Cara Klaim Garansi iPhone Beserta Syaratnya

Beranda » Cara Klaim Garansi iPhone Beserta Syaratnya

Mengetahui alur atau cara klaim garansi iPhone itu memang penting. Kalau ketahui cara klaim garansi yang tepat, semuanya bisa berlangsung dengan mudah. Sehingga, kenali terus bagaimana cara klaim garansi iPhone secara baik dan sesuai prosedur.

Cara klaim yang tepat ini memang perlu diperhatikan secara tepat. Karenanya, pahami selalu bagimana proses klaim yang baik dan benar. Selalu perhatikan bagaimana cara melakukan klaim dengan baik dan benar. Berikut ini panduan untuk klaim garansi iPhone dengan mudah.

Syarat Klaim Garansi iPhone

Ada sejumlah syarat untuk bisa klaim garansi iPhone. Semua syarat ini harus dipenuhi terlebih dulu agar semuanya bisa berlangsung lancar. Apa saja sebenarnya syarat untuk klaim garansi iPhone? Berikut ini beberapa syarat untuk bisa klaim garansi iPhone.

1. Mempunyai Kartu Garansi yang Aktif

Syarat utama adalah mempunyai kartu garansi yang masih aktif. Kartu garansi yang aktif tersebut memang jadi salah satu syarat penting yang harus dipenuhi buat yang mau klaim garansi. Jika garansi sudah kadaluwarsa, maka klaim garansi untuk membenahi iPhone tak bisa dilakukan.

2. Mendatangi Tempat Service yang Telah Ditunjuk

Syarat berikutnya adalah mendatangi tempat service yang telah ditunjuk. Tempat service dari garansi iPhone memang dapat disesuaikan dengan lokasi terdekat dari konsumen. Syarat untuk datang langsung ke lokasi service ini akan mempercepat dan mempermudah proses klaim garansi.

3. Bawa Bukti Pembelian

Syarat berikutnya adalah membawa bukti pembelian. Dengan membawa bukti pembelian, proses klaim garansi bisa dilakukan engan lebih mudah lagi. Faktura tau struk pembelian itu memang kadang perlu dilampirkan biar proses klaim bisa lebih dipercepat.

4. Menghubungi Pihak Terkait Dulu

Syarat penting berikutnya adalah menghubungi pihak terkait lebih dulu. Hal ini penting juga untuk dilakukan biar tempat service siap untuk menerima proses klaim garansi tersebut. Dengan hubungi CS dari tempat service atau distributor, klaim akan bisa lebih cepat diproses.

5. Antre Sesuai dengan Urutan

Syarat berikutnya ialah antre sesuai dengan urutan. Dalam klaim garansi, proses untuk antre memang perlu dilakukan. Sebab, banyak juga yang mengajukan klaim garansi. Antre sesuai dengan urutan ini adalah syarat yang juga harus diperhatikan secara baik.

Cara Klaim Garansi iPhone Resmi

Cara klaim garansi iPhone resmi itu harus dipahami dengan baik. Melalui cara klaim garansi iPhone yang sesuai, semuanya akan berjalan dengan mudah. Sehingga, teruslah pahami bagaimana cara klaim garansi iPhone resmi yang paling tepat.

Memang ada sejumlah prosedur dalam melakukan klaim garansi iPhone. Jika mengetahui cara klaim garansi iPhone resmi, semuanya akan jadi mudah. Ini dia beberapa cara klaim garansi iPhone yang resmi secara tepat.

1. Siapkan Surat dan Bukti Pembelian

Langkah pertama adalah menyiapkan surat atau bukti pembelian. Surat garansi harus disiapkan dari awal sebagai bukti kalau garansi masih berlaku. Kadang juga dibutuhkan bukti struk pembelian produk iPhone juga untuk mempertegas originalitas produk dan surat keterangannya.

2. Datangi Apple Store Terdekat

Ketika surat dan dokumen sudah siap, maka datangilah Apple Store terdekat. Bisa juga datang langsung ke service center yang telah mendapatkan akreditasi langsung dari iPhone. Jangan lupa juga untuk membawa produk iPhone yang bermasalah tersebut.

