Cara Cek Samsung SEIN dengan Kode UMB dan IMEI

Mengenai bagaimana cara cek Samsung SEIN sangatlah penting, karena kamu pun dapat mengetahui bagaimana garansinya.

Mulai dari umurnya, IMEInya. Atau bahkan yang lainnya. Dan khusus pada kesempatan kali ini, akan dibahas secara terperinci terkait dengan pengecekan garansi Samsung SEIN dengan mudah juga gampang.

Mengenal Samsung SEIN Secara Singkat

Barangkali ada dari kamu yang belum tahu mengenai hal ini, maka wajib untuk disimak terlebih dahulu. Bahwa sistem SEIN ini merupakan produk Samsung dengan garansi resmi. Dalam hal ini, SEIN berarti Samsung Electronic Indonesia.

Sebuah jenis garansi, yang berlaku atau dapat diklaim diseluruh wilayah Indonesia. Karena sudah mengantongi izin resmi produk edar di Indonesia. Nah, untuk tahu bagaimana cara cek Samsung SEIN resmi atau tidak. Bisa kamu simak pembahasan berikutnya sampai tuntas.

Cara Cek Samsung SEIN dengan KODE UMB

Panduan dan cara yang paling mudah bisa dilakukan, adalah memasukkan kode UMB secara langsung. Kamu dapat melihat kapan HP pertama kali diaktifkan, kapan masa garansinya. Atau bahkan hal lainnya.

Untuk dapat mengaplikasikan cara ini bagaimana, simak penjelasan dan langkah penggunaannya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka fitur Panggilan atau Dial di HP Samsung kamu
  2. Masukkan kode UMB di *#12580*369#
  3. Dengan kode tersebut maka sistem akan langsung menampilkan informasi mengenai HP Samsungnya
  4. Kamu pun dapat melihat kapan tanggal pembelian dari bagian keterangan RF Call
  5. Misalnya saja dengan 20210428, itu berarti pembelian perangkat dilakukan pada tanggal 28 April Tahun 2021.

Cara Cek Samsung SEIN dari Kartu Garansi

Salah satu syarat juga ketentuan untuk mengajukan garansi Samsung SEIN, adalah dengan membawa kartu garansi. Serta nota pembelian dari toko. Sehingga, salah satu cara mengecek garansi Samsung SEIN adalah dengan menggunakan kartu garansi tersebut.

Selain hal tersebut, kamu juga dapat mencari nota pembelian dan lihat secara benar tanggal yang tertera. Untuk garansi Samsung sendiri, pengelola menyediakannya selama 1 tahun penuh. Semenjak perangkat dibeli dan saat HP pertama kali dinyalakan.

Cara Cek Samsung SEIN dengan IMEI

Tentang bagaimana cara cek garansi Samsung SEIN berikutnya. Adalah dapat dilakukan dengan menggunakan kode IMEI. IMEI sendiri merupakan International Mobile Equipment Identity, jadi garansi SEIN tersebut bisa coba kamu cek menggunakan IMEI. Nah, bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung siapkan nomor IMEI HP Samsung yang akan dicek garansinya
  2. Di menu Panggilan atau Dial, langsung input kode *06#. Atau kode IMEI bisa kamu dapatkan dari menu Settings dan sub menu About Phone. Atau selain cara tersebut, kamu juga bisa mendapatkannya dari kardus HP
  3. Berikutnya, buka halaman website menggunakan HP, atau laptop di alamat www.imei.info
  4. Dari website tersebut, kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI HP Samsung
  5. Pastikan nomor kode IMEI diinput dengan baik, tepat juga benar
  6. Lalu klik opsi keterangan Check
  7. Dari pengecekan tersebut, berikutnya kamu akan dapat melihat informasi terkait dengan perangkat Samsungnya
  8. Untuk dapat mengecek garansinya, kamu bisa pilih Samsung Garansi/ SN/ Carrier Check untuk dapat melihat informasi mengenai garansi samsungnya secara jelas.

Cara Cek Samsung SEIN Lewat Situs Bea Cukai

Jika ada satu waktu kamu mendapati HPnya memiliki status Internasional. Maka perlu dicek, apakah pengguna sebelumnya sudah membayar pajak resmi, atau bahkan belum. Bagaimana cara ceknya?

  1. Pertama, langsung siapkan perangkat HP atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet
  2. Berikutnya, buka peramban atau alamat website di https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html
  3. Dari halaman tersebut, kamu bisa langsung memasukkan IMEI yang didapatkan dari menu Pengaturan. Kemasan HP, atau bahkan dari kode panggilan yang sebelumnya sudah dibahas
  4. Jika sudah perintah tersebut dilakukan, maka langsung isi kode Captcha sesuai dengan permintaan dari sistem
  5. Bila sudah diisi, langsung klik Send dan tunggu pemberitahuan berikutnya
  6. Jika memang ada pemberitahuan tentang pembayaran pajak, usahakan agar pajak tersebut bisa kamu bayar sesuai aturan.

Cara Cek Samsung SEIN dari Body Belakang HP

Cara cek selanjutnya yang bisa coba kamu lakukan, adalah dengan melihat body belakang HP. HP Samsung SEIN biasanya tidak memiliki seri bentukan dibagian belakangnya. Misalnya saja jika kamu memiliki HP Samsung S8.

Maka pada bagian belakang HP tidak akan terdapat keterangan Samsung S8. Namun hanya akan disisipkan keterangan made in saja.

Tambahannya, kamu juga dapat memerhatikan bagian belakang HP tepat dibagian bawah kameranya. Jika terdapat logo selain Samsung, seperti T-Mobile, Domoco, atau bahkan lainnya. Maka bisa dipastikan HP tersebut bukan SEIN.

Cara Cek Samsung SEIN dari Processornya

HP Samsung di Indonesia memang sudah dibekali dengan sistem processor exynos. Dan hal tersebut pun sudah dipasang langsung dari Samsungnya. Namun pada dasarnya, HP Samsung yang dirilis sebelum tahun 2016. Akan menggunakan sistem processor Snapdragon.

Namun jika HP Samsung kamu keluaran terbaru, dan di atas tahun 2016. Kemudian sistem processornya masih menggunakan Snapdragon, maka bisa dipastikan HPnya bukan SEIN.

Untuk dapat mengetahui dengan jelas mengenai hal ini, maka kamu bisa memasang dan menjalankan aplikasi AIDA64. Aplikasi tersebut secara resmi bisa didapatkan dari Google Play Store.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek Samsung SEIN

Apakah Mengecek Samsung SEIN Bisa di Service Center?

Sangat bisa, namun cara ini dapat dilakukan jika memang beberapa cara sebelumnya tidak bisa dijalankan.

Apakah Mengecek Samsung SEIN Membutuhkan Biaya atau Pulsa?

Tidak, kamu dapat melakukannya secara gratis. Hanya saja untuk beberapa pengecekan, mengharuskan pengguna terhubung dengan jaringan internet.

Tinggalkan komentar