Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone Aman dan Mudah

Beranda ยป Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone Aman dan Mudah
Advertisement

Ada sejumlah cara hapus data aplikasi di iPhone yang bisa diandalkan. Dengan proses penghapusan yang sesuai, segalanya akan berjalan dengan amat lancar. Karena itu, selalu perhatikan bagaimana cara melakukan penghapusan data aplikasi di iPhone.

Data di sejumlah aplikasi pada iPhone memang perlu dihapus untuk memberikan perlindungan lebih. Sebab, data di aplikasi tersebut bisa menjadi sampah yang bisa membuat iPhone bermasalah. Berikut ini penjelasan tentang penghapusan data aplikasi di iPhone.

Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone

Cara menghapus data aplikasi di iPhone sebenarnya cukup mudah. Dengan beberapa langkah sederhana saja, penghapusan bisa langsung dilakukan. Karenanya, cermati terus bagaimana cara hapus data aplikasi di iPhone. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Cara Hapus iPhone Secara Manual

Penghapusan iPhone secara manual itu bisa dilakukan dengan manual. Pengguna bisa mendatangi opsi pengaturan untuk melakukan penghapusan data aplikasi. Berikut ini tata cara penghapusan iPhone secara manual.

  • Masuk ke menu pengaturan atau setting di iPhone
  • Pilih opsi menu umum atau general
  • Datangi opsi penyimpanan iPhone
  • Pilih aplikasi yang mau dihapus datanya
  • Pilih setting di pojok kanan bawah
  • Pilih penyimpanan dan data
  • Pilih data yang mau dihapus
  • Lakukan penghapusan

2. Cara Hapus Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara menghapus lewat aplikasi cleaner juga bisa menjadi opsi yang bisa dicoba. Ini adalah cara alternatif yang bisa digunakan untuk menghapus data aplikasi. Ini dia beberapa cara melakukan penghapusan memakai aplikasi cleaner.

  • Download dan install aplikasi Cleaner
  • Jalankan aplikasi Cleaner di iPhone
  • Pilih opsi auto cleaner untuk melakukan penghapusan
  • Untuk hapus secara manual buka aplikasi satu per satu
  • Lakukan pembersihan hingga selesai

3. Cara Hapus Menggunakan Safari

Menghapus data aplikasi juga bisa menggunakan Safari yang merupakan app bawaan dari iPhone. Penggunaan aplikasi Safari ini juga sangat disarankan karena mudah dan cepat. Ini dia cara hapus data aplikasi iPhone pakai Safari.

  • Buka setting atau pengaturan di iPhone
  • Pilih opsi Safari
  • Pilih opsi clear history and website data
  • Konfirmasi penghapusan
  • Data aplikasi akan terhapus langsung

Tips Hapus Data Aplikasi di iPhone

Cara hapus data aplikasi di iPhone sangat mudah. Dengan sejumlah cara sederhana saja, penghapusan bisa dilakukan secara lancar. Karenanya, harus ada perhatian khusus terhadap cara menghapus data aplikasi di iPhone. Berikut ini beberapa tips yang bisa diandalkan.

1. Hapus Rutin Tiap Seminggu Sekali

Tips menghapus data apalikasi yang pertama adalah lakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali. Melalui penghapusan secara rutin, pengguna akan dapatkan iPhone yang lebih prima performanya.

2. Pilih File yang Tepat untuk Dihapus

Selalu pastikan file yang dihapus itu selalu tepat. Jangan sampai salah atau keliru dlam melakukan penghapusan file. Cermati dan pastikan dulu bahwa data aplikasi yang dihapus itu memang sesuai. Jangan sampai yang dihapus justru adalah data penting pada iPhone.

Advertisement

3. Pasang Aplikasi Cleaner Terpercaya

Menggunakan aplikasi cleaner yang terpercaya juga bisa diandalkan oleh para pengguna. Kalau memasang aplikasi cleaner yang memang bisa diandalkan, semuanya akan berlangsung dengan lebih lancar. Lewat aplikasi cleaner yang bagus, proses penghapusan data akan jadi lebih mudah.

4. Hapus Data Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cobalah untuk menghapus data aplikasi yang jarang digunakan. Ini adalah tips penting juga dalam penghapusan aplikasi di iPhone. Kalau fokus pada aplikasi yang jarang dipakai, semuanya akan jadi lancar. Tips ini akan membuat ruang penyimpanan lebih lega sehingga iPhone tidak lemot.

Kenapa Harus Rutin Hapus Data Aplikasi di iPhone?

Ada sejumlah alasan kenapa harus rutin hapus data aplikasi di iPhone. Dengan rutin hapus data, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Jadi, pahami terus kenapa harus rutin hapus data aplikasi di iPhone. Berikut ini beberapa penjelasannya.

1. Agar Memori Internal Tetap Lega

Salah satu alasan kenapa harus selalu rutin hapus data aplikasi di iPhone adalah biar memori internal tetap lega. Memori internal yang lega tersebut akan memberikan keleluasaan kepada banyak pengguna. Saat ada memori internal yang terjaga

2. Biar Tidak Ada Virus di iPhone

Alasan berikutnya adalah biar tidak ada virus di iPhone. Menjaga agar iPhone tak terkena virus tambahan itu memang penting. Sehingga, perhatikan terus rutinitas hapus aplikasi di iPhone. Menghindari virus memang harus dilakukan agar iPhone bisa digunakan secara lancar.

3. Supaya iPhone Tak Lemot

Penghapusan data secara berkala juga bisa bermanfaat agar iPhone tak lemot. Menjaga iPhone supaya tak lemot itu juga sangat diperlukan para pengguna agar semuanya lancar. Menjaga agar iPhone tak lemot itu memang penting buat para pengguna.

4. Agar iPhone Bebas dari Sampah

Alasan terakhir kenapa harus rajin hapus data aplikasi di iPhone adalah biar terbebas dari sampah. Masalah sampah ini bisa berakibat fatal. Sehingga, jangan sampai terjadi iPhone yang bermasalah dengan sampah file yang terlalu banyak.

FAQ | Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone

Apakah wajib untuk hapus data aplikasi yang ada di Iphone?

Penghapusan data aplikasi sebaiknya dilakukan secara rutin biar iPhone tetap sehat.

Apa yang akan terjadi jika data aplikasi di Iphone tak dihapus?

Akan ada penumpukan file sampah yang bisa ganggu kinerja dari iPhone.

Apakah data aplikasi yang dibiarkan dan tak dihapus bisa merusak iPhone?

Kalau dibiarkan terus, maka iPhone bisa lemot hingga rusak sepenuhnya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.