Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak

Beranda » Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak
Advertisement

Cara cek imei Samsung terdaftar atau tidak itu bisa dilakukan amat mudah. Dengan cara pemeriksaan imei Samsung secara tepat, segalanya akan berlangsung dengan mudah. Karena itu, cobalah pahami dengan baik seperti apa cara cek nomor imei Samsung itu terdaftar atau tidak.

Proses cek imei itu terdaftar atau tidak memang harus diperhatikan secara baik. Kalau pahami cara cek secara tepat, mengetahui Hp Samsung terdaftar atau tidak bisa lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa cara cek imei Samsung terdaftar atau tidak.

Cara Cek Imei Samsung Terdaftar atau Tidak

Cara cek imei Samsung terdaftar atau tidak bisa dilakukan dalam beberapa metode. Lewat sejumlah metode tersebut, pemeriksaan bisa dijalankan dengan sangat mudah. Karena itu, selalu perhatikan bagaimana cara terbaik untuk cek imei pada Hp Samsung. Ini dia cara – caranya.

1. Cek Imei Melalui Situs Kemenperin

Salah satu cara cek imei dari Hp Samsung itu bisa lewat situs kementerian perindustrian atau kemenperin. Pihak kemenperin memang sudah sediakan platform khusus untuk melakukan pengecekan. Semua pengguna Hp Samsung bisa langsung datangi situs kemenperin.

Penggunaan situs kemenperin ini memang memudahkan proses pengecekan. Seperti apa sebenarnya cara cek imei melalui situs kemenperin? Berikut ini adalah cara cek imei dari Hp Samsung lewat situs kemenperin.

  • Buka menu setting di Hp Samsung
  • Akses menu about phone di Hp Samsung
  • Salin nomor imei yang muncul di about phone
  • Buka situs imei.kemenperin.go.id
  • Tuliskan nomor imei Hp Samsung yang telah disalin
  • Klik search pada menu pencarian di kemenperin
  • Akan muncul informasi mengenai terdaftar atau tidaknya Hp berdasar nomor imei

2. Cek Imei Lewat Situs Bea Cukai

Selain melalui situs kemenperin, pengecekan bisa dilakukan juga dengan situs bea cukai. Penggunaan situs bea cukai juga mudah untuk dilakukan. Karena itu, banyak yang menyukai pengguna situs bea cukai untuk cek imei.

Pengecekan imei lewat bea cukai pun sangat cepat dilakukan. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah pakai situs bea cukai. Cara pengecekan tak jauh berbeda seperti saat gunakan situs kemenperin. Berikut ini adalah cara cek imei Hp Samsung lewat situs bea cukai.

  • Datangi dilu menu setting di Hp Samsung
  • Buka menu about phone di Hp Samsung
  • Salin nomor imei yang muncul di about phone Hp Samsung
  • Buka situs beacukai.go.id/cek-imei.html
  • Tuliskan nomor imei Hp Samsung yang telah disalin
  • Tunggu muncul informasi mengenai terdaftar atau tidaknya Hp dari nomor imei

3. Cek Imei Lewat Panggilan *#06#

Selain menggunakan situs yang disediakan oleh pemerintah, pengecekan email itu juga bisa dilakukan dengan panggilan kode dial. Panggilan kode dial ini bisa langsung dilakukan oleh para pengguna Hp Samsung.

Pengecekan dengan dial itu dianggap lebih sederhana dan mudah dilakukan. Bahkan, tanpa pakai internet pun bisa dilakukan. Ini adalah cara yang paling sederhana dalam cek imei Samsung. Berikut ini adalah panduan tentang cek imei lewat kode dial.

  • Buka menu panggilan atau telepon di Hp Samsung
  • Ketik langsung kode dial *#06#
  • Lakukan panggilan
  • Tunggu sampai informasi nomor imei muncul

Manfaat Cek Imei Samsung Terdaftar atau Tidak

Tentunya ada manfaat dari melakukan cek imei Samsung terdaftar atau tidak. Dengan memahami semua manfaat yang ada, segalanya akan jadi lebih mudah dipahami. Berikut ini beberapa manfaat dari cek imei Hp Samsung terdaftar atau tidak.