3. Jelaskan Masalah

Setelah sampai di lokasi, segera ambil nomor antrean. Ketika sudah dipanggil sesuai nomor antrean, maka langsung jelaskan masalah kepada CS. Jelaskan maksud, tujuan serta masalah pada iPhone yang dipunyai. Serahkan juga bukti – bukti terkait untuk memudahkan pemeriksaan.

4. Tunggu Konfirmasi Pihak Apple

Setelah memberikan penjelasan kepada pihak CS service center, maka akan dilakukan pemeriksaan dulu. Pihak service center akan melakukan konfirmasi dan memeriksa surat – surat yang ada untuk memutuskan klaim garansi yang diajukan konsumen.

5. Pihak Apple Akan Melakukan Pergantian atau Perbaikan

Ketika pihak Apple memberi persetujuan, maka produk iPhone nantinya bisa diganti atau diberikan perbaikan secara gratis. Selama masa garansi masih berlaku, maka semuanya akan diganti secara gratis oleh pihak Apple.

Cara Klaim Garansi iPhone Distributor

Cara klaim garansi iPhone distributor berbeda dengan garansi resmi. Karenanya, perhatikan selalu bagaimana cara klaim garansi iPhone distributor. Semua hal ini wajib dimengerti para pengguna yang membeli iPhone garansi distributor.

Memang terdapat perbedaan mengenai cara klaim garansi distributor dengan klaim garansi resmi. Hal tersebut harus diperhatikan konsumen yang beli iPhone versi distributor. Berikut ini tata cara klaim garansi iPhone distributor.

1. Datangi Toko Distributor

Datangilah toko distributor untuk melakukan pengajuan klaim garansi. Pastikan untuk datang ke tempat membeli iPhone yang mengalami masalah atau kerusakan tersebut.

2. Serahkan Bukti Kartu Garansi dan Struk Pembayaran

Ketika sudah berada di toko distributor, serahkan bukti kartu garansi serta struk pembayaran. Keduanya harus diberikan langsung untuk bisa langsung diverfikasi.

3. Jelaskan Masalah

Jelaskan masalah pada CS yang bertugas di toko distributor. Pastikan menyampaikan semua masalah yang dialami iPhone dengan baik kepada CS. Pihak CS perlu mengetahui semua permasalahan yang ada untuk bisa menentukan apakah klaim garansi bisa disetujui atau tidak.

4. Tunggu Pemeriksaan

Setelah itu, pihak distributor akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan itu dilakukan untuk menentukan apakah klaim garansi valid atau tidak. Tunggulah sampai pemeriksaan yang dilakukan pihak toko distributor selesai dilakukan.

5. Toko Distributor akan Berikan Pergantian dan Perbaikan

Proses terakhr, toko distributor akan memutuskan apakah klaim garansi berhasil atau tidak. Kalau disetujui, maka pihak distributor akan berikan produk pengganti atau perbaikan.

Perbedaan Klaim Garansi Resmi dan Distributor

Hal yang juga perlu dipahami adalah perbedaan klaim garansi resmi Apple dan juga distributor. Keduanya memang mempunyai perbedaan utama yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa perbedaan antara klaim garansi resmi dan distributor.

1. Durasi Garansinya

Satu dari beberapa perbedaan klaim garansi resmi Apple dengan distributor adalah durasi garansinya. Durasi garansi resmi Apple adalah 1 tahun. Sementara garansi distributor hanya beberapa bulan saja.

2. Tempat Service

Lokasi tempat service juga menjadi pembeda klaim garansi resmi dan distributor. Pada tempat service resmi Apple, lokasinya berada di kota besar yang sudah terverifikasi. Ini berbeda dengan tempat service distributor yang bukan resmi dari Apple langsung.

3. Jenis Kerusakan yang Digaransi

Jenis kerusakan yang digaransi juga menjadi pembeda klaim garansi resmi Apple dengan distributor. Pada garansi resmi, cover kerusakannya lebih lengkap daripada garansi distributor. Pada garansi distributor, tak semua kerusakan bisa diklaim garansinya.

