Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Beranda » Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati
Advertisement

Cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati itu tidaklah sulit. Pengguna bisa menggunakan beberapa langkah sederhana. Para pengguna akan mendapatkan kemudahan terus kalau paham caranya melacak iPhone yang hilang dengan baik dan benar.

Memang banyak yang belum tahu caranya melacak iPhone yang hilang ketika smartphone buatan Apple itu mati. Sebenarnya, ada cara yang cukup ampuh untuk digunakan. Berikut ini penjelasan mengenai proses melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati.

Cara Menemukan iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone

Menemukan iPhone yang hilang atau dicuri bisa menggunakan fitur Find My iPhone. Fitur itu memang dapat digunakan untuk temukan iPhone yang hilang secara mudah. Karenanya, selalu gunakan saja fitur ini untuk menemukan iPhone yang hilang atau tercuri.

Fitur ini memang dibuat untuk memudahkan pengguna yang ingin cari iPhone yang hilang. Entah itu lupa menaruh atau dicuri oleh copet. Semua pengguna bisa temukan iPhone secara mudah lewat fitur Find My iPhone.

1. Syarat Menggunakan Find My iPhone

Memang ada sejumlah syarat agar bisa menggunakan fitur Find My iPhone. Semua syarat ini memang perlu dipenuhi terlebih dulu biar bisa menggunakan fitur Find My iPhone. Ini dia beberapa syarat untuk bisa menggunakan fitur Find My iPhone.

  • Mempunyai ID Apple yang aktif
  • Punya akun iCloud untuk pelacakan
  • Memiliki koneksi internet
  • iPhone yang dicari harus berada dalam kondisi online
  • Sudah mengaktifkan fitur Find My iPhone

2. Cara Aktifkan Fitur Find My iPhone

Ketahuilah juga bagaimana cara aktifkan fitur Find My iPhone. Dengan cara aktifkan fitur My iPhone secara tepat, pengguna bisa langsung bisa melakukan pencarian dengan Find My iPhone. Berikut ini beberapa cara mudah dalam aktifkan fitur Find My iPhone.

  • Buka pengaturan di iPhone
  • Masuk ke ID Apple
  • Gulirkan menu Find My iPhone ke posisi aktif atau on
  • Gulirkan menu send my location ke posisi aktif atau on
  • Proses aktivasi fitur Find My iPhone selesai dilakukan

Cara Melacak iPhone yang Hilang Pakai Find My iPhone

Melakukan pelacakan ada iPhone yang hilang dalam kondisi online itu mudah. Pergerakan iPhone bisa dipantau terus jika online terus. Karenanya, pahami proses pelacakan iPhone dengan Find My iPhone. Berikut ini cara melacak iPhone yang hilang dengan menggunakan Find My iPhone.

1. Buka iCloud di Perangkat Lain

Bukalah akun iCloud di perangkat Apple lain. Bisa meminjam iPhone teman atau keluarga. Bisa juga membuka dengan bantuan dari laptop.

2. Pilih Ikon iPhone yang Hilang

Saat sudah masuk ke iCloud, langsung klik menu atau ikon iPhone yang hilang lewat Find My iPhone. Pemilihan ikon iPhone yang hilang tersebut memang jadi hal yang wajib dilakukan.

3. Tunggu Informasi Lokasi Muncul

Ketika sudah klik ikon iPhone, maka akan ada informasi yang muncul menunjukkan lokasi terkini dari iPhone. Kalau iPhone tersebut online, maka pergerakan bisa diketahui terus.

4. Pantau Pergerakan iPhone

Ketika sudah ada informasi mengenai lokasi dari iPhone, maka teruslah pantau pergerakannya. Biar lebih efektif, segera datangi lokasi tempat iPhone tersebut berada.

