Cara Enter di Excel Mac Agar Tidak Berpindah Cell

Beranda » Cara Enter di Excel Mac Agar Tidak Berpindah Cell
Advertisement

Mengenai cara Enter di Excel Mac ternyata cukup sederhana, kamu hanya perlu memahami dan mempraktikannya secara benar. Serta tepat.

Karena memang ketika melakukan Enter di Excel di dalam satu cell, maka bisa langsung pindah ke cell lain. Namun di dalam kesempatan kali ini, kamu bisa melakukan Enter dengan hanya satu cell saja tanpa berpindah.

Cara Enter di Excel Mac Menggunakan Shortcut

Beberapa kali mencoba menggunakan tombol keyboard Enter dan tidak membuat dua baris di dalam satu cell. Dan bahkan cenderung berganti atau berpindah ke cell lain. Hal tersebut sering kali dialami oleh para pengguna Excel.

Wajar, karena dengan menekan tombol enter secara default atau langsung. Memang diperuntukkan untuk membuat kamu pindah ke cell lain. Dan hal ini juga berlaku ketika kamu sebagai pengguna Ms. Excel.

Agar Enter dapat membuat dua baris kalimat di dalam satu cell. Maka kamu membutuhkan kombinasi tombol, atau biasa juga disebut dengan tombol shortcut. Namun tombolnya memang bisa berbeda, begitu juga dengan ketika menggunakan Windows atau MacBook.

Jika kamu pengguna Mac, maka tombol kombinasi keyboard yang digunakan adalah Contol+Option+Enter. Untuk lebih lengkapnya lagi bagaimana, yuk langsung simak langkahnya di bawah ini sampai selesai.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Ms. Excel seperti biasa di MacBook kamu
  2. Lalu pastikan untuk langsung meletakkan kursor di cell yang ingin diisikan datanya
  3. Tuliskan terlebih dahulu data, teks, angka, atau kalimat di baris pertama
  4. Tekan langsung kombinasi atau shortcut Control+Option+Enter secara bersamaan
  5. Lakukan hal tersebut sebanyak yang kamu butuhkan, jika membutuhkan dua kali enter. Maka lakukan perintah tersebut sebanyak dua kali juga
  6. Tuliskan data atau kalimat secara langsung di baris kedua
  7. Jika sudah selesai pengisian data di cell tersebut, tinggal langsung tekan tombol enter
  8. Dengan perintah tersebut, maka cell akan langsung beralih ke cell yang berada di bawahnya.

Dari perintah dan langkah sebelumnya, pastikan agar kamu dapat menekan tombolnya secara bersamaan. Karena jika tidak, maka sistem di Excel Mac akan otomatis membuat cell baru. Atau berpindah ke cell lain.

Cara Enter di Excel Mac Menggunakan Rumus

Selain menggunakan tombol kombinasi atau shortcut dari keyboard, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Rumus atau fungsi yang ada di dalamnya. Untuk lengkapnya bagaimana, yuk langsung simak pembahasan selanjutnya sampai selesai.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu lembar kerja Ms. Excel yang kosong atau boleh juga membuka data yang sudah terisi dokumen
  2. Berikutnya langsung arahkan kursor pada cell yang diinginkan untuk Enter. Baik itu agar tidak berpindah ke cell lain, atau karena memang ingin membuat dua baris di dalam cellnya
  3. Selanjutnya tinggal isi cell tadi dengan menggunakan rumus “=CHAR(10)”
  4. Bila kamu sudah mengisi menggunakan rumus tersebut, bisa tekan langsung Enter pada perangkatnya.
  5. Advertisement

Nah, itulah bagaimana cara enter di Excel Mac yang dapat dilakukan dengan menggunakan rumus. Pastikan rumus dapat dibuat dan ditulis secara baik, agar keinginan kamu untuk enter di dalam satu cell. Bisa dilakukan dengan baik.

Cara Enter di Excel Mac dengan Tools Fitur Wrap Text

Sebelum mengaplikasikan cara ini, penting untuk diketahui dan dipahami terlebih dahulu. Bahwa pada dasarnya, langkah ini tidak otomatis membuat barisan baru. Namun Fungsi Wrap Text ini adalah membungkus dan membuat teks bisa sesuai dengan lebar dari cellnya.

Jika misalnya kamu memiliki data, atau bahkan kalimat panjang di dalam cell yang melebar ke cell lain. Maka tools Wrap Text akan membuatnya memanjang ke bawah, sesuai dengan lebar kolom. Dan memungkinkan teksnya menjadi beberapa baris.

Agar dapat mengaplikasikan cara ini di Mac yang kamu gunakan, yuk langsung simak pembahasan dan uraian lengkapnya di bawah.

  1. Pertama, langsung posisikan dan tempatkan kursor pada cell yang diinginkan
  2. Langsung tuliskan atau input data teks secara keseluruhan, jika ternyata melebihi lebar cell. Biarkan dan abaikan saja
  3. Jika sudah perintah tersebut dilakukan, klik cell yang ada teksnya secara langsung
  4. Bila sudah teksnya di klik, atau bahkan di blok. Langsung buka tab menu Home dibagian atas halaman aplikasi
  5. Di Grup tab Menu Alignment, maka bisa memilih Wrap Text yang menggunakan ikon dua baris terputus.

Nah, dengan beberapa jenis panduan di atas. Maka tulisan atau data kamu di cell tidak lagi berantakan, bisa rapi dan sesuai dengan keinginan.

Seberapa Kompatibel Excel Mac?

Ya, ternyata Excel tidak hanya sekadar bisa dijalankan dan diaplikasikan di Windows saja. Namun juga di MacBook, namun seberapa kompatibel Excel dengan perangkat MacBook?

Ternyata pengguna Mac bisa dengan mudah membuat formulir dan menautkan sumber data yang heterogen menggunakan Excel.

Baik pemula atau bahkan yang sudah profesional, Excel Mac menyediakan perangkat alat canggih agar dapat memenuhi kebutuhan kamu. Termasuk kemampuan membuat formulir pengguna. Entri data, hingga analisis data.

Salah satu keuntungan menggunakan Excel di Mac, adalah karakter ASCII yang diperluas. Sehingga memungkinkan pengguna dapat bekerja dengan simbol hingga karakter yang lebih efisien.

Tambahannya, Mac juga menawarkan fitur tabel pivot sumber. Membuat link antar data, hingga beberapa hal lainnya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Enter di Excel Mac

Apakah Enter di Mac Membutuhkan Jaringan?

Tidak harus.

Apakah Semua Panduan di Atas Berlaku untuk Semua Versi Mac?

Ya, jelas berlaku.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.