Cara Download Excel di Laptop Mudah dan Dijamin Legal

Beranda » Cara Download Excel di Laptop Mudah dan Dijamin Legal

Mengenai bagaimana cara download Excel di laptop tentu saja sangat mudah, sederhana juga tidak ribet untuk dilakukan.

Namun penting untuk diketahui, bahwa pengunduhan Excel tidak bisa dilakukan secara terpisah. Jadi kamu harus mendownload aplikasi Ms. Office, atau Microsoft Office. Sebab Excel sudah menjadi salah satu bagian dari Ms. Office yang tidak bisa dipisahkan.

Cara Download Excel di Laptop Versi Trial Selama 1 Bulan

Sesuai dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Microsoft Office lewat layanan Office 365. Telah memberikan kesempatan untuk dapat mencoba softwarenya secara penuh. Program tersebut bisa kamu akses dengan versi trialnya, tersedia gratis selama 1 bulan.

Paket unduhannya dipastikan lengkap, sistem Office 365 sendiri sudah mencakup versi Office 2016. Yang dijamin lebih dari cukup untuk dapat membantu pengguna sebagai penunjang pekerjaannya.

Tidak hanya itu saja, Office 365 ini ternyata menjadi satu-satunya versi Office yang tersedia di dalam versi trial gratis. Pun juga legal. Jika  ingin menggunakannya, serta ingin menggunakan fitur dari Excel secara gratis. Juga legal, bisa langsung simak pembahasan berikutnya ya.

1. Daftar Terlebih Dahulu

Agar bisa mengunduh serta menggunakan versi trial dari Ms. Office 365, sebenarnya tidak rumit. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui halaman website Microsoft 365 secara resmi.

Namun sebelum melakukannya, pastikan agar kamu memang sudah memiliki kartu kredit sebelumnya. Sebab untuk mendaftarkan diri, kamu diharuskan untuk menginput informasi kartu kredit sah. Juga aktif.

Tidak perlu khawatir harus mengeluarkan modal atau biaya besar, sebab  tidak akan dikenakan biaya. Hingga  melanjutkan penggunaan Excel di permulaan bulan kedua. Simplenya, jika masa trial habis. Maka penggunaan biaya akan dikenakan.

Selain itu, kamu pun secara mudah bisa melakukan pembatalan sebelum akhir bulan pertama. Hal ini berlaku jika kamu tidak puas dengan fitur yang ditawarkan.

2. Masuk Menggunakan Akun

Setelah prosedur tersebut dilakukan, maka kamu pun cukup masuk ke halaman yang tersedia menggunakan akun Microsoft . Jika akun belum dibuat, pembuatan akun bisa menggunakan alamat email milik Microsoft. Mulai dari Outlook.com, live.com, atau bahkan hotmail.

Hal tersebut menjadi syarat wajib, karena memang jika tidak masuk dan daftar menggunakan akun Microsoft. Maka mengaplikasikan cara download Excel di laptop tidak akan pernah bisa dilakukan.

Jadi untuk mencoba versi trialnya pun  tetap harus membutuhkan akun, serta akun dibuat menggunakan data pribadi.

3. Langsung Lakukan Download

Karena akun sudah dibuat, kemudian informasi kartu kredit sudah diinput, dan proses Login sudah dilakukan. Maka sekarang  bisa melakukan prosedur download berkas pemasangan softwarenya.

Jadi nanti kamu akan mengakses sebuah tautan, kemudian digunakan untuk mengunduh berkas pemasangan Office 365. Berkas tersebut tidak berukuran besar, terbilang sangat kecil. Serta pengunduhannya hanya memakan waktu beberapa sat saja.

Namun waktu pengunduhan juga disesuaikan dengan kecepatan koneksi internet, akan semakin cepat dan singkat jika kecepatan jaringannya kencang.

Di samping hal tersebut, kamu tidak perlu kaget dengan ukuran aplikasi yang kecil. Karena proses pengunduhan, sebenarnya akan berlangsung saat aplikasi atau berkas dijalankan.

4. Buka dan Jalankan File Microsoft Office 365

Pastikan langkah download pada poin ketiga sudah dilakukan dengan benar, dan selanjutnya kamu tinggal menjalankan berkasnya. Jika berkas sudah diunduh, maka proses selanjutnya tinggal membuka aplikasinya.

Yakni proses ini pun menjadi tahapan proses pengunduhan, sekaligus proses pemasangan yang sebenarnya.

