekas?

Dimana saja, yang terpenting tempatnya terpercaya.

Apakah Membeli HP Samsung Bekas Akan Tetap Aman?

Aman, selama pengecekan di atas dilakukan dengan baik.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.