Cara Mematikan Gesture di HP Oppo dan Mengaktifkannya Lagi

Beranda » Cara Mematikan Gesture di HP Oppo dan Mengaktifkannya Lagi
Advertisement

Bagaimana panduan cara mematikan gesture di HP Oppo kiranya banyak dicari orang-orang, dan kamu pun jelas menjadi salah satunya. Benar demikian bukan?

Gesture sendiri jadi salah satu fitur unggulan dan memudahkan aktivitas penggunanya. Namun terkadang fitur gesture juga tidak dibutuhkan oleh pengguna, dan harus dinonaktifkan. Bagaimana caranya?

Syarat Ketentuan Bisa Menggunakan Gesture di HP Oppo

Jika tidak ingin menggunakan satu fitur dalam satu HP, jelas bukan berarti bukan tidak membeli HPnya bukan? Karena ada fitur menghidupkan dan mematikan fiturnya, maka pengguna cukup melakukan hal tersebut.

Namun untuk bisa menggunakan fiturnya, atau bahkan mematikan fitur gesture dari HP Oppo. Maka pengguna harus mengetahui syarat ketentuannya terlebih dahulu, nah apa syarat ketentuan dari HP Oppo tersebut?

Salah satu ketentuannya adalah sistem Android di HP Oppo kamu harus sudah lebih dari Android 8.0. Jika Android di HP kamu sudah lebih dari versi tersebut, maka sistem fitur gesture pasti disediakan.

Hal tersebut disampaikan karena memang untuk versi Android di Oppo yang tertentu. Belum dilengkapi fitur ini. Terutama untuk HP Oppo versi lama, atau versi jadul.

Jika HP kamu sudah dipastikan, juga sudah sesuai dengan ketentuan serta syarat tadi. Maka kamu bisa coba aplikasikan panduan cara mematikan gesture di HP Oppo di bawah ini.

Cara Mematikan Gesture di HP Oppo dengan Mudah

Cara mematikan gesture di HP Oppo terbilang sangat gampang, sebab fiturnya sendiri sudah disediakan oleh pihak pengembang. Dan kamu sendiri dapat mengaksesnya dari menu Setting atau dari menu Pengaturan secara langsung. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, kamu bisa masuk langsung ke Menu Pengaturan atau menu Setting terlebih dahulu
  2. Langsung masuk ke pilihan sub menu Alat Praktis dan Convenience Tools yang ada di menunya
  3. Kemudian bisa langsung memilih opsi Gesture dan Gerakan atau pilihan Gesture & Motions
  4. Berikutnya, langsung pilih opsi menu Screen Off Gesture
  5. Nanti sistem Pengaturan akan memberikan kamu akses sistem toggle
  6. Jika ingin mematikan fitur Gesturenya, tinggal arahkan toggle ke sebelah kiri
  7. Bila toggle Screen Off Gesture sudah berada dibagian kiri, maka bisa dipastikan fiturnya sudah mati. Atau sudah tidak aktif.

Dengan panduan cara mematikan gesture di HP Oppo di atas, maka kamu sudah tidak bisa mengakses lagi fitur gesture dengan gerakan-gerakan tertentu. Namun jika ingin mengaktifkannya kembali, bisa coba simak kembali uraian dan langkah berikutnya.

Cara Mengaktifkan Gesture di HP Oppo

Jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, cukup lakukan tahap sebelumnya dan dilakukan dengan tahap sebaliknya. Namun jika ingin lebih jelas lagi, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, nyalakan HP Oppo kamu dan langsung buka menu Setting atau menu Pengaturan
  2. Jika sudah langsung cari sub menu Smart & Convenient
  3. Dari sub menu tersebut, kamu akan disajikan beberapa menu lainnya. Dan salah satunya adalah menu Gesture & Motions atau Gestur dan Gerakan
  4. Advertisement
  5. Klik sub menu tersebut, kemudian buka sub menu Screen-Off Gesture
  6. Selanjutnya, kamu pun akan diberikan sistem toggle untuk mengaktifkan kembali fitur gesturenya
  7. Toggle ke sebelah kanan untuk mengaktifkan dan toggle ke sebelah kiri untuk mematikan
  8. Jika ingin mengaktifkan fiturnya, cukup arahkan toggle ke sebelah kanan dan kamu pun sudah bisa menggunakan lagi fiturnya secara langsung.

Pilihan Gesture di HP Oppo yang Memudahkan

Ya, pihak pengembang atau pihak Oppo yang mengembangkan sistem operasinya. Telah berhasil mengembangkan fitur dengan sangat baik, termasuk fitur gesture yang dapat memudahkan pengguna dalam aktivitas dan kegiatan di HPnya. Nah, fitur gesture apa saja yang disediakan?

  1. Double Tap untuk menghidupkan layar saat keadaan mati
  2. Menggambar bentuk O untuk membuka kamera saat keadaan layar mati
  3. Gambar bentuk V untuk bisa menyalakan flash saat keadaan layar mati
  4. Menggambar bentuk garis dua untuk Pause atau Play lagu, menggambar bentuk “<” dan “>” untuk memindahkan track yang sedang didengarkan saat keadaan layar mati.

Dan benar, bahwa fitur gesture ini hanya dapat digunakan dan berfungsi saat layar HP sedang mati. Dengan kamu menggambar bentuk tertentu, seperti bentuk O. Maka sistem HP akan langsung membuka kamera.

Begitu juga dengan ketika menggambar bentuk V saat layar HP dalam keadaan mati, maka flashlight akan langsung menyala secara otomatis. Sangat menguntungkan dan memudahkan pengguna Oppo untuk melakukan perintah tertentu bukan?

Selain itu, penting untuk diketahui. Bahwa sistem gesture ini adalah sistem gesture gerakan, dimana pengguna langsung menyentuh layar dari HPnya.

Lain dengan sekarang, bahwa Oppo juga ternyata menghadirkan fitur Air Gesture. Jadi gerakannya menggunakan udara, hanya gerakan saja tanpa harus menyentuh layar HPnya secara langsung.

Namun untuk menggunakan fitur air gesture, HP Oppo kamu harus menggunakan versi paling anyar. Mulai dari jenis Oppo versi Reno 4, Oppo Reno 5, atau bahkan Oppo A96 dengan sistem Android dan sistem OS lebih anyar.

FAQ │Pertanyaan Tentang Panduan Cara Mematikan Gesture di HP Oppo

Apakah dengan Mematikan Gesture di HP Oppo Akan Menurunkan Performa dari HP?

Tentu saja tidak, karena fitur gesture ini hanya sebagai fitur dan pelengkap agar bisa memudahkan penggunanya.

Apakah Ada Cara Lain untuk Memastikan Fitur Gesture di HP Oppo?

Ada, kamu dapat mengaktifkan dan mematikan fiturnya dengan aplikasi pihak ketiga.

Apakah Semua Tipe HP Oppo Bisa Menggunakan Fitur Gesture?

Tidak, hanya beberapa tipe HP dan versi OS tertentu saja.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.