Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati

Beranda » Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati
Advertisement

Mengetahui bagaimana cara melacak HP samsung yang hilang dalam keadaan mati jelas penting untuk dipahami.

Karena ketika hilang, bahkan dalam keadaan mati pasti akan sulit untuk didapatkan kembali. Namun jika kamu berusaha untuk memahami ulasan sekarang, kemudian mengaplikasikannya dengan baik. Maka HP Samsung yang hilang dalam keadaan mati tersebut, dijamin mudah untuk dilacak.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati dengan Fitur Bawaan

Fitur bawaan tersebut disebut dengan fitur Find My Mobile. Sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna Samsung secara resmi. Namun memang tantangannya, adalah aplikasi baru bisa berjalan jika HP dalam keadaan hidup.

Walaupun demikian, alangkah baiknya untuk tetap dicoba bukan? Siapa tahu HP kamu memang sedang dalam keadaan hidup, dan pelacakan dengan metode ini dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Pertama, siapkan perangkat komputer, laptop atau HP Samsung lain yang sudah terhubung dengan koneksi dan jaringan internet
  2. Berikutnya langsung buka web browser apa saja, kemudian masuk ke halaman website https://findmymobile.samsung.com
  3. Dari alamat website tersebut, kamu bisa langsung klik opsi Sign In atau melakukan Login
  4. Lakukan Login menggunakan akun Samsung yang terhubung dengan perangkat Samsung yang hilang tersebut
  5. Gunakan kata sandi serta email yang tepat, tanpa salah
  6. Berikutnya, langsung menuju bagian User Agreement
  7. Dari opsi pilihan tersebut, kamu dapat memilih keterangan Agree untuk melanjutkan
  8. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka kamu dapat menunggu beberapa saat. Lalu pengguna akan langsung dibawa kembali ke halaman utama website Find My Mobile
  9. Setelah beberapa saat dari perintah tersebut, maka website Samsung Find My Mobile akan menampilkan hasil pelacak. Berupa tampilan lokasi keberadaan perangkat sebelum Hpnya mati.

Hasil pelacakan tersebut memang hanya akan menampilkan dimana lokasi terakhir perangkat saat terhubung dengan koneksi internet. Walaupun begitu, kiranya hasil pelacakan akan membantu kamu untuk mengetahui dimana lokasi terakhir HPnya hilang.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati Via Google Maps

Untuk bagaimana cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati berikutnya adalah tetap melibatkan kamu untuk menggunakan email. Aplikasi Google Maps ini secara resmi diluncurkan dan dikembangkan oleh perusahaan Google.

Namun, penting untuk jadi sebuah peringatan. Bahwa Google Maps hanya dapat menampilkan keberadaan HP Samsung, persis terakhir sebelum HPnya dalam keadaan mati. Untuk ketentuan ini pun hampir sama dengan metode, juga ketentuan sebelumnya. Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, langsung saja masuk perangkat ke aplikasi Google Maps
  2. Berikutnya cari ikon segitiga kecil dibagian pojok kanan atas halaman aplikasi
  3. Selanjutnya pilihan keterangan dengan tulisan Tambah Akun
  4. Nanti kamu tinggal menginput alamat email, serta kata sandi Google yang terpasang di HP Samsung yang hilang tadi
  5. Dari perintah tersebut, kamu dapat melanjutkan pada tahap opsi memilih Saya Setuju
  6. Berikutnya pengguna dapat kembali ke halaman awal aplikasi
  7. Selanjutnya klik kembali ikon segitiga kecil di halaman aplikasi
  8. Kemudian pilih keterangan sub menu Linimasa
  9. Advertisement
  10. Dengan proses tersebut, maka sistem Google Maps akan langsung menampilkan lokasi terakhir keberadaan HP Samsung yang hilang.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara ini pun sama-sama hanya akan menampilkan lokasi terakhir saat HPnya masih hidup dan perangkat terhubung dengan koneksi internet.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati Menggunakan IMEI

Cara ini tidak bisa dilakukan sendiri, kamu harus berurusan atau melibatkan petugas berwajib. Yakni pihak kepolisian atau pihak provider. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, langsung dapatkan kode atau angka IMEI pada HP Samsung yang hilang
  2. Kamu bisa mendapatkannya dari kemasan atau Dus Box HP
  3. Simpan nomor IMEI tersebut, kemudian langsung meminta pihak kepolisian dan atau meminta pihak provider untuk melacak nomor IMEI tersebut menggunakan alat yang mereka miliki.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati dengan Fitur Find My Device

Panduan dan cara satu ini biasanya dapat dipakai dibeberapa HP Android lainnya, tidak hanya sekadar untuk pengguna Samsung saja. Untuk dapat mengetahui bagaimana prosedur dan caranya, bisa langsung simak pembahasan berikutnya ya.

  1. Pertama, kamu bisa kunjungi alamat website di https://www.google.com/android/find/ atau bisa unduh aplikasi Find My Device di Google Play Store secara resmi
  2. Berikutnya, langsung lakukan Login menggunakan akun Gmail atau akun Google yang terpasang di perangkat Samsung kamu yang hilang.

Dengan perintah serta proses tersebut, maka kamu secara otomatis akan melihat tampilan beberapa HP yang Login menggunakan akun tersebut. Berikutnya kamu pun dapat memilih HP Samsung yang hilang, kemudian aktifkan tindakan berikutnya sesuai kebutuhan.

Seperti dengan kamu dapat menderingkan HP sebagai tanda adanya peringatan. Atau bahkan bisa langsung mengunci HP sehingga tidak bisa lagi diakses tanpa seizin kamu sebagai pemilik.

Nah, itulah panduan tentang bagaimana cara melakukan pelacakan terhadap HP Samsung yang. Jika dilihat dari panduan dan kondisi di atas. Pelacakan memang diharuskan HPnya dalam kondisi menyala, bahkan terhubung dengan jaringan internet.

Walaupun dimungkinkan HP dalam keadaan mati, kiranya panduan di atas tetap harus dicoba. Setidaknya kamu jadi bisa tahu, kapan dan dimana posisi lokasi terakhir HP saat terakhir dinyalakan. Atau terhubung dengan koneksi internet.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dalam Keadaan Mati

Apakah Semua Panduan dan Metode di Atas Dapat Diaplikasikan Disemua Tipe HP?

Ya, bisa. Asalkan Hpnya memang sudah smartphone dan terhubung dengan koneksi internet.

Apakah Proses Pelacakan Akan Selalu Akurat?

Selama HP terhubung dengan internet dan fitur Maps di HP berfungsi dengan baik.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.