Advertisement

Cara copy sheet Excel dari satu sheet ke sheet lainnya cukup mudah. Termasuk kamu yang ingin meng-copy nya ke file lain tanpa harus ribet dan lama.

Apakah kamu masih memakai cara lama dengan mengklik kata ‘copy’ di bagian klik kanan file Excel? Jika iya, kamu butuh tutorial lengkap bagaimana cara meng-copy sheet dengan cara yang cepat, mudah, dan simple di dalam artikel kali ini.

Langkah-Langkah Copy Sheet Excel Supaya Sama Persis

Cara copy sheet Excel agar sama dan tidak berubah cukup mudah. Kamu tidak perlu melakukan cara manual dengan klik ‘copy’ di file. Semua bisa kamu selesaikan cukup dari file sheet itu sendiri.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka file Excel yang akan kamu copy sheet-nya lebih dulu.
  • Sorot ‘sheet’ di bagian bawah file lalu klik kanan. Selanjutnya di klik kanan tersebut kamu bisa pilih ‘Move or Copy’.
Cara Copy Sheet Excel dari Sheet ke Sheet
  • Selanjutnya akan muncul kotak pilihan ‘Move or Copy’. Jika kamu akan melakukan copy, centang kolom ‘create a copy’ di bagian bawah.
  • Setelah itu pilih menu ‘before sheet’ apakah setelah sheet atau atau sebelum sheet tersebut untuk peletakan copy-nya. Setelah itu bisa langsung kamu klik ‘oke’.
Cara Copy Sheet Excel dari Sheet ke Sheet
  • Hasilnya akan langsung ter-copy sheet yang baru tanpa kamu harus repot-repot melakukan copy seperti biasa.

Cara copy sheet seperti ini lebih menguntungkan karena kamu tidak perlu repot lagi mengedit. Biasanya kalau kamu copy seperti biasa, formatnya akan berubah berantakan dan kamu perlu mengeditnya lagi. Ini adalah cara copy sheet Excel tanpa merubah format.

Cara Copy Sheet Excel ke File Lain

Nah, setelah kamu tahu cara mudah melakukan copy sheet file di dalam satu file, lalu bagaimana kalau misalnya kamu akan melakukan copy tetapi dipindahkan ke file yang berbeda?

Baca juga:  7 Tipe atau Jenis Data Pada Microsoft Excel [Jarang Tahu]

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Cara ini kamu juga tidak perlu pakai model manual ‘copy’ lagi. Kalau kamu pakai ‘copy’ dan ‘paste’ tersebut, sudah pasti hasilnya tidak sama dan kamu bakal repot mengeditnya lagi.

Cara copy sheet Excel ke file lain ini bisa kamu lakukan melalui menu yang ada di ‘Move or Copy’ yang ada di sheet tadi. Langkah juga praktis dan sangat mudah.

Berikut langkah-langkah cara copy sheet Excel ke file lain:

  • Buka file Excel lain yang ingin kamu jadikan tempat memindahkan file yang sedang kamu copy sekarang.
  • Buka lagi kotak dialog ‘Move or Copy’ yang kamu buka tadi di file yang akan kamu copy, lalu pilih ‘new book’ untuk copy ke file lain.
Cara Copy Sheet Excel dari Sheet ke Sheet
  • Pilih book yang kamu inginkan lalu tekan ‘oke’.
  • Silakan cek file baru yang sudah ter-copy sama persis di file yang kamu inginkan. Tidak perlu repot copy dan edit. Secara otomatis file tersebut sudah ter-copy di file baru.

Cara Copy Sheet Excel ke File Word yang Rapi

Hal selanjutnya yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara copy sheet Excel ke Word yang rapi dan tidak berantakan.

Lihat Juga : Cara Menghilangkan Spasi di Excel

Untuk kali ini sebagai tutorialnya yang akan kita gunakan sebagai contoh adalah sebuah tabel di Excel yang akan kita pindahkan ke Word agar tetap rapi dan tidak berantakan. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka file Word yang ingin kamu isi dengan file tabel dari Excel. Lalu pilih ‘insert
    Advertisement
    ’ dan ambil menu ‘tabel’ lalu ‘Excel Spreadsheet’.
Baca juga:  3 Cara Menghilangkan Rumus di Excel dalam Sekejap
Cara Copy Sheet Excel dari Sheet ke Sheet
  • Setelah itu buka file tabel Excel yang akan kamu copy, blok dan ambil bagian pojok kiri atas, klik kanan, lalu pilih ‘copy’.
Cara Copy Sheet Excel dari Sheet ke Sheet
  • Buka lagi file Word yang akan kamu jadikan tempat meng-copy, lalu pilih file Excel Spreadsheet yang terbuka tadi, ambil bagian pojok kiri atasnya lalu klik ‘paste
  • Sekarang file tabel sudah tersalin di Word kamu tetapi belum rapi. Untuk merapikannya bisa kamu tarik ke kanan atau kiri hingga semua file bisa terbaca.

Nah, cukup mudah bukan untuk cara copy sheet Excel ke berbagai bentuk? Kamu tidak perlu repot pakai cara manual ‘copy’ seperti biasa. Cara ini akan mempermudah kamu untuk tidak lagi melakukan edit setelah file kamu salin. Lebih cepat, mudah, dan pastinya juga rapi. Selamat mencoba!

Advertisement