Sebelum proses pengunduhan berlangsung, kamu sebagai calon pengguna Excel akan diminta untuk memasukkan lagi akun Microsoft yang sebelumnya sudah digunakan.

Penting untuk diketahui, bahwa tidak semua program yang ditawarkan oleh Microsoft Office 2016 akan terunduh. Mulai dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point, hingga Outlook.

Dengan hal tersebut, maka pastikan agar kamu dapat memilih program apa saja yang akan dipasang secara benar. Dalam hal ini, maka kamu wajib memilih program Microsoft Excel untuk didownload dan dipasang secara tepat.

5. Jangan Download Semua Program Microsoft

Ya, ternyata sebelum proses pengunduhan berlangsung. Sebelumnya kamu akan diminta untuk memilih beberapa tawaran produk yang disediakan. Pun siap kamu pasang.

Sebagai tambahan informasi saja, bahwa kamu akan diberikan pilihan untuk tidak mengunduh semua program tersedia. Sebab, dipastikan tidak akan semua program dipakai. Jika dipasang semua, jelas akan memakan ruang penyimpanan cukup besar.

Agar dapat menghemat waktu, pun juga ruang penyimpanan yang ada di laptop kamu. Maka kamu dapat melakukan pembatalan pilihan pada beberapa program yang tidak ingin digunakan.

Namun tentang, jika sewaktu-waktu membutuhkan program tersebut. Kamu bisa melakukan pemasangan kembali secara mudah, serta sederhana.

6. Download Microsoft Office dan Jaringan Harus Kencang

Proses pemasangan atau installasi ternyata akan memakan waktu beberapa saat, bahkan bisa dibilang lama. Terutama jika koneksi internet yang terhubung cenderung lambat. Jadi selama proses mengaplikasikan cara download Excel di laptop, usahakan jaringan internetnya kencang ya.

Jika memang koneksi internet terhubung cukup lambat, boleh gunakan aplikasi Download Manager, untuk dapat mempermudah dalam mengatur file hasil unduhan. Sehingga proses download bisa lebih singkat, lebih cepat.

7. Jalankan Program Office yang Terpasang

Jika setelah beberapa saat ternyata semua download sudah selesai, maka program tersebut secara otomatis akan melakukan pemasangan terhadap semua program Microsoft Office yang sudah dipilih.

Jika kamu menggunakan OS Windows 10 lebih, kamu tidak perlu khawatir jika tidak melihat hadirnya program office di layar desktop. Karena aplikasi sudah bisa langsung ditemukan di menu Start.

Jika semua prosesnya selesai, maka kamu pun sudah bisa menggunakan fitur program Microsoft Office selama masa percobaan. Yakni 1 bulan. Dan hal tersebut juga berlaku untuk aplikasi Excel yang ingin kamu gunakan.

Nah, jadi bisa dilihat dan dipahami secara jelas bukan? Bahwa secara gamblang, aplikasi Excel tidak bisa di download secara terpisah. Karena Excel sudah satu paket dengan aplikasi Microsoft Office.

Dengan mengunduh Microsoft Office, jika memilih program Excel untuk dipasang. Maka secara otomatis, kamu pun akan bisa langsung menjalankan program aplikasi Microsoft Office Excel.

Sebab, pada dasarnya Microsoft Office ini memiliki beberapa program di dalamnya. Apa saja?

  1. Ms. Outlook
  2. One Drie
  3. Ms. Word
  4. Ms. Excel
  5. Ms. Power Point
  6. Ms. One Note
  7. Skype
  8. Ms Access
  9. Ms. Publisher
  10. Ms, Sharepoint
  11. Ms. Teams
  12. Ms. Yammer

Adalah beberapa program yang memang disediakan oleh Microsoft. Namun jika semua diunduh dan dipilih untuk dipasang, maka proses pengunduhan dan pemasangan akan memakan waktu sangat banyak.

Pada umumnya, Microsoft Office yang digunakan untuk membantu pekerjaan. Hanya Ms. Word, Power Point, Exel, hingga Outlook saja.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Download Excel di Laptop

Apakah untuk Download Excel di Laptop Harus Bayar?

Tidak, untuk trial kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Apakah untuk Menjalankan Excel Harus Menggunakan Koneksi Internet?

Untuk beberapa tools dan fitur, biasanya ada yang membutuhkan jaringan internet.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.