4 Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung [Gampang]

Beranda » 4 Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung [Gampang]
Advertisement

Mengenai bagaimana cara melihat penyimpanan HP Samsung, ternyata sangat mudah juga bisa kamu lakukan. Walaupun pengguna baru Samsung.

Samsung sendiri merupakan salah satu HP Android dengan merk terkenal, pun tentu pasarnya luas. Pengguna Samsung di Indonesia pun sangat tinggi, termasuk kamu pun jadi salah satu penggunanya bukan. Sebagai penggunanya, tentu harus tahu bagaimana cara melihat penyimpanannya.

Mengenal Sekilas Sistem Penyimpanan HP Samsung

Penting untuk diketahui terlebih dahulu, bahwa Storage Device atau penyimpanan, menjadi tempat sistem operasi juga aplikasi terpasang.

Sisa dari penyimpanan tersebut, dapat digunakan untuk menyimpan banyak berkas serta dokumen. Termasuk video, file atau bahkan apk lainnya. Perangkat penyimpanan tersebut tidak bisa dihapus otomatis, serta bersifat lebih lambat jika dibandingkan dengan RAM.

Sementara itu, RAM merupakan Random Access Memory. Menjadi sistem memori HP yang digunakan CPU untuk dapat menyimpan aplikasi sedang berjalan. Juga berfungsi secara baik.

Dirangkum berdasarkan halaman website resmi Samsung. Ternyata cara cek memori dan penyimpanan HP Samsung bisa dilakukan dengan beberapa metode. Juga bisa dilakukan tanpa aplikasi. Salah satunya dengan memanfaatkan menu Settings, serta sistem fitur Smart Manager.

Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung  dari Menu Settings

Settings merupakan sistem kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk mengatur penggunaan HP lebih maksimal. Dari menu Settings juga kamu bisa melihat bagaimana penyimpanan HP. Mulai dari penyimpanan internal, hingga sistem penyimpanan eksternal jika memilikinya.

Nah, untuk dapat melihat sistem penyimpanan di HP Samsung menggunakan menu Settings bagaimana. Langsung saja simak pembahasan dan uraian di bawah in sampai selesai, hingga paham.

  1. Pertama, langsung buka HP Samsung dan pilih menu Settings seperti biasanya
  2. Kemudian cari sub menu Device Maintenance yang berisi beberapa opsi pilihan lain
  3. Dari pilihan yang tersedia, bisa langsung pilih menu Battery, Storage serta Memory
  4. Hal tersebut bisa dicari dengan kamu menggulir halaman Pengaturan kebagian bawah
  5. Klik langsung opsi dengan ikon SIM Card
  6. Kemudian sistem layar Samsung akan menampilkan sisa memori pada perangkat secara jelas
  7. Jumlah total RAMnya, berikut dengan jumlah total yang digunakan aplikasi hingga sistem layanan
  8. Daftar aplikasi akan muncul pada bagian bawah, dengan rincian aplikasi apa saja yang memakan memori paling besar
  9. Jika ingin menghapus dan membersihkan memori tersebut, bisa langsung klik opsi dengan keterangan Clean Now.

Perintah tersebut tidak hanya sekadar pengaplikasian dari bagaimana cara melihat penyimpanan HP Samsung. Namun juga bisa membuat kamu melakukan pembersihan ruang memori RAM.

Sementara itu, jika ingin mengecek penyimpanan pada HP Samsung dari menu Pengaturannya. Kamu bisa simak beberapa langkah dan metode di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka kembali menu Settings atau menu Pengaturan seperti biasanya
  2. Berikutnya klik dan cari sub menu Device Maintenance atau keterangan Device Care
  3. Cari keterangan Storage, dengan hal tersebut maka layar HP akan menampilkan beberapa penyimpanan yang tersisa
  4. Jika kamu menggunakan kartu memori atau SD Card, maka sisa penyimpanan memori pasti akan ditampilkan dibagian bawah layar.

Nah, itulah tentang bagaimana cara melihat penyimpanan HP Samsung menggunakan menu Settings. Dan seperti janji sebelumnya, bahwa kamu tidak hanya akan dapat melihat penyimpanan HP Samsung dari menu Settings saja. Namun juga perintah lainnya. Bagaimana caranya?

Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung  dengan Smart Manager

Smart Manager adalah salah satu aplikasi yang menawarkan beragam jenis menu. Lebih tepatnya menyediakan empat menu utama. Yakni menu Battery Manager, RAM Manager, Storage Manager, hingga sistem menu Device Security Manager.

Adapun tentang bagaimana cek memori HP Samsung menggunakan fitur Smart Manager, bisa langsung kamu simak pembahasan di bawah ya.

  1. Pertama, seperti biasa kamu bisa langsung menuju dan membuka menu Settings
  2. Berikutnya pilih lagi sub menu Smart Manager
  3. Dari keterangan dan opsi tersebut, maka layar akan menampilkan informasi lengkap mengenai baterai tersisa. Kemudian penyimpanan hingga RAM yang digunakan serta keamanan di perangkat
  4. Jika ingin melihat penyimpanan, maka pilih opsi sub menu Storage Manager atau RAM Manager
  5. Kemudian nanti sistem HP Samsung akan menampilkan kapasitas memori HP yang sudah dipakai serta sisanya secara jelas.

Nah, itulah tentang bagaimana cara melihat penyimpanan HP Samsung yang bisa dilakukan dengan mengandalkan sistem bawaan perangkat.

Selain dapat mengandalkan sistem bawaannya, kamu pun sebagai pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Yang secara mudah bisa didapatkan dari Google Play Store.

Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung  dengan Apps Tambahan

Ya, aplikasi tambahan ini dapat dipastikan nyaman digunakan. Juga dapat memberikan informasi tentang sistem penyimpanan dari HP Samsung yang kamu miliki. Untuk tahu jelas nama aplikasinya apa saja, yuk langsung simak pembahasan lengkap di bawah ini.

1. CPU-Z

Jika tidak ingin mengaplikasikan cara-cara dan metode sebelumnya, maka kamu bisa coba pasang aplikasi CPU-Z dari Google Play Store.

Dimana aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk dapat melihat spesifikasi sebuah HP secara informatif dan tentu saja sangat detail. Untuk tahu bagaimana cara menjalankannya, simak langsung ulasannya ya.

  • Pertama, jika aplikasinya belum terpasang dan belum kamu miliki. Maka bisa langsung download terlebih dahulu dan install aplikasi CPU-Z di HP Samsung dari Google Play Store secara langsung
  • Berikutnya, jika sudah terdownload dan sudah terpasang. Maka langsung buka dan jalankan aplikasinya
  • Sistem aplikasi akan menampilkan beberapa menu, pilih langsung bagian Device untuk melanjutkan
  • Berikutnya, kamu akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi perangkat Samsung
  • Mulai dari kapasitas memori, model, hingga total RAM  dan sisa RAM setelah digunakan.

Selain itu, kamu juga masih dapat menikmati fungsi lebih lanjut dari aplikasi CPU-Z. Mulai dari mengetahui sistem Android yang digunakan, hingga battery health secara jelas.

2. AID64

Sebagai cara melihat penyimpanan HP Samsung dengan bantuan aplikasi berikutnya, adalah kamu bisa memanfaatkan aplikasi AIDA64.

Aplikasi ini sangat berguna untuk dapat melihat sisa serta total RAM di HP Samsung. Sistem Appsnya sangat baik, terutama jika ingin digunakan untuk mengecek spesifikasi lengkap HP Samsung yang kamu miliki. Buktinya, AIDA64 ini memiliki fitur untuk dapat melihat jenis RAMnya secara jelas.

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, langsung download dan pasang terlebih dahulu aplikasi AIDA64 dari Google Play Store seperti biasa
  • Selanjutnya kamu bisa langsung buka serta jalankan aplikasi dengan klik keterangan System
  • Dari keterangan tersebut, di layar HP kamu akan menemukan informasi lengkap tentang HP Samsung
  • Keterangan tersebut meliputi kapasitas memori internal, jenis RAM serta kapasitas RAM.

Tidak hanya itu saja, fungsi dari aplikasi AIDA64 ini pun diantaranya dapat mengetahui sistem Android yang digunakan. Mulai dari Chipset, CPU hingga GPU.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Melihat Penyimpanan HP Samsung 

Bagaimana Jika Ternyata Penyimpanan HP Samsung Penuh?

Sebagai pengguna kamu harus membersihkannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Penyimpanan HP Samsung?

Kamu dapat memanfaatkan fitur cleaner yang disediakan Samsung, atau bisa mendapatkannya dari Google Play Store.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.