Cara Cek Sensor HP Oppo Menggunakan Kode Rahasia

Beranda » Cara Cek Sensor HP Oppo Menggunakan Kode Rahasia
Advertisement

Sensor dalam sebuah HP sangatlah penting, termasuk di Oppo. Dan cara cek sensor HP Oppo pada kesempatan kali ini pun akan dibahas.

Kamu sebagai pengguna aktif dari HP Oppo, akan tahu caranya dan tahu bagaimana tahapannya. Dengan begitu, maka sensor di HPnya akan terkontrol secara baik. Apakah dalam keadaan aman, atau bahkan sebaliknya.

Cara Cek Sensor HP Oppo via Diagnostic Tools

Ya, cara pengecekan sensor di Oppo pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur Diagnostic Tools. Fitur ini pun jadi salah satu fitur bawaan dari Oppo yang sudah kamu gunakan saat ini. Nah, bagaimana cara dan langkah menggunakannya?

  1. Pertama, langsung nyalakan HP dan buka halaman beranda
  2. Kemudian buka aplikasi Phone Manager, biasanya menu ini akan tersimpan pada Tools Box
  3. Pilih folder menu tersebut, kemudian pilih Phone Manager
  4. Selanjutnya pilih Device & Data Security, kemudian pilih menu Diagnostics
  5. Dari menu Diagnostics tersebut, kamu hanya tinggal Centang Sensor yang memang ingin dilakukan pengecekan
  6. Mulai dari Audio, Vibration atau getaran, Sensors, hingga Buttons
  7. Jika sudah dipilih akan mengecek sensor mana, langsung klik opsi Run Diagnostics
  8. Maka proses pengujian akan segera berlangsung

Catatannya, kamu dapat melakukan pengujian dengan menggunakan fitur layanan Diagnostics. Gunanya untuk mengetahui kelayakan beberapa komponen HP. Mulai dari kamera, audio, layar, atau bahkan beberapa sensor lainnya. Seperti NFC atau bahkan baterai.

Cara Cek Sensor HP Oppo Via Kode Rahasia

Kode rahasia ini ada beberapa jenis, dan sensor yang bisa dicek juga dapat dilakukan dengan beberapa opsi pengecekan. Untuk tahu kodenya apa saja, bisa langsung simak beberapa kodenya di bawah ini.

1. Kode *#800#

Urutan kode rahasia tersebut bisa digunakan untuk mengakses Engineer Mode. Dimana pada mode ini pun kamu bisa memeriksa sensor dari perangkat kerasnya.

2. Kode *#808#

Untuk lebih detailnya lagi, kode ini pun menawarkan fitur Engineering Mode. Untuk mengecek sensor ada tidaknya kerusakan dari hardware.

Mulai dari memeriksa fungsi sensor Kamera, Wifi, Pengeras Suara, hingga LCD layar HP. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengecek kelayakan sensor perangkat keras yang kamu gunakan. Atau miliki.

3. Kode *#807#

Jika secara khusus ingin mengecek sensor dari layar LCD, maka kamu bisa menggunakan kode ini. Memastikan agar LCD tetap berfungsi secara baik, tidak ada error atau bahkan lainnya.

Nah, untuk menggunakan kode-kode tersebut sebagai cara cek sensor HP Oppo. Maka kamu bisa menggunakan menu Dial, atau menu Telepon. Masukkan kode tersebut, dan sistem akan langsung memberikan perintah atau fitur lanjutannya.

Cara Cek Sensor HP Oppo via Aplikasi Tambahan

Selain dua cara di atas, kamu pun bisa melakukan pengecekan sensor HP Oppo dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tambahan aplikasinya bisa diunduh dan didapatkan dari Google Play Store secara resmi, pu secara aman. Apa saja nama aplikasi tersebut?

Advertisement

1. AIDA64

Aplikasinya gratis, kamu bisa dapatkannya dari Google Play Store dengan ukuran aplikasi sangat ringan. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Download, kemudian pasang terlebih dahulu aplikasi Aida64 dari Google Play Store
  • Jika sudah berhasil, maka langsung lakukan pemasangan serta buka aplikasinya
  • Berikan akses perizinan jika sistem meminta
  • Jika sudah terbuka dan bisa digunakan, maka sistem aplikasi akan memunculkan layar menu sensor apa saja yang dapat dideteksi 
  • Lanjutkan prosesnya dengan memilih Tab Sensor, kemudian selanjutnya aplikasi akan memunculkan informasi mengenai sensor yang ada di HP Oppo kamu.

2. Sensor Box Apps

Aplikasi Sensor Box juga bisa digunakan, pun untuk langkah penggunaan aplikasinya juga tidak jauh berbeda seperti aplikasi sebelumnya. Bagaimana langkahnya?

  • Pertama, langsung buka aplikasi jika sudah terpasang dengan baik
  • Lalu buka, serta jalankan aplikasi dengan sebagaimana harusnya
  • Sentuh masing-masing sensor yang sudah disediakan oleh sistem
  • Jika dalam kondisi normal pun juga sensornya baik, maka sistem tidak akan memunculkan tanda silang pada masing-masing iconnya.

3. Device Info HW

Untuk cara cek sensor HP Oppo menggunakan aplikasi tambahan berikutnya, adalah aplikasi Device Info HW. Aplikasi ini pun memberikan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai sensor di HPnya. Cara penggunaannya juga gampang, bagaimana?

  • Unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi di HP Oppo yang ingin dicek sensornya bagaimana
  • Berikutnya, jalankan serta buka aplikasi secara langsung. Jangan lupa untuk berikan izin penggunaan
  • Jika sudah terbuka, maka kamu akan melihat beberapa tab menu. Satu diantaranya adalah menu sensor
  • Lakukan perintah tersebut, lalu kamu dapat mengecek apa saja sensor yang bisa dilakukan di HP Opponya

4. CPU Z

Aplikasi ini sudah sangat familiar bukan? Dan selain dapat mengetahui spesifikasi dari HP Opponya, kamu juga bisa melakukan pengecekan sensor lainnya. Bagaimana caranya?

  • Pertama, pasang terlebih dahulu aplikasi yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store
  • Jika sudah terpasang, langsung buka dan berikan perizinan untuk penggunaan aplikasi
  • Berikutnya, pilih menu Sensor yang telah disediakan
  • Sistem akan memunculkan sejumlah informasi mengenai keadaan sensornya secara langsung. Baik itu sedang ada masalah, atau bahkan baik-baik saja.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek Sensor HP Oppo

Seberapa Penting Cek Sensor di HP Oppo?

Sangat penting, karena kamu jadi tahu terkait dengan keadaan HP. Baik itu mengenai sensor GPS, Cahaya, kamera, mic, atau bahkan sensor sidik jari dan lain-lain.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Cek Sensor HP Oppo?

Gratis, kamu bisa melakukannya sesuai kebutuhan dimana saja dan kapan saja tanpa ada keterbatasan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.