4. Durasi Pengerjaan Service

Durasi pengerjaan service juga menjadi hal yang membedakan klaim garansi resmi dan distributor. Pada service garansi resmi, prosesnya lebih cepat karena didukung SDM dan peralatan yang lengkap. Jika pakai service distributor, pengerjaannya lebih lama.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Klaim Garansi iPhone

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat klaim garansi iPhone. Jika memahami semua hal ini, segalanya akan berlangsung dengan lancar dan menguntungkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dapatkan atensi saat klaim garansi iPhone.

1. Perhatikan Keterangan di Kartu Garansi

Selalu perhatikanlah keterangan pada kartu garansi. Jika memperhatikan semua informasi yang tertera pada kartu garansi, semuanya akan jadi lebih jelas. Informasi yang ada di kartu garansi harus dibaca dengan baik agar tidak salah dalam mengajukan garansi.

2. Alur Klaim Garansi

Memperhatikan bagaimana alur klaim garansi juga tak kalah pentingnya. Jika memahami urutan dari proses klaim garansi, semuanya akan jadi lebih cepat. Kalau memperhatikan alur klaim garansi yang tepat, semuanya akan jadi lebih mudah.

3. Tempat Mengajukan Klaim Garansi

Tempat mengajukan klaim garansi juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai salah dan keliru dalam mengajukan klaim garansi iPhone yang dibeli. Pada distributor, tempat klaim garansinya biasanya lebih merata persebarannya.

4. Jenis Masalah dan Kerusakan iPhone

Tak semua kerusakan dan masalah pada iPhone dapat diganti dengan klaim garansi. Karenanya, memperhatikan masalah dan kerusakan yang terjadi itu memang penting. Kalau kerusakan disebabkan oleh kecerobohan dan kelalaian pribadi.

Alasan Klaim Garansi iPhone Ditolak

Pada praktek di lapangan, pengajuan klaim garansi iPhone itu bisa ditolak. Alasan penolakannya pun bermacam – macam. Konsumen tentu harus memahami apa saja alasan klaim garansi iPhone bisa ditolak. Berikut ini beberapa alasan mengenai kenapa pengajuan klaim garansi ditolak.

1. Barang yang Dibeli Tidak Resmi

Salah satu alasan kenapa klaim garansi iPhone ditolak adalah barang yang dibeli secara tidak resmi. Pihak Apple itu memang selalu menekankan untuk beli barang secara resmi. Kalau membeli secara illegal, maka klaim garansi tak akan disetujui oleh pihak Apple.

2. Kerusakan Akibat Kelalaian

Hal yang membuat pengajuan ditolak juga adalah kerusakan akibat lalai dari pihak pengguna. Kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna memang jadi alasan penolakan yang paling utama. Ketika iPhone rusak akibat jatuh, terbentur atau kelalaian lain, maka pengajuan klaim akan ditolak.

3. Garansi Sudah Kadaluwarsa

Garansi yang sudah kadaluwarsa juga menjadi salah satu sebab dari penolakan dari klaim garansi iPhone. Pihak Apple atau distributor pasti akan menolak pengajuan ketika tanggal garansi sudah terlewat memang sering terjadi. Pengajuan klaim garansi itu memang harus sesuai tanggal.

4. iPhone Sudah Jailbreak

Jailbreak yang dilakukan pada iPhone juga jadi alasan lain kenapa terjadi penolakan klaim garansi. Pihak iPhone memang melarakan jailbreak pada iPhone kalau ingin garansi tetap berlaku. Kalau iPhone yang dibeli sudah di-jailbreak, maka otomatis garansi tak berlaku lagi.

5.  Ada Bagian dari iPhone yang Hilang

Pihak iPhone juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian body secara menyeluruh. Jika ada bagian body iPhone yang hilang, maka klaim garansi juga akan ditolak. Karenanya, pengguna harus memastikan bahwa bagian body dari iPhone itu masih utuh dan sempurna.

FAQ | Cara Klaim Garansi iPhone

Apa syarat utama untuk klaim garansi iPhone?

Mempunyai kartu garansi yang masih berlaku untuk lakukan klaim.

Berapa tahun durasi garansi iPhone?

Durasi dari garansi iPhone resmi adalah 1 tahun.

Apakah klaim garansi iPhone susah?

Jika mengetahui prosedur dan cara – caranya, proses klaim garansi iPhone tak susah.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.