Cara Mematikan Talkback Samsung dengan Mudah

Beranda » Cara Mematikan Talkback Samsung dengan Mudah
Advertisement

Cara mematikan Talkback Samsung itu tak sulit sama sekali. Dengan sejumlah cara atau metode yang sederhana saja, proses untuk mematikan fitur Talkback Samsung bisa dilakukan secara mudah. Hal itu benar – benar perlu mendapatkan atensi dan perhatian khusus.

Fitur Talkback Samsung memang bermanfaat bagi sejumlah pengguna disabilitas. Utamanya bagi penyandang tunanetra atau penderita gangguan penglihatan. Lalu, seperti apa cara mematikan fitur tersebut di Hp Samsung? Berikut ini panduan dalam mematikan Talkback Samsung.

Memahami Fungsi Talkback Samsung

Sebelum bahas cara mematikannya, ada baiknya untuk memahami aneka fungsi dari Talkback Samsung. Memang terdapat sejumlah fungsi penting dari fitur tersebut. Ini dia beberapa fungsi utama dari fitur Talkback di Hp Samsung yang perlu diketahui.

1. Membantu Penyandang Tunanetra

Fitur Talkback Samsung itu memang dihadirkan kepada para penyandang tunanetra. Dengan fitur atau layanan tersebut, penyandang tunanetra bisa memanfaatkan semua fungsi dari Hp Samsung secara maksimal. Hal ini benar – benar berguna buat para penyandang tunaetra.

Pada prinsipnya, fitur ini memang ditujukan kepada teman – teman penyandang tunanetra. Melalui fungsi yang ditawarkan pada Talkback Samsung tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam mengatur penggunaan Hp Samsung.

2. Memudahkan Pengguna yang Bermasalah dengan Penglihatan

Para pengguna yang bermasalah dengan gangguan penglihatan juga bisa menggunakan fitur ini. Dengan fitur ini, pengguna yang terganggu penglihatannya bisa memakai semua layanan di Hp Samsung dengan bantuan suara.

Dengan memakai fungsi Talkback tersebut, para pengguna bisa mengatur semua fungsi pada Hp Samsung dengan suara saja. Kalau mau telepon, kirim SMS, hingga kirim email semuanya bisa lewat suara dengan layanan Talkback Samsung tersebut.

3. Memudahkan Pemakaian Hp dengan Suara

Pada dasarnya, Talkback pada Samsung ini akan membuat segala sesuatunya jadi lebih mudah dengan bantuan suara. Ketika mau buka aplikasi di Samsung, tinggal bilang saja lewat suara. Nantinya aplikasi akan terbuka sesuai dengan perintah suara yang diberikan.

Konsep asisten dengan suara ini memang bisa menguntungkan banyak pengguna. Jadi, para pengguna yang ingin optimalkan layanan fitur suara, tak ada salahnya untuk menggunakan Talkback Samsung. Dengan perintah suara, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

4. Memudahkan Penggunaan Hp Samsung dengan Mode Sentuhan

Memudahkan penggunaan Hp Samsung dengan mode sentuhan juga merupakan fungsi utamanya. Dengan sejumlah shortcut sentuhan yang tersedia, pengguna akan dimudahkan. Tinggal gerakkan jari pada posisi – posisi tertentu.

Memang fitur Talkback tersebut bisa dimaksimalkan juga