9 Cara Cek Touchscreen Oppo Via Kode Dial dan Aplikasi

Beranda » 9 Cara Cek Touchscreen Oppo Via Kode Dial dan Aplikasi
Advertisement

Melakukan dan mengaplikasikan bagaimana cara cek touchscreen Oppo tentu saja sangat penting. Dengan tahu bagaimana kondisi touchscreen jelas akan sangat menguntungkan.

Satu diantaranya adalah kamu sebagai pengguna, jadi tahu bagaimana kualitas serta performa dari HP Oppo yang dimiliki. Dengan begitu, maka kamu pun harus tahu terlebih dahulu bagaimana caranya dan bagaimana prosedurnya secara benar.

Cara Cek Touchscreen Oppo via Kode Dial

Metode atau cara pertama yang bisa kamu aplikasikan, adalah dengan menggunakan kode dial tanpa harus menggunakan aplikasi. Android Oppo memiliki kode secara khusus, tujuannya tentu saja agar bisa langsung melakukan kalibrasi layar sentuh.

Untuk tahu bagaimana cara menggunakan kode dial tersebut, bisa langsung simak penjelasan dan langkah lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka menu dial atau panggilan di HP Opponya secara langsung
  2. Berikutnya, langsung ketikkan kode *#800# dan lakukan panggilan
  3. Sistem HP akan langsung menampilkan menu Engineer Mode
  4. Kemudian sistem juga akan melangsungkan tampilan perintah lain, salah satunya kamu dapat memilih opsi Touchscreen
  5. Sistem akan memunculkan tampilan kotak-kotak
  6. Sentuh langsung layar tersebut, kemudian lakukan pengecekan sampai timbul warna hijau

Penting untuk diketahui, bahwa warna hijau menjadi salah satu tanda bahwa layar sentuh atau touchscreen HP sedang dalam kondisi aman. Hal ini menunjukkan bahwa semua titik pada layarnya dapat berfungsi secara baik.

Oleh sebab hal tersebut, maka dapat diartikan bahwa HPnya tidak ada kerusakan dan tidak ada error. Berbeda dengan ketika saat disentuh terdapat titik yang tidak bisa ditekan, maka bisa jadi layarnya sedang bermasalah.

Cara Cek Touchscreen Oppo dengan Metode Manual

Metode berikutnya adalah melakukan pengecekan fungsi touchscreen secara manual. Atau secara visual. Dalam hal ini sangat sederhana untuk dilakukan, dan kamu hanya perlu memerhatikan layarnya menggunakan mata secara langsung.

Oleh karena hal tersebut, maka pastikan agar dapat memerhatikan semua sudut layarnya dengan baik. Kemudian sentuh untuk tahu apakah sistemnya bekerja dengan baik, atau tidak. Untuk meyakinkan lagi, kamu dapat coba mematikan layar HPnya terlebih dahulu.

Jika HP sudah menyala kembali, langsung saja perhatikan bagian layarnya. Apakah menemukan garis yang aneh, seperti berwarna hitam arah vertikal. Atau bahkan horizontal. Jika memang ada tanda tersebut, maka bisa jadi hal tersebut jadi salah satu tanda adanya kerusakan.

Sebagai pengguna, kamu dapat mengaplikasikan cara ini dengan sangat baik serta secara berkala. Terlepas jika memang menemukan indikasi kerusakan secara visual, kamu pun bisa merasakan perbedaan saat disentuh.

Jika hal tersebut terjadi, maka bisa langsung datangi service center Oppo resmi. Agar terpercaya, serta lebih kredibel.

Cara Cek Touchscreen Oppo dengan Drawing Note

Drawing note ini memang aplikasi pihak ketiga, namun aplikasi ini menjadi salah satu sistem apps bawaan yang dimiliki oleh Opponya langsung. Aplikasi ini pun sangat berfungsi dan bermanfaat secara baik. Dan tentu saja sudah dibekali fitur drawing gratis.

Advertisement

Selain untuk menggambar, kamu pun dapat memanfaatkannya untuk mengecek layar atau touchscreen dapat berfungsi. Atau tidak sama sekali. Dan pengecekan ini pun bisa dilakukan secara berkala. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Keep Notes di HP Oppo kamu
  2. Kemudian klik menu atau tombol + pada bagian bawah kanan untuk mendapatkan catatan baru
  3. Sistem aplikasi akan memberikan kamu halaman kosong
  4. Langsung saja klik atau pilih tombol + dibagian kiri bawah
  5. Aplikasi pun akan memberikan kamu beragam pilihan aktivitas, dan klik Drawing untuk melanjutkan
  6. Gambar apa saja sesuai keinginan, dan pastikan agar hasil gambarnya dapat memenuhi seluruh layar

Dalam mengaplikasikan cara cek touchscreen Oppo satu ini, pastikan agar dapat menggambar banyak bentuk. Pastikan agar semua layarnya penuh, guna memastikan bahwa layar memang berfungsi secara normal.

Cara Cek Touchscreen Oppo via Kode Dial Lain

Selain kode dial yang bisa dilakukan dengan metode sebelumnya, kamu pun dapat menggunakan kode dial lain. Menggunakan cara di bawah ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan HP Oppo kamu dan masuk langsung ke menu Panggilan
  2. Berikutnya langsung ketik kode dial di *#899#
  3. Lakukan panggilan menggunakan kode tersebut, dan lakukan pengecekan langsung
  4. Pilih opsi Manual Test
  5. Kemudian pilih lagi opsi TouchScreen pada Tab Device Debugging sebelah kanannya
  6. Jika perintah tersebut sudah dilakukan, maka kamu bisa memilih mode pengujian HandWriting, Verification, serta Touch Screen Auto Test

Jika kamu memilih mode HandWriting, maka kamu dapat mencoret-coret layar secara langsung. Bila memilih mode Verification, maka layar yang berhasil disentuh akan menampilkan titik koordinat. Sedangkan pilihan Touchscreen Autotest, maka sistem akan mendeteksi layar secara otomatis.

Cara Cek Touchscreen Oppo dengan Apps Tambahan

Selain cara di atas yang dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan, maka kamu pun bisa coba aplikasikan metode dan cara lain. Namun harus dilakukan dengan penggunaan aplikasi tambahan, yang bisa kamu dapatkan secara gratis dari Google Play Store. Apa saja aplikasinya?

  1. Display Tester
  2. Multitouch Tester
  3. Touchscreen Test
  4. Screen Test Pro
  5. Touch Screen Test

Merupakan beberapa pilihan aplikasi yang bisa jadi alternatif untuk mengecek layar di HP Oppo yang kini sedang kamu gunakan. Coba pilih salah satu, gunakan aplikasi yang jumlah pengunduhnya banyak dan rating aplikasinya tinggi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek Touchscreen Oppo

Apa Manfaat dan Tujuan Cek Touchscreen Oppo?

Banyak, kamu bisa memastikan bagaimana keadaan sensitivitas dari HP. Melakukan pengecekan pada fungsi HP dan memudahkan perawatan.

Apakah Cek Touchscreen HP Oppo Berbayar?

Tidak, kamu dapat melakukannya dengan gratis dan kapan saja.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.