Cara Freeze Excel untuk Membekukan Baris dan Kolom Supaya Tidak Bergerak

Tutorial cara freeze excel untuk membekukan baris dan kolom supaya tidak bergerak itu bisa dilakukan dengan mudah. Dengan cara – cara sederhana, proses pembekuan baris dan kolom bisa berlangsung dengan sangat mudah.

Cara untuk freeze baris dan kolom bisa pakai fitur freeze panes di excel. Fitur tersebut dimunculkan untuk bantu para pengguna yang ingin melakukan freeze pada baris dan kolom di excel. Berikut ini adalah cara freeze excel untuk membekukan baris dan kolom supaya tidak bergerak.

Cara Freeze Baris dan Kolom di Excel

Cara untuk freeze atau bekukan baris dan kolom di excel itu mudah dilakukan. Hanya dengan beberapa tahap sederhana saja, proses freeze baris dan kolom di excel bisa dilakukan langsung. Ini dia panduan untuk freeze atau bekukan baris dan kolom di excel.

1. Cara Freeze Baris Pertama

Biasanya, baris pertama pada sebuah data excel itu jadi bagian yang sering dibekukan. Oleh sebab itu, ketahui bagaimana cara freeze baris pertama lewat excel. Berikut ini panduan freeze baris pertama menggunakan excel pakai mode freeze panes.

  • Pastikan baris pertama yang mau dibekukan muncul di worksheet
  • Klik tab view kemudian group window dan terakhir pilih freeze panes
  • Pada menu freeze panes langsung pilih freeze top row
  • Proses freeze baris pertama selesai dilakukan

2. Cara Freeze Kolom Pertama

Selanjutnya pahamilah bagaimana cara freeze kolom pertama di excel. Proses freeze kolom pertama sebenarnya tak terlalu berbeda jauh dengan pembekuan baris. Berikut ini panduan freeze kolom pertama pada sebuah laporan excel.

  • Pastikan kolom yang akan dibekukan berada pada paling kiri
  • Pilih tab view kemudian group window dan lanjutkan dengan klik freeze panes
  • Pada menu freeze panes pilih opsi freeze first column
  • Kolom pertama pun sudha berhasil dibekukan

3. Cara Freeze Baris dan Kolom Bersamaan

Cara untuk freeze kolom dan baris secara bersamaan juga perlu dimengerti. Prosesnya juga sangat mudah. Hanya perlu beberapa langkah sederhana saja. Berikut ini adalah tata cara freeze baris dan kolom secara bersamaan.

  • Seleksi dulu sel baris dan kolom yang mau dibekukan bersamaan
  • Pilih tab view kemudian group window dan langsung klik freeze panes
  • Setelahnya, baris dan kolom yang diseleksi akan membeku

Kenapa Perlu Membekukan Baris dan Kolom di Excel?

Tentunya ada alasan mengenai baris dan kolom di excel itu perlu dibekukan. Pembekuan ini tentu punya maksud khusus dan jelas. Karena itu, perhatikan proses pembekuan dengan baik. Apa saja sebenarnya hal yang jadi alasan untuk membekukan baris dan kolom di excel?

1. Ada Data Penting yang Perlu Terlihat Terus

Menunjukkan data penting menjadi alasan kenapa perlu membekukan baris dan kolom di excel. Ini adalah salah satu hal yang penting supaya laporan yang berisikan baris dan kolom mendapatkan informasi lebih. Jangan sampai data penting itu tak terlihat ketika dilakukan scroll down.

2. Supaya Data Tak Diubah – ubah

Pembekuan itu juga bertujuan agar data yang ada pada kolom dan baris tidak diubah – ubah lagi. Pembuat laporan ingin membekukan data supaya orang lain atau tangan jahil tak mengutak atik data yang sudah dibuat pada sebuah laporan.

3. Memberikan Penekanan terhadap Data yang Penting

Pemberian penekanan terhadap data penting itu juga bisa dilakukan dengan membekukan kolom dan baris. Saat ingin memberikan penekanan data tertentu, melakukan freeze atau pembekuan terhadap data yang ada di dalamnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Freeze Baris dan Kolom

Dalam proses freeze atau bekukan baris dan kolom, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dengan benar. Segala macam hal tersebut harus diperhatikan secara baik juga. Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan ketika mau freeze baris dan kolom pada excel.

1. Formula untuk Membekukan Baris dan Kolom

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah formula yang mau digunakan. Formula untuk bekukan baris dan kolom ini memang perlu dapatkan atensi khusus.

2. Jumlah Baris dan Kolom yang Dibekukan

Pahami juga bahwa jumlah baris dan kolom yang dibekukan juga harus dapatkan perhatian lebih juga. Jumlah baris dan kolom yang bisa dibekukan memang sangat banyak. Tidak ada batasan sama sekali. Namun perlu diperhatikan jumlah baris dan kolom yang dibekukan.

3. Memahami Cara Unfreeze Baris dan Kolom

Pahami cara unfreeze baris dan kolom juga dengan baik. Kalau paham cara mengunci, pahamilah juga cara membuka kuncinya. Hal ini perlu diperhatikan oleh orang – orang yang ingin melakukan pembekuan terhadap baris dan kolom.

4. Pastikan Urutan Langkahnya Tepat

Selalu perhatikan urutan langkah dengan baik dan benar. Urutannya harus tepat dari awal sampai akhir. Kalau tak dilakukan sesuai dengan urutan, masalah bisa terjadi. Karena itu, mulailah semuanya dari awal sampai akhir. Lewat urutan langkah yang tepat, semuanya akan jadi lancar.

FAQ | Tutorial Cara Freeze Excel untuk Membekukan Baris dan Kolom

Apakah ada formula atau rumus untuk bekukan baris dan kolom?

Proses pembekuan bisa dilakukan dengan pengaturan di menu home di atas.

Mengapa perlu bekukan baris dan kolom di excel?

Untuk memberikan perlindungan data yang baik pada kolom dan baris.

Hal apa yang terjadi jika baris dan kolom dibekukan?

Data pada kolom dan baris di excel tak akan bisa diubah atau diganti ketika dibekukan.

Tinggalkan komentar