Cara Mematikan HP VIVO Tanpa Tombol Power dan Otomatis

Beranda ยป Cara Mematikan HP VIVO Tanpa Tombol Power dan Otomatis

Semua smartphone dirancang dengan teknologi super canggih, hal tersebut memang dapat memenuhi kebutuhan kita tentang gadget. Namun kadang hal inilah yang membuat kinerja baterai harus on terus menerus, hingga boros dan cepat habis, begitu pula yang terjadi dengan ponsel VIVO.

Maka dari itu, kadang kita perlu mematikan beberapa saat ponselnya untuk menghemat baterai. Adapun orang yang punya alasan lain ketika ingin mematikan ponselnya. Nah, cara mematikan HP VIVO ini bisa dilakukan tanpa tombol power, di schedule hingga pakai tombol.

Semua cara tersebut bisa digunakan untuk mematikan ponsel dengan mudah dan cepat. Untuk penjelasan lengkapnya sudah saya tuliskan panduannya di artikel ini. Bagi kamu yang penasaran, silakan baca artikel ini sampai akhir.

Cara Mematikan HP VIVO Tanpa Tombol Power

Mematikan HP VIVO ataupun HP lain, umumnya dimatikan menggunakan tombol power. Namun, selain menggunakan tombol power ternyata, kamu juga bisa gunakan cara lain lho. Berikut adalah langkah-langkah mematikan HP VIVO tanpa menggunakan tombol:

  1. Buka ponsel VIVO
  2. Buka aplikasi pengaturan
  3. Tap menu shortcut & accessibility
  4. Scroll ke bawah, tap menu accessibility
  5. Matikan fungsi tombol power dengan memilih accessibility menu
  6. Aktifkan tombol sakelar di samping menu Accessibility menu shortcut
  7. Tap allow
  8. Izinkan akses lainnya
  9. Pilih menu pengaturan
  10. Tap menu accessibility button
  11. Tap tombol Save
  12. Setelah itu, tombol melayang Accessibility Menu akan muncul
  13. Tap tombol tersebut untuk mematikan daya ponsel
  14. Lalu pilih Power
  15. Tapi menu Power off
cara mematikan hp vivo tanpa tombol power

Note:

Cara ini sebenarnya masih menggunakan tombol. Tapi bukan tombol power. Fungsi tombol power ini dipindahkan ke tombol lain.

Cara Mematikan HP VIVO Secara Otomatis (Schedule)

HP VIVO juga bisa lho kamu matikan secara otomatis atau secara terjadwal. Cara ini sangat cocok kamu gunakan saat malam hari. Agar ketika kamu tidur, HP akan mati sehingga baterainya akan tetap awet karena ponsel mati tidak menggunakan daya.

Berikut adalah langkah-langkah mematikan ponsel VIVO secara otomatis melalui pengaturan waktu (Schedule):

  1. Buka ponsel VIVO kamu
  2. Buka aplikasi pengaturan
  3. Pilih pengaturan lainnya
  4. Pilih pengaturan waktu tugas
  5. Tap meu daya hidup/mati terjadwal
  6. Silakan kamu atur waktunya sesuai dengan keinginan
  7. Klik OK

Note:

HP VIVO kamu tidak akan mati langsung, tapi dia akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kamu setting. Dia akan mati secara otomatis.

Cara Mematikan HP VIVO Y20 Secara Manual

Cara mematikan HP VIVO paling mudah dan paling simpel, kamu bisa gunakan cara default yaitu dengan menggunakan tombol power. Caranya ya sangat mudah. Kamu tinggal pencet saja tombol power beberapa waktu, nanti ponsel VIVO akan mati.

Ponsel akan mati setelah muncul screen saver sebelum menutup layar. Itu artinya, HP VIVO kamu sudah dalam keadaan mati. Jika suatu waktu kamu ingin menyalakan kembali ponselnya, kamu tinggal pencet lagi saja tombol power tersebut.

Cara Mematikan HP VIVO dengan Tunggu Abis Baterai

Jika HP VIVO kamu berada dalam kondisi hang dan tidak bisa diapa-apain, cara terbaik untuk mematikanya adalah menunggu saja sampai baterai ponselnya habis. Nanti juga jika baterai HP VIVO kamu habis, maka ponselnya akan mati.

Namun, biasanya HP VIVO yang ngehang ini ponsel akan meningkat suhunya. Simpan HP di atas teras rumah supaya bisa mendinginkan HP. Jika HP sudah mati, jangan langsung dicharge, diamkan dulu beberapa saat saja sampai HP dingin.

FAQ

Bagaimana mematikan HP Vivo Y36?

Buka ponsel, tekan tombol power, tunggu sampai layar mati.

Apakah mematikan HP VIVIO tanpa tombol ini aman?

Ya tentu. Karena kamu hanya memindahkan fungsi tombol power saja diganti dengan tombol lain.

Apakah cara mematikan HP VIVO ini bisa digunakan di type lain?

Ya bisa. Kamu bisa gunakan untuk HP VIVO Y17, Y27. Y27e, Y29, Y36 ataupun Y02T.

M Arthur
M Arthur

Web developer dan penulis teknologi profesional sejak tahun 2010. Kontributor media nasional Kompas, IDNTimes, Republika dan penulis di Medium.