Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Beranda ยป Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Tak usah bingung tentang cara melihat hasil backup Iphone di komputer. Sebab, cara untuk melihat hasil backup Iphone pada komputer itu cukup mudah. Hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk bisa melihat langsung hasil dari proses backup Iphone lewat komputer.

Jika melakukan backup dengan komputer, hasilnya bisa dilihat langsung. Hal seperti ini akan dicari terus oleh para pengguna Iphone yang memang melakukan backup ke komputer. Berikut ini adalah panduan dalam melihat hasil backup Iphone di komputer secara mudah.

Syarat Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Ada sejumlah syarat dalam melihat hasil backup Iphone di komputer. Segala macam syarat tersebut perlu dipahami agar segalanya jadi menguntungkan. Berikut ini beberapa syarat dalam melihat hasil backup Iphone di komputer.

1. Komputer Aktif

Syarat utama adalah memastikan komputer aktif. Memastikan bahwa komputer yang digunakan itu aktif memang amat krusial. Kalau mau lihat hasil backup, maka komputer yang aktif adalah syarat utamanya. Tanpa ada komputer yang aktif, proses backup tak bisa dilakukan.

2. Pastikan Backup Berhasil

Memastikan bahwa proses backup itu berhasil juga sangat penting. Pastikan bahwa proses backup telah berhasil. Dengan begitu, hasil backup bisa terlihat langsung di komputer. Ini adalah salah satu syarat utama dan penting biar bisa lihat backup Iphone di komputer.

3. File Komputer Bisa Diakses

Pastikan bahwa file komputer output backup itu bisa diakses dengan sempurna. Syarat macam ini juga harus dipenuhi. Dengan memastikan ada file komputer yang bisa diakses, proses melihat hasil backup akan jadi lebih mudah.

Cara Lihat Hasil Backup Iphone di Komputer

Cara untuk bisa lihat hasil backup Iphone di komputer itu cukup mudah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja, semuanya bisa dilihat langsung. Ini dia panduan dalam melihat hasil backup Iphone di komputer dengan mudah.

1. Cara Lihat Hasil Backup Iphone di Komputer macOS

Jika backup dilakukan dengan komputer dengan macOS, pengguna bisa pakai fitur Finder. Fitur Finder tersebut telah tersedia di macOS dan tinggal digunakan saja. Ini dia cara melihat hasil backup Iphone pada komputer macOS.

  • Buka aplikasi Finder di macOS
  • Pilih opsi Go
  • Tuju menu Folder
  • Tuliskan /Library/Application Support/MobileSync/Backup
  • Nantinya akan muncul file atau data yang sudah dibackup
  • Pilih opsi Manage Backup kalau mau pindahkan suatu file
  • Jika telah selesai pilih OK

2. Cara Lihat Hasil Backup Iphone di Komputer Windows

Beda ceritanya kalau yang dipakai backup adalah komputer dari Windows. Proses melihat hasil backup Iphone di Windows tak terlalu sulit. Ini dia cara melihat hasil bakup Iphone melalui komputer dengan sistem operasi Windows.

  • Akses menu pencarian di Taskbar
  • Masukkan perintah %appdata%
  • Selanjutnya klik enter
  • Pilih menu Apple Computer
  • Lanjutkan dengan pilih menu MobileSync
  • Masuk ke menu backup
  • Nantinya akan muncul hasil dari backup di komputer Windows

File Backup Iphone Apa Saja yang Bisa Dilihat di Komputer

Ketahui juga apa saja file backup Iphone yang bisa dilihat di komputer. File yang ada di Iphone memang tak semuanya bisa terbaca langsung. Apalagi kalau pakai komputer Windows. Biar jelas, ini dia beberapa file backup Iphone yang bisa dilihat di komputer.

1. File Foto

Jenis file pertama yang dapat dilihat langsung di komputer adalah file foto. File yang berbentuk foto maupun gambar akan bisa dilihat secara mudah pada komputer. Sebab, ekstensi dari file foto atau gambar pasti dapat terbaca pada komputer. Baik macOS atau Windows.

2. File Video

File video juga bisa dilihat langsung pada komputer yang dijadikan sebagai tempat backup. Semua file yang bentuknya video langsung bisa diputarkan juga pada komputer. Sebab, ekstensi file video di Iphone dan komputer itu sama.

3. Data Aplikasi

Data dari aplikasi yang ada di Iphone itu juga bisa dilihat. Dengan data aplikasi yang muncul tersebut, pengguna bisa melihat apa saja aplikasi yang sudah terinstall. Bagi sebagian pengguna, data aplikasi itu memang penting untuk diperhatikan.

4. File Audio

File audio juga bisa dilihat dari Iphone yang dibackup via komputer. File audio tersebut bisa dibuka dan didengarkan langsung pada komputer. Jadi, cukup mudah untuk membuka, melihat dan memainkan file audio yang sudah dibackup.

FAQ | Cara Melihat Hasil Backup Iphone di Komputer

Apakah bisa mengatur output backup Iphone di komputer?

Bisa. Semuanya bisa diatur melalui Iphone yang digunakan.

Bisakah hasil backup Iphone di komputer dipindahkan?

Bisa. Setelah backup selesai, maka file atau data bisa dipindahkan sesuka hati.

Kenapa hasil backup Iphone di komputer tak terlihat?

Biasanya karena proses backup tak berhasil atau terganggu.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.