1. Mengetahui Hp Resmi atau Tidak

Manfaat utama dari cek imei Samsung adalah mengetahui apakah Hp tersebut itu resmi atau tidak. Resmi atau tidaknya Hp itu memang krusial untuk diperiksa. Jangan sampai Hp Samsung yang dipunyai itu dibeli secara tidak resmi.

Advertisement

Resmi atau tidaknya Hp Samsung harus jadi perhatian. Kalau ketahuan pakai Hp Samsung yang tidak resmi dan tak punya nomor imei, maka pengguna bisa bermasalah dengan hukum.

2. Identifikasi Jenis Hp Samsung

Manfaat lain dari cek imei Samsung terdaftar atau tidak adalah melakukan identifikasi jenis Hp Samsung. Dengan melakukan identifikasi jenis Hp secara tepat, pengguna bisa mengetahui dengan pasti informasi detailnya.

Proses identifikasi memang bisa dilakukan dengan cek imei. Dari sana bisa dilihat tahun pembuatan, lokasi perakitan, sampai informasi mengenai nomor produksi dari sebuah Hp Samsung.

3. Memastikan Hp Samsung Bisa Dipakai di Indonesia

Memastikan Hp Samsung bisa dipakai di Indonesia itu juga merupakan manfaat dari lakukan cek imei Samsung terdaftar atau tidak. Imei yang terdaftar itu juga menunjukkan informasi bahwa sebuah Hp Samsung itu memang bisa dipakai di wilayah Indonesia.

Semua Hp Samsung yang mau beroperasi di Indonesia harus memiliki nomor imei. Ketika tak ada imei di dalamnya, maka proses untuk pakai Hp tersebut di Indonesia tak bisa dilakukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Cek Imei Samsung Terdaftar atau Tidak

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam cek nomor imei Samsung. Semua hal tersebut harus dipahami dengan sangat baik supaya pemeriksaan bisa berjalan lancar. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cek imei Samsung terdaftar atau tidak.

1. Penulisan Nomornya

Hal penting yang harus diperhatikan dalam cek nomor imei adalah penulisan nomornya. Penulisan nomor imei yang akan dicek itu memang sangat penting dan krusial. Jika salah tulis, informasi yang benar tak akan muncul.

Karenanya, jangan sampai salah dan keliru dalam menuliskan nomor imei secara tepat. Biar tak salah, langsung copy paste saja nomor imei yang bisa dilihat pada menu about phone.

2. Situs yang Dipakai untuk Pemeriksaan

Faktor penting lainnya dalam cek imei Samsung adalah situs yang dipakai. Pilihlah situs yang tepat untuk pemeriksaan nomor imei Samsung. Jangan keliru dalam pemilihan situsnya.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada dua situs yang bisa jadi jujukan utama. Yakni situs dari kemenperin dan situs dari bea cukai Indonesia. Keduanya bisa dipakai langsung untuk pemeriksaan.

3. Detail Informasi Saat Pemeriksaan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah detail informasi yang ditujunkkan dalam pemeriksaan. Proses cek imei Samsung itu memang akan hadirkan sejumlah informasi penting.

Segala macam informasi penting itu harus diperhatikan dengan baik dan benar. Detail informasi tersebut nantinya akan berguna buat para pemegang Hp Samsung.

FAQ | Cara Cek Imei Samsung Terdaftar atau Tidak

Apakah cek imei pada Hp Samsung itu penting?

Cek nomor imei Samsung itu penting untuk mengetahui apakah Hp yang digunakan resmi atau tidak.

Di mana tempat terbaik untuk cek imei Samsung?

Bisa menggunakan situs kemenperin atau bea cukai yang mudah digunakan oleh semua pengguna.

Apa yang terjadi jika nomor imei Samsung tak terdaftar?

Hp Samsung yang tak terdaftar imei akan dianggap sebagai barang illegal.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.