Cara Kunci Aplikasi di iPhone Melalui Face ID, Restrictions, Touch ID

Beranda ยป Cara Kunci Aplikasi di iPhone Melalui Face ID, Restrictions, Touch ID

Cara kunci aplikasi di Iphone itu tidaklah sulit. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja untuk mengunci aplikasi lewat Iphone. Jadi, tak perlu bingung sama sekali kalau mau melakukan penguncian terhadap sejumlah aplikasi yang ada di Iphone.

Pengguna Iphone memang kadang ingin melakukan penguncian terhadap aplikasi agar tak terhapus. Ini adalah tindakan pengamanan yang bisa selalu diandalkan. Berikut ini adalah cara kunci aplikasi di Iphone yang dapat diandalkan para pengguna di luar sana.

Syarat untuk Bisa Mengunci Aplikasi di Iphone

Mengunci aplikasi di Iphone itu dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah atau tahapan sederhana saja untuk mengunci aplikasi di Iphone. Ini dia beberapa syarat untuk bisa mengunci aplikasi di Iphone.

1. Iphone Punya Fitur Face ID

Syarat utama adalah mempunyai fitur Face ID di Iphone. Face ID adalah sebuah fitur di Iphone 7 ke atas yang bisa memberikan keamanan kepada pengguna. Kunci Iphone bisa terbuka jika pengguna mengaktifkan fitur Face ID. Fitur ini juga bisa dipakai untuk mengunci aplikasi tertentu.

2. Iphone Punya Fitur Restrictions

Fitur restriction juga jadi syarat untuk bisa melakukan penguncian aplikasi. Fitur restrictions tersebut memang layak untuk diandalkan karena mempunyai banyak fungsi maupun kegunaan. Salah satunya adalah membuat aplikasi tertentu terkunci sehingga tak bisa digunakan sembarang orang.

3. Install Aplikasi Khusus

Syarat lainnya adalah install aplikasi khusus untuk mengunci aplikasi. Ini adalah syarat penting yang harus dipenuhi. Pilihlah aplikasi khusus yang memang bisa diandalkan. Contohnya seperti Touch ID yang notabene adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Apple.

Cara Kunci Aplikasi di iPhone

Butuh panduan untuk kunci aplikasi di Iphone. Tak perlu bingung ataupun khawatir. Ada sejumlah panduan untuk mengunci aplikasi di Iphone. Berikut ini adalah panduan untuk mengunci aplikasi di Iphone dengan sangat mudah.

1. Melalui Pengaturan Face ID

Penguncian aplikasi bisa memakai fitur Face ID. Fitur ini memang hadir untuk berikan privasi lebih kepada semua pengguna. Fitur ini pasti tersedia di seri Iphone 7 ke atas. Ini dia tata cara mengunci aplikasi di Iphone dengan Face ID.

  • Buka setting pada Iphone
  • Pilih menu Face ID & Passcode
  • Masukkan password Iphone
  • Tentukan aplikasi mana yang mau dikunci
  • Konfirmasi penguncian

2. Menggunakan Fitur Restrictions

Pada Iphone iOS 11 ke atas ada fitur restrictions yang bisa dipakai. Fitur restrictsions dapat dipakai untuk kunci aplikasi. Proses mengunci aplikasi lewat Restrictiosn juga tak terlalu sulit. Ini dia cara untuk mengunci aplikasi dengan restrcitsion.

  • Pilih menu setting pada Iphone
  • Pilih menu umum atau general di Iphone
  • Pilih menu restrictions
  • Pastikan atur enable restrictions
  • Masukkan password untuk konfirmasi
  • Tentukan aplikasi yang mau dikunci

3. Pakai Touch ID

Memakai Touch ID juga menjadi cara kunci aplikasi di Iphone. Fitur ini juga mudah digunakan pada Iphone lama ataupun yang baru. Ini dia cara mengunci aplikasi di Iphone pakai Touch ID dengan mudah dan cepat.

  • Pilih menu setting di Iphone
  • Pilih Touch ID
  • Pilih atau tentukan aplikasi yang mau dikunci
  • Tambahkan opsi sidik jari
  • Aktifkan pengaturan Touch ID di aplikasi yang dipilih

Manfaat Mengunci Aplikasi di Iphone

Ada beberapa manfaat dari mengunci aplikasi di Iphone. Semua manfaat tersebut tentu bisa dirasakan langsung oleh para pengguna Iphone tersebut. Ini dia beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengunci aplikasi di Iphone.

1. Jaga Privasi

Manfaat dan tujuan utama dari mengunci aplikasi di Iphone adalah menjaga privasi. Menjaga privasi ini memang jadi bagian penting buat para pengguna Iphone. Dengan mengunci aplikasi, segala macam privasi kita akan lebih terjaga dari orang lain.

2. Biar Keamanan Terjamin

Menjamin keamanan juga jadi manfaat yang bisa diperoleh dari mengunci aplikasi di Iphone. Jaminan keamanan itu juga sangat dibutuhkan. Kalau mengunci aplikasi yang sering dipakai, ancaman keamanan bisa diatasi.

3. Menghindarkan Iphone dari Tangan Jahil

Menghindarkan Iphone dari tangan jahil juga menjadi salah satu manfaat terbesarnya. Kadang Iphone yang kita miliki dipinjam orang lain. Saat dipinjam, kadang ada yang bertindak jahil dengan ganti pengaturan. Untuk atasi masalah tersebut, mengunci aplikasi adalah jawabannya.

4. Mencegah Hacker

Manfaat terakhir adalah mencegah gangguan dari hacker berbahaya. Hacker yang berbahaya bisa dicegah dengan melakukan penguncian aplikasi. Ini merupakan manfaat yang memang kerap dicari para pengguna Iphone yang ingin gadgetnya selalu aman.

FAQ | Cara Kunci Aplikasi di Iphone

Apakah manfaat dari kunci aplikasi di Iphone?

Biar tak semua orang bisa akses aplikasi yang ada di Iphone.

Apakah aplikasi yang dikunci dari Iphone akan aman?

Pasti aman karena untuk akses dibutuhkan password hingga sidik jari.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.