Melacak iPhone yang Berada dalam Kondisi Mati dengan Find My iPhone

Melakukan pelacakan iPhone yang berada dalam kondisi mati itu tetap bisa menggunakan Find My iPhone. Ada opsi yang bisa dipakai untuk bisa tetap mencari iPhone yang hilang meski berada dalam kondisi mati. Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Masuk ke iCloud

Seperti biasa, bukalah dulu akun iCloud untuk bisa memulai proses pelacakan. Akses ke iCloud bisa menggunakan perangkat iPhone lain atau komputer. Intinya, pastikan ada perangkat yang bisa tersambung ke internet.

2. Login ke ID Apple

Ketika sudah bisa akses iCloud, maka langsung masukkan ID Apple. Pastikan memasukkan username dan password dari ID Apple secara benar untuk bisa akses menu Find My iPhone. Layanan tersebut bisa muncul langsung di iCloud.

3. Pilih Opsi iPhone yang Mau Dicari

Di menu yang ada di iCloud carilah iPhone yang sedang hilang atau ingin dicari. Ketika opsi iPhone itu diklik, maka akan muncul notifikasi di mana letak terakhir dari iPhone yang hilang tersebut.

4. Aktifkan Lost Mode

Dalam mencari iPhone dalam kondisi mati, pengguna perlu mengaktifkan Lost Mode. Aktivasi Lost Mode ini perlu dilakukan biar ada pemberitahuan langsung ketika iPhone yang hilang tersebut sedang aktif atua online.

5. Atur Notifikasi

Langkah terakhir adalah mengatur notifikasi. Aturlah notifikasi jika iPhone online maka ada pesan yang masuk ke perangkat yang digunakan untuk pelacakan. Ini akan mempermudah proses pencarian.

Perangkat yang Bisa Digunakan Melacak iPhone yang Sedang Mati

Pelacakan iPhone yang hilang dalam kondisi mati itu bisa menggunakan sejumlah perangkat. Menggunakan perangkat yang tepat akan memudahkan pencarian terhadap iPhone yang hilang. Berikut ini beberapa perangkat yang bisa dipakai untuk lacak iPhone yang hilang.

1. iPhone Lain

Salah satu perangkat yang bisa dipakai untuk lacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati adalah iPhone lainnya. Menggunakan iPhone lain memang bisa difungsikan untuk bisa temukan perangkat yang lain. Pengguna bisa pakai iPhone lain dari teman atau keluarga.

2. Komputer

Komputer juga bisa menjadi perangkat yang dapat diandalkan. Perangkat komputer dari Apple maupun produsen lain bisa difungsikan untuk mencari iPhone yang hilang. Dengan login ke iCloud memakai komputer, pencarian dengan Find My iPhone bisa dilakukan langsung.

Advertisement

3. Tablet

Tablet juga bisa menjadi perangkat untuk mencari iPhone yang hilang. Pakai tablet buatan Apple memang bisa difungsikan dengan cukup mudah dalam proses pelacakan iPhone yang hilang. Sehingga, selalu maksimalkan penggunaan tablet untuk temukan iPhone yang hilang.

4. Smartwatch

Smartwatch adalah perangkat lain yang bisa dipakai untuk pelacakan. Dengan melakukan pelacakan pakai smartwatch, semuanya jadi lebih mudah. Ada Apple Watch yang bisa difungsikan secara maksimal untuk bisa melakukan pelacakan pakai Find My iPhone.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melacak iPhone yang Sedang Mati

Pahamilah juga beberapa hal dalam melacak iPhone yang sedang mati. Jika memahami sejumlah hal tersebut, pelacakan terhadap iPhone yang sedang mati bisa jauh lebih mudah. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melacak iPhone yang sedang mati.

1. ID Apple

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika melacak iPhone yang sedang mati adalah aktivasi ID Apple. Pastikan mempunyai ID Apple yang aktif biar bisa melakukan pelacakan dengan lancar. Selalu pastikan bahwa ID Apple aktif. Kalau tak aktif, pencarian dengan Find My iPhone bisa sulit dilakukan.

2. Lokasi Terakhir iPhone Terlacak

Lokasi terakhir iPhone terlacak akan muncul saat dicari melalui Find My iPhone. Saat iPhone yang hilang tidak online, maka hanya lokasi terakhirnya yang terlihat informasinya. Informasi tersebut bisa dijadikan sebagai pedoman dalam mencari iPhone yang dicuri.

