Cara Kompres File Ms Word Secara Online, Mudah Lho

Beranda ยป Cara Kompres File Ms Word Secara Online, Mudah Lho
Advertisement

Cara kompres file Ms Word itu tak begitu sulit sebenarnya. Dengan proses dan tahapan yang sederhana saja, kompres file di Ms Word bisa dilakukan secara mudah. Karenanya perhatikan selalu bagaimana cara melakukan kompres file Ms Word dengan tepat.

Pengompresan file Ms Word memang kadang diperlukan. Hal ini bisa dilakukan ketika ingin dapatkan file Ms Word yang lebih ringan. Karena itu, pahami terus bagaimana cara kompres file Ms Word dengan sesuai. Berikut ini penjelasan mengenai cara kompres file MS Word.

Cara Kompres File Ms Word dengan Mudah

Cara untuk kompres file Ms Word itu tak begitu sulit. Hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana saja untuk bisa kompres file Ms Word. Karena itu, harus diperhatikan bagaimana cara terbaik dalam melakukan kompres ke file Ms Word. Berikut ini tata caranya.

1. Cara Kompres Via Ms Word Langsung

Pengompresan bisa langsung menggunakan menu di Ms Word. Dengan langkah yang sederhana saja, pengompresan tersebut bisa dilakukan secara mudah. Biar lebih mudah dipahami, ini dia cara kompres file lewat pengaturan di Ms Word.

  • Buka file Ms Word yang ingin dikompres
  • Klik File dan Save As
  • Cari menu Tool dalam box Save As
  • Pilih opsi Compress Picture
  • Pastikan aktifkan centang Deleted Cropped Areas of Picture
  • Pilih Resolution Email (96 ppi)
  • Save file tersebut
  • File Ms Word akan terkompres setelah disimpan

2. Cara Kompres File Secara Online

Pengompresan file Ms Word juga bisa dilakukan secara online. Proses kompres file secara online juga bisa dilakukan dengan cara yang amat sederhana. Karena itu, tak usah bingung sama sekali untuk kompres file secara online. Ini dia cara kompres file secara online.

  • Siapkan file Ms Word yang mau dikompres
  • Datangi situs documpress.com
  • Pilih opsi Select File to Compress
  • Upload File yang Ingin Diubah Ukurannya
  • Lakukan proses kompres
  • Tunggu kompres file selesai
  • Klik download pada file kompress

Kenapa Harus Kompres File Ms Word?

Pahamilah juga mengenai kenapa harus kompres file Ms Word. Ada beberapa alasan mengenai kenapa harus melakukan kompres file Ms Word. Tentunya ada beberapa alasan utama mengenai kenapa harus kompres file Ms Word. Berikut ini adalah beberapa alasan utamanya.

1. Biar File Word Tidak Terlalu Besar

Salah satu alasan harus kompres file adalah biar file word tak terlalu besar. Fungsi utamanya adalah size Ms Word jadi lebih kecil atau ringan. Karenanya, pengompresan itu penting untuk dilakukan. Kalau ukuran file diatur sedemikian rupa, pengguna akan lebih diuntungkan.

2. Supaya Gambar yang Disisipkan Tak Memenuhi Memori

Kompres file Ms Word itu juga berguna agar gambar yang disisipkan tak memenuhi memori di laptop atau PC. Kalau gambar yang disisipkan ikut dikompres, file juga akan lebih ringkas daripada sebelumnya. Pada intinya, gambar atau foto di file word akan ikut terkompres juga akhirnya.

Advertisement

3. Biar Internal Memori PC atau Laptop Tetap Terjaga

Manfaat utama lainnya adalah biar internal memori PC atau laptop tetap terjaga. Ini adalah sesuatu yang akan selalu dicari oleh para pengguna laptop dan PC yang memori internalnya tak begitu banyak. Kalau tak mau internal memori terganggu, maka selalu terapkan pengompresan.

4. Biar Lebih Cepat dalam Mengirimkan File

Pengompresan itu juga bisa berguna untuk mengirimkan file dengan lebih cepat. Pengiriman file memang akan jadi lebih cepat kalau file Ms Word dikompres. Inilah penting melakukan kompres pada file Ms Word. Proses kirim file yang begitu cepat memang penting dan krusial juga.

Efek dari Kompres File Ms Word

Terdapat sejumlah efek dari melakukan kompres file Ms Word. Semua efek tersebut tentu harus dipahami para pemakainya. Apa saja sebenarnya efek yang didapatkan dari melakukan kompres pada file Ms Word? Berikut ini beberapa efek dari melakukan kompres file Ms Word.

1. File Ms Word jadi Lebih Kecil

Salah satu efek yang akan terjadi pastinya adalah file Ms Word yang akan jadi lebih kecil. File Ms Word yang lebih kecil tersebut akan memudahkan proses pemindahan ke platform lain. Terutama ketika akan mengirimkannya secara online.

2. Kualitas Gambar yang Disisipkan Menurun

Dampak atau efek selanjutnya adalah kualitas gambar yang ada di dalam Ms Word akan menurun. Proses pengompresan memang bisa membuat kualitas gambar yang sebelumnya HD jadi standar. Ini adalah efek yang paling mudah terlihat.

3. Proses Upload File Ms Word Lebih Cepat

Efek berikutnya adalah proses upload Ms Word akan lebih cepat. Ketika mau kirimkan file secara online, kita tak akan memerlukan waktu yang lama. Dengan ukuran file Ms Word yang sudah terkompres, pengiriman akan bisa dilangsungkan dalam waktu beberapa detik saja.

4. Pengiriman File Ms Word Lebih Praktis

Pengiriman Ms Word ke medium atau platform lain juga akan semakin praktis kalau sudah dilakukan pengompresan. Hal ini akan dicari terus oleh para pengguna Ms Word yang sering lakukan pengiriman file ke platform lain. Kepraktisan ini bakal selalu jadi hal yang penting.

FAQ | Cara Kompres File Ms Word

Apa yang terjadi jika file Ms Word dikompres?

File Ms Word ukurannya akan lebih kecil.

Apa tujuan utama dari kompres file Ms Word?

Untuk membuat ukuran Ms Word jadi lebih kecil.

Apa efek utama dari kompres file Ms Word?

Efek utamanya adalah size file Ms Word jadi lebih ringan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.