Cara Cek Typo di Microsoft Word Tanpa Aplikasi

Beranda ยป Cara Cek Typo di Microsoft Word Tanpa Aplikasi

Cara cek typo di Microsoft Word itu cukup mudah. Dengan beberapa cara cek yang sederhana, typo atau kesalahan penulisan bisa dilakukan. Karena itu, harus diperhatikan dengan baik seperti apa sebenarnya cara cek typo di Microsoft Word. Baik secara online maupun offline.

Penulisan yang salah alias typo memang sering terjadi. Kalau bermasalah dengan typo, pengguna word harus paham cara untuk mengatasinya. Ada sejumlah cara cek typo yang dapat dicoba. Ini dia penjelasan mengenai cara untuk mengecek atau memeriksa typo pada Microsoft Word.

Tata Cara Cek Typo di Word Otomatis

Cara cek typo di word otomatis langsung memang banyak dipakai. Tak perlu gunakan aplikasi lain karena bisa langsung menuju ke lembar kerja word. Lalu, seperti apa cara cek typo di Microsoft Word? Berikut ini adalah tata cara cek typo di word secara otomatis dan cepat.

1. Aktifkan Bahasa Indonesia

Kalau mau memeriksan typo, maka harus diaktifkan dulu bahasa Indonesia di word. Untuk menambahkan bahasa Indonesia, langsung datangi file, pilih options, lalu language. Langsung add bahasa Indonesia lalu lakukan download ke situs resmi Microsoft.

2. Atur Proofing Options di Word

Jika sudah menambahkan bahasa Indonesia, langkah berikutnya adalah mengatur proofing di word. Pilih opsi languahe dan klik set as preferred. Buka opsi proofing, centang semua opsi yang muncul, kecuali show readability statistics. Langsung klik OK jika sudah mengaturnya.

3. Cek Typo yang Diberi Tanda Merah

Tunggulah sampai proses pemeriksaan dilakukan. Kalau prosesnya sudah selesai, akan muncul informasi mengenai kata yang typo. Kata dari bahasa Indonesia yang typo akan diberi tanda berupa warna merah. Tinggal mengganti saja kata pada warna merah tersebut.

Cara Mengecek Typo di Word Secara Online

Cara mengecek typo di word secara online pada dasarnya sangat mudah. Dengan cara mengecek typo di word secara online, semuanya akan jadi lancar.  Cara cek typo yang tepat wajib dipahami. Ini dia tata cara mengecek typo di word secara online yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Menggunakan Google Docs

Jika ingin mengecek typo di word secara online, maka gunakanlah Google Docs. Penggunaan Google Docs ini memang disarankan karena bisa memudahkan proses pencarian file yang typo. Berikut ini cara mengecek typo di word secara online pakai Google Docs.

  • Masukkan tulisan di word ke Google Docs
  • Ganti bahasa di Google Docs jadi Bahasa Indonesia
  • Klik File lalu Language kemudian pilih opsi Bahasa Indonesia
  • Pilih Tools dan lanjutkan dengan Spelling and Grammar
  • Centang Show Spelling Sugestion dan Show Spelling Grammar
  • Kata yang bergaris merah adalah bagian yang typo

2. Memanfaatkan Situs Typoonline

Situs Typoonline juga bisa dimanfaatkan juga untuk mengecek typo di word secara online. Pemanfaatan situs tersebut memang sangat disarankan. Banyak yang pakai situs ini untuk betulkan file yang typo. Biar jelas, inilah dia cara mengecek typo di word secara online di situs Typoonline.

  • Akses situs typoonline.com
  • Login ke situs tersebut (opsional)
  • Unggah dokumen word ke situs tersebut
  • Lakukan pemeriksaan sesuai petunjuk
  • Tunggu proses pemeriksaan dimulai
  • File yang diperiksa akan ditunjukkan kesalahannya
  • Jika ada warna merah berarti tulisannya typo

Tips Terhindar dari Typo di Word

Sebenarnya ada tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penulisan typo di lembar kerja word. Semua tips yang ada tak ada salahnya untuk dicoba. Berikut ini beberapa tips supaya terhindar dari masalah typo di word.

1. Aktifkan Fitur Auto Spelling

Aktifkan fitur auto spelling yang ada pada Microsoft Word. Ini adalah tindakan pencegahan yang bisa dilakukan semua pengguna. Kalau selalu aktifkan fitur ini, masalah typo atau salah tulis dalam lembar kerja word akan bisa dicegah. Fitur macam ini memang sangat fungsional.

2. Memahami Penulisan Ejaan Sesuai EYD

Memahami penulisan ejaan yang sesuai EYD itu juga sangat penting. Dengan menulis ejaan yang sudah sesuai EYD, maka tulisan akan rapi. Ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan biar terhindar dari masalah typo pada lembar kerja.

3. Selalu Review Sebelum Cetak

Selalu review sebelum mencetak lembar kerja word itu juga penting. Ini adalah tindakan pencegahan yang sangat bisa diandalkan agar lembar kerja word tidak salah ketika atau salah tulis. Proses melakukan review ini memang benar โ€“ benar penting untuk jaga agar tulisan sesuai terus.

4. Periksa Hasil Typo di Situs Khusus

Memeriksa hasil typo di situs khusus juga bisa menjadi cara pencegahan yang bisa dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan hasil typo pada situs โ€“ situs tertentu, typo akan bisa dicegah dan dihindari. Sehingga, cara ini benar โ€“ benar bisa dilakukan untuk menghindari masalah typo pada tulisan.

FAQ | Cara Cek Typo di Microsoft Word

Bagaimana cara cek typo di word otomatis?

Bisa memakai fitur spelling grammar yang tersedia untuk pemeriksaan typo.

Apakah bisa cek typo di word secara online?

Bisa. Ada situs yang bisa didatangi untuk melakukan pemeriksaan terhadap tulisan typo.

Bisakah cegah masalah typo di word?

Bisa. Dengan mengaktifkan fitur auto correct, masalah typo pada word bisa dicegah.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.