9 Cara Download Microsoft Word di Laptop [Online]

Tentang bagaimana cara download Microsoft Word di laptop ternyata cukup mudah, kamu bisa melakukannya secara gampang dan terjamin legal.

Namun penting untuk diketahui terlebih dahulu, bahwa pengunduhan Ms. Word tidak bisa dilakukan terpisah. Kamu baru bisa melakukannya jika pengunduhan Ms. Office juga dilakukan. Jadi memang Ms. Word ini merupakan salah satu produk resmi milik Microsoft Office.

Langkah dan Cara Download Microsoft Word di Laptop yang Legal

Microsoft Word sendiri merupakan salah satu aplikasi, atau software yang digunakan untuk pengolahan kata. Paling populer, baik di Indonesia juga dunia.

Untuk bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Ms. Word di laptop. Kamu harus membeli atau berlangganan paket Office dari Microsoft. Paket ini pun mencakup banyak aplikasi untuk mendukung produktivitas. Mulai dari Word, Excel, PowerPoint hingga aplikasi lainnya. Nah, bagaimana caranya?

1. Mengunjungi Website Resmi Microsoft

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs atau website resminya. Buka website seperti biasa, dengan menggunakan Google Chrome. Atau bisa juga menggunakan website lain, seperti Mozilla Firefox, atau bahkan Microsoft Edge.

Langsung ketik alamat website menggunakan address bar. Ketik alamat situs Microsoft Office di link https://www.microsoft.com/office. Pastikan alamat tersebut diketik dengan benar, agar halaman website bisa terbuka.

Jika halaman website tersebut sudah diketik dan diletakkan di address bar, maka klik langsung Enter. Bila tidak ingin menekan tombol enter, bisa menggunakan opsi tanda panah ke arah kanan. Yang biasanya sering muncul di samping address bar.

2. Tentukan Paket yang Diinginkan

Jika sudah masuk di halaman website tersebut, maka kamu akan otomatis masuk di halaman utama Microsoft Officenya.

Nanti tinggal memilih paket, dan di halaman ini kamu akan melihat berbagai pilihan paket Office. Mulai dari Microsoft Office 365 (Microsoft 365) hingga Microsoft 2021. Pilih dan tentukan setiap paket dengan cermat dan baik.

Pahami terlebih dahulu masing-masing fiturnya, klik pada setiap opsi paket untuk membaca deskripsi dan fitur-fitur yang dihadirkan pada masing-masing paket. Kemudian pastikan agar kamu dapat memahami dengan jelas apa yang ditawarkan di dalam setiap paketnya.

3. Pilih Opsi Pembelian Atau Langganan

Setelah kamu memilih paket yang diinginkan, maka akan diarahkan langsung ke halaman detail informasi lebih lanjut mengenai paketnya.

Tentukan opsi pembelian atau berlangganan. Dan di halaman ini kamu dapat melihat opsi untuk membeli paket secara langsung, bahkan berlangganan. Jika memilih berlangganan, maka dapat memilih antara opsi bulanan atau bahkan tahunan. Tergantung preferensi dan kebutuhan.

4. Memilih Metode Pembayaran

Pada opsi pilihan metode pembayaran, maka kamu dapat memilih paket serta opsi berlangganan. Kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran.

Pilih metode bayar yang disediakan. Mulai dari menggunakan Kartu Kredit, kemudian PayPal, atau beberapa jenis opsi pembayaran lain yang disediakan.

Jika memilih kartu kredit atau metode pembayaran lain, langsung masukkan informasi pembayaran yang dibutuhkan. Mulai dari nomor kartu kreditnya, tanggal kadaluarsanya, hingga kode keamanan.

Selanjutnya, masukkan detail pembayaran dengan sistem dan langkah yang muncul pada layar. Sesuai dengan jenis metode bayar dipilih, dan pastikan agar kamu dapat memasukkan informasi secara benar serta sesuai.

5. Buat Akun Microsoft

Jika kamu belum memiliki akun Microsoft, maka buat terlebih dahulu dan jika sudah ada bisa menggunakan akun Microsoft lama. Namun jika belum, bisa langsung ikuti beberapa prosedur di bawah ini.

  • Pilih keterangan Buat Akun atau keterangan Create Account
  • Isi langsung informasi yang diperlukan, mulai dari nama depan. Nama belakang, alamat email yang digunakan untuk akun Microsoft dan input kata sandi
  • Ikuti petunjuk dan prosedur yang diberikan, kemudian selesaikan proses pembuatan akun secara baik dan benar.

Namun bagaimana jika akun Microsoft ternyata sudah dimiliki?

  • Pertama, langsung klik opsi Masuk atau Sign In
  • Masukkan alamat email serta kata sandi terkait dan yang sudah terhubung dengan akun Microsoft
  • Lanjutkan ke prosedur selanjutnya, hingga akun berhasil masuk ke akun yang dimaksud.

6. Download dan Install Aplikasi

Pada halaman download, setelah proses pembayaran dan sudah masuk pada akun. Maka kamu pun otomatis akan diarahkan ke halaman unduhan.

Pada halaman download, kamu akan melihat link atau tautan Download. Atau tombol sejenis. Terkait dengan produk Office yang sudah dibeli atau langganan. Klik tautan tersebut untuk mengunduh installer Microsoft Office ke perangkat laptop yang akan kamu gunakan.

7. Jalankan Program Installer

Pastikan file mentahan aplikasi Microsoft Office sudah terunduh dengan baik, dan jika ingin proses download berjalan cepat. Pastikan jaringannya kencang.

Dan ketika proses downloadnya selesai, temukan file installer Office yang sudah diunduh. File atau data tersebut biasanya akan tersimpan pada Folder Unduhan di perangkat.

Setelah file installernya ditemukan, double klik pada file installer untuk memulai proses pemasangan atau instalasi. Berikutnya sistem pun akan membuka jendela instalasi Office secara langsung.

Ikuti Petunjuk Instalasi sesuai kebutuhan. Kamu akan diberikan petunjuk untuk mengatur preferensi instalasi. Termasuk dengan memilih bahasa, lokasi pemasangan, hingga komponen Office yang ingin diinstall. Yakni Ms. Word.

Jika pengaturan preferensi installasi sudah dipilih. Tinggal klik Install atau opsi serupa untuk memulai proses pemasangan.

Tunggu terlebih dahulu beberapa saat, sambil sistem laptop memasang aplikasi Microsoft Office. Proses ini memang memerlukan waktu, tergantung dari performa perangkat hingga koneksi internetnya.

8. Masukkan Informasi Akun

Jika proses install sudah selesai dan selama menjalankan aplikasi untuk pertama kali, maka kamu akan otomatis diminta memasukkan informasi akun Microsoft.

Masukkan langsung alamat email serta kata sandi seperti biasa, saat pembelian paket dilakukan. Kemudian masukkan informasi akun Microsoft yang akan menghubungkan dengan lisensi. Hal ini memungkinkan kamu dapat mengakses fitur secara penuh.

9. Mulai Gunakan Ms. Word

Jika ternyata keterangan install sudah berhasil dan nampak, maka kamu tinggal memasukkan informasi akun Microsoft. Berikutnya buka aplikasi menggunakan menu Start atau menggunakan layar Program.

Penting untuk jadi catatan, bahwa ketika aplikasi Ms. Word dibuka untuk pertama kali. Maka akan diminta untuk mengaktifkan lisensi. Jika diminta, cukup masukkan akun Microsoft terkait dengan pembelian atau langganan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Download Microsoft Word di Laptop

Apa Perbedaan Antara Office 365 dan Office 2021?

Untuk Office 365 merupakan layanan berlangganan bulanan hingga tahunan. Bahkan mencakup beragam aplikasi lain, serta sistem penyimpanan cloud sampai fitur kolaborasi tambahan.

Sedangkan untuk Office 2021, tidak berlangganan dari aplikasi Office seperti Word dan sebagainya. Juga tanpa ada fitur langganan atau penyimpanan Cloud.

Apakah Menggunakan Ms. Word Bisa Didapatkan Gratis dan Tetap Legal?

Bisa, mulai dari mendapatkannya dari Microsoft Online. Mendapatkan layanan dari kampus atau sekolah, dapatkan free trial dari Microsoft Office 365.

Tinggalkan komentar