3. Aktifkan Lost Mode

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan khusus agar ada informasi yang langsung bisa didapatkan dari iPhone yang offline. Aktifkan opsi Lost Mode untuk bisa menerima informasi langsung ketika iPhone yang hilang itu sedang aktif. Lost Mode ini perlu diaktifkan untuk mudahkan semuanya.

4. Lakukan Penguncian Terhadap iPhone yang Tercuri

Jangan lupa juga untuk melakukan penguncian dari jauh terhadap iPhone yang tercuri. Hal ini perlu dilakukan biar iPhone tetap aman dan tak dikutak – atik si pencuri. Langkah ini harus segera diambil ketika sadar kalau iPhone hilang atau tercuri.

5. Aktifkan Email Updates

Aktifkan email updates juga sebagai alternatif notifikasi. Proses untuk aktifkan email updates ini memang harus selalu dilakukan biar informasi terbaru mengenai keberadaan iPhone yang hilang itu bisa ditemukan. Jika update email dilakukan, informasi bisa didapatkan secara cepat.

Cara Alternatif Melacak iPhone yang Berada dalam Kondisi Mati

Ada beberapa cara alternatif dalam melacak iPhone yang sedang berada dalam kondisi mati. Sejumlah cara alternatif ini memang bisa difungsikan juga. Berikut ini beberapa cara alternatif untuk melacak iPhone yang sedang dalam kondisi mati.

1. Menelepon Pemegang iPhone

Cara alternatif untuk melacak iPhone yang sedang dalam kondisi mati adalah menelepon pencuri atau pemegang iPhone. Cara ini bisa dilakukan agar bisa mengembalikan iPhone yang berada dalam kondisi mati. Lakukan negosiasi dengan pemegang iPhone saat ini.

Hal seperti ini memang bisa dicoba agar iPhone yang dicuri atau hilang bisa kembali. Kunci utamanya adalah melakukan negosiasi dengan baik. Jika melakukan negoasiasi secara tepat, iPhone yang hilang tersebut pasti bisa kembali.

2. Mengirimkan Pesan kepada Pemegang iPhone

Mengirimkan pesan kepada pencuri atau pemegang iPhone saat ini juga bisa dilakukan. Ini adalah cara alternatif lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk melancar iPhone yang tercuri. Kirimkan pesan singkat kepada pencuri agar iPhone bisa dikembalikan dengan beberapa syarat tertentu.

Para pemegang iPhone yang dikunci dari jauh memang tak bisa melakukan apapun. Karenanya, lakukan negosiasi saja agar pemegang iPhone yang hilang tersebut mau mengembalikan smartphone tersebut. Pengiriman pesan yang tepat akan memudahkan semuanya.

3. Lapor ke Pihak Berwajib

Lapor ke pihak berwajib juga bisa menjadi ospi yang bisa digunakan. Ini adalah cara alternatif lain untuk bisa mencari dan menemukan iPhone yang hilang. Dalam hal ini, kita bisa lapor ke kepolisian dan pihak provider seluler yang sediakan layanan komunikasi.

Melapor ke pihak berwajib perlu dilakukan jika di dalam iPhone tersebut ada file dan data yang penting. Biar tak disalahgunakan, pelaporan ke pihak berwajib itu memang harus segera dilakukan. Dengan begitu, iPhone yang hilang tetap aman dan tak disalahgunakan.

FAQ | Melacak iPhone yang Berada dalam Kondisi Mati

Apakah bisa melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati?

Bisa. Pelacakan iPhone tetap bisa dilakukan meski dalam keadaan mati.

Bisakah iPhone yang mati ditemukan dengan Find My iPhone?

Bisa. Dengan melihat lokasi terakhir, pengguna bisa temukan iPhone dengan fitur tersebut.

Kenapa harus melacak iPhone yang hilang dengan Find My iPhone?

Untuk memudahkan proses pencarian karena fitur ini memang dibuat untuk hal tersebut.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.