Cara Memasukkan Gambar di Microsoft Word

Beranda » Cara Memasukkan Gambar di Microsoft Word

Cara memasukkan gambar di Microsoft Word sangatlah mudah. Buat yang sering menggunakan word pasti paham caranya. Namun buat pemula, memasukkan gambar di Microsoft word bisa menjadi perkara yang sulit. Sehingga, perlu dipelajari caranya dengan tepat.

Memang ada beberapa cara dalam menambahkan atau memasukkan gambar di word. Berbagai cara tersebut memang perlu dipahami dan dipelajari dengan baik. Berikut ini beberapa cara memasukkan gambar di Microsoft Word dengan mudah.

Cara Memasukkan Gambar di Microsoft Word

Proses memasukkan gambar di Microsoft word itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Segala macam cara ini bisa diandalkan untuk dapat masukkan gambar maupun grafik ke word. Biar lebih mudah memahaminya, berikut ini beberapa cara masukkan gambar di Microsoft word.

1. Menggunakan Menu Insert di Word

Jika ingin memasukkan gambar dari folder laptop atau PC, maka gunakanlah opsi Insert pada word. Menu ini memang khusus dibuat untuk menambahkan gambar dengan mudah di word. Berikut ini cara memasukkan gambar di Microsoft word dengan menu insert.

  • Buka file dokumen baru di word
  • Pilih menu opsi Insert di bagian atas
  • Pilih menu Picture
  • Pilih this device
  • Cari file gambar di laptop atau PC
  • Klik Insert di box
  • Gambar akan muncul di halaman word

2. Memasukkan Gambar Online ke Word

Memasukkan gambar online dari sejumlah situs juga bisa dilakukan pada word. Hanya perlu melakukan sejumlah langkah sederhana saja untuk bisa masukkan gambar online tersebut. Ini dia tata cara masukkan gambar online ke word.

  • Pastikan terhubung dengan internet
  • Buka halaman baru di word
  • Pilih menu Insert di bagian atas word
  • Pilih menu Picture
  • Pilih opsi Stock Image atau Picture Online
  • Pilih gambar yang tersedia secara online
  • Masukkan gambar ke word
  • Gambar online akan muncul di halaman word

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memasukkan Gambar di Word

Tentunya ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau memasukkan gambar di lembar kerja word. Hal ini untuk memastikan bahwa gambar di word benar – benar terupload secara sempurna. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau masukkan gambar ke word.

1. Size Gambar

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mau memasukkan gambar di word adalah ukuran dari gambar tersebut. Ukuran atau size memang perlu dapatkan atensi lebih. Jangan sampai gambar memiliki ukuran yang besar karena bisa memperlambat kinerja dari word.

Memperhatikan size gambar memang penting. Kalau ukuran gambar terlalu besar, sebaiknya kecilkan dulu dengan editor photo seperti Photosop.

2. Ekstensi Gambar

Ekstensi gambar yang ditambahkan ke word juga perlu mendapatkan atensi. Jangan sampai gambar yang mau ditambahkan punya ekstensi yang tak terbaca di lembar kerja word. Misalnya gambar yang mau disisipkan ke word punya ekstensi cdr atau psd yang tak akan bisa dibaca.

Jika gambar yang mau ditambahkan punya ekstensi berbeda, sebaiknya convert dulu ke file yang biasa seperti jpeg. Hal ini akan memudahkan proses menambahkan gambar ke word.

3. Jumlah Gambar

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah jumlah gambar. Jumlah gambar yang disisipkan tersebut harus sesuai agar file word tak terlalu besar. Tambahkan gambar secukupnya agar file dari dokumen word tak terlalu berat supaya mudah dibuka nantinya.

Banyak tidaknya gambar ini memang jadi hal yang harus diperhatikan. Karenanya, selalu usahakan menambahkan gambar ke word secukupnya biar tidak ada masalah yang mendera.

Pahami Alasan Gagal Memasukkan Gambar di Microsoft Word

Pengguna juga harus memahami sejumlah alasan kenapa bisa gagal memasukkan gambar di word. Sejumlah alasan ini perlu dipahami oleh para pengguna word. Berikut ini beberapa alasan kenapa seseorang gagal memasukkan gambar di word.

1. File Punya Size Terlalu Besar

File gambar yang ukurannya terlalu besar adalah salah satu penyebab utama dari gambar di word. Karena itu memperhatikan size gambar yang ditambahkan itu memang harus disesuaikan. Karenanya, size file adalah sesuatu yang perlu dicermati dengan baik dan benar.

2. Ekstensi Gambar Tak Didukung di Word

Kegagalan juga bisa disebabkan oleh ektensi gambar yang tak didukung pada word. Ektensi gambar yang tak didukung word memang ada banyak. Misalnya cdr, psd, hingga raw. Karenanya, kalau tak mau gagal dalam sisipkan gambar ke word, usahakan pakai gambar dengan ekstensi yang tepat.

3. Word Bermasalah

Kegagalan dari kirim atau sisipkan gambar di word juga dapat disebabkan oleh masalah pada word itu sendiri. Masalah pada word yang rusak atau sudah terlalu lama juga jadi penghalang dari proses menyisipkan gambar ke word. Periksa terus word yang digunakan biar masalah bisa dicegah.

4. Word Belum Update

Tidak bisa memasukkan gambar ke word juga bisa disebabkan oleh belum diperbaharuinya word. Word yang belum update itu memang kerap menjadi masalah. Karenanya, word yang belum update itu kerap menjadi biang keladi dari masalah memasukkan gambar ke word.

FAQ | Cara Memasukkan Gambar di Microsoft Word

Bisakah memasukkan gambar bergerak di word?

Tidak bisa. Tak dapat memasukkan gambar bergera di word.

Berapa size gambar maksimal yang bisa dimasukkan ke word?

Tidak ada batasan pasti namun sebaiknya file maksimalnya adalah 50 mb.

Kenapa bisa gagal memasukkan gambar di word?

Karena word belum update atau ektensi gambar tak bisa terbaca di word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.