Cara Hard Reset Samsung dengan Tombol Power dan Volume

Beranda » Cara Hard Reset Samsung dengan Tombol Power dan Volume

Ketahuilah bagaiaman cara hard reset Samsung yang baik dan benar. Ketika temui masalah, hard reset adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Oleh karenanya, selalu perhatikan bagaimana proses hard reset untuk smartphone buatan Samsung.

Melakukan hard reset tidak sulit sebenarnya. Dengan sejumlah langkah yang amat sederhana, melakukan reset pada hp Samsung itu bisa dilakukan langsung. Biar mudah dipahami, ini dia penjelasan mengenai cara hard reset hp Samsung.

Cara Hard Reset Samsung

Hard reset memang perlu dilakukan agar Hp Samsung tidak bermasalah. Biasanya, cara ini bisa memberikan solusi ketika Hp macet, lemot, hingga terkena virus. Melalui proses yang tepat, hard reset akan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah tata cara hard reset Samsung dengan mudah.

1. Matikan Hp Samsung

Matikanlah dulu Hp Samsung yang mau direset. Proses hard reset memang bisa dilakukan ketika Hp berada dalam kondisi mati. Karenanya, mematikan Hp merupakan hal penting untuk dilakukan.

2. Tekan Tombol Power & Volume

Menekan tombol power dan volume up secara bersamaan adalah langkah berikutnya yang perlu dilakukan. Tekanlah keduanya secara bersamaan hingga nantinya muncul menu peresetan.

3. Pilih Menu Factory Reset

Ketika muncul menu reset, langsung saja pilih factory reset. Klik langsung menu tersebut biar hard reset dapat segera dimulai. Pilihan menu tersebut akan membuat proses hard reset bisa dimulai pada Hp Samsung.

4. Pilih Delete User Data

Ketika klik factory reset, akan muncul menu – menu lain. Dalam hal ini, langsung saja pilih opsi delete user data. Itu dilakukan untuk membuat semua data di Hp Samsung terhapus.

5. Mulai Proses Reset

Selanjutnya adalah memulai proses reset. Reset akan dimulai ketika pengguna memilih Ok. Jangan ganggu proses hard reset tersebut dengan memencet tombol apapun.

6. Tunggu Sampai Selesai

Langkah terakhir adalah menunggu samapi proses hard reset sampai selesai. Kalau proses hard reset sudah selesai dilakukan, maka Hp Samsung bisa dipakai kembali.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Hard Reset Samsung

Tentu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika mau lakukan hard reset pada Hp Samsung. Sejumlah hal ini perlu mendapatkan atensi khusus dari para penggunanya. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika mau melakukan hard reset Samsung.

1. Memindahkan Data Aplikasi

Lakukanlah pemidahan data aplikasi supaya proses reset Samsung bisa dijalankan dengan baik. Data dari aplikasi perlu disimpan supaya ketika aktifkan Hp lagi semuanya bisa kembali seperti semula.

Pemindahan data aplikasi ini memang jadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Kalau data dipindahkan dulu dari awal, Hp Samsung akan tetap bisa jalankan aplikasi sepeerti semula.

2. Back Up Chat Whatsapp

Cobalah juga lakukan back up chat Whatsapp ketika akan melakukan reset pada Hp Samsung. Hal ini penting untuk dilakukan juga biar proses reset nantinya bisa berjalan dengan lebih lancar.

Medium email atau google drive bisa digunakan langsung untuk menyimpan chat WA sementara. Dengan melakukan back up WA secara tepat, chat akan tersimpan rapi dan bisa dikembalikan lagi nantinya.

3. Pindahkan File Foto di Galeri

Jangan lupa juga untuk memindahkan file foto di galeri. Jangan sampai foto – foto penting yang ada di galeri itu hilang. Semuanya harus diamankan dengan baik. Pemindahan bisa dilakukan ke laptop atau komputer lebih dulu.

Kalau reset selesai, foto bisa dikembalikan ke Hp. Karena itu, proses untuk memindahkan foto di galeri ke medium lain itu memang penting untuk dilakukan biar proses hard reset tak menghilangkan data penting.

4. Memastikan Daya atau Baterai Cukup

Memastikan daya atau baterai cukup untuk melakukan reset itu juga harus jadi perhatian utama. Saat daya atau baterai Hp Samsung cukup, proses reset tak akan menemui masalah apapun.

Jika baterai pada Hp Samsung cukup, maka proses reset akan berjalan lancar. Kalau daya tidak cukup, proses reset bisa terganggu dan tak bisa terselesaikan.

5. Tidak Mengutak – atik Hp Saat Proses Hard Reset

Pastikan juga untuk tidak mengutak – atik Hp saat proses hard reset dilakukan. Dengan memperhatikan hal ini, masalah dan gangguan saat proses hard reset bisa diatasi. Biarkanlah proses hard reset berjalan sampai akhir.

Saat utak – atik Hp Samsung yang sedang berada dalam proses reset, bisa terjadi hal yang tak diinginkan. Seperti kegagalan dalam proses reset Hp Samsung. Jadi, jangan coba – coba untuk utak – atik proses reset.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Hard Reset Samsung?

Ketahuilah kapan waktu yang tepat untuk melakukan hard reset Samsung. Dengan mengetahui kapan waktu yang tepat, manfaat dari hard reset pasti bisa didapatkan langsung. Berikut ini adalah rekomendasi kapan waktu yang tepat untuk melakukan hard reset pada Samsung.

1. Saat Hp Lemot

Salah satu waktu yang tepat untuk melakukan hard reset pada Samsung adalah saat mengalami Hp lemot. Saat Hp terasa lemot, maka itulah saat yang tepat untuk lakukan hard reset pada Samsung. Masalah Hp lemot akan bisa teratasi dengan melakukan hard reset secara langsung.

2. Ketika Ada Serangan Virus

Ketika ada serangan virus yang masuk ke Hp Samsung, sebaiknya langsung lakukan reset juga. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan hard reset pada Samsung juga. Kalau terkena virus, langsung lakukan hard reset biar Hp bisa tetap dipakai.

3. Ketika Ada Masalah File Corrupt

Proses hard reset perlu dilakukan juga ketika ada masalah file corrupt. Masalah file yang corrupt memang bisa menghampiri tiap Hp Samsung. Kalau hal itu terjadi, segeralah melakukan reset Hp Samsung saja. Saat terjadi masalah tersebut, hard reset bisa menjadi jawabannya.

4. Ketika RAM Sudah Terlalu Penuh

Hard reset juga dibutuhkan ketika RAM yang ada pada Hp Samsung sudah terlalu penuh. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan hard reset pada Samsung yang dipunyai. RAM yang sudah terlalu penuh bisa bikin Hp Samsung mengalami kerusakan.

5. Saat Internal Memori Penuh

Salah satu waktu yang tepat untuk melakukan hard reset pada Samsung adalah ketika internal memori juga sudah terlampau penuh. Ketika internal memori sudah sangat penuh, maka itu adalah waktu yang tepat bagi para pengguna untuk melakukan hard reset.

FAQ | Cara Hard Reset Samsung

Kenapa perlu hard reset Samsung?

Supaya masalah pada Hp Samsung bisa teratasi secara langsung dan mudah.

Apa yang terjadi jika melakukan hard reset Samsung?

Semua data hilang dan Hp Samsung akan kembali ke pengaturan awal.

Apakah data akan hilang ketika akan lakukan hard reset Samsung?

Semua data yang tersimpan di Hp Samsung akan hilang jika dilakukan hard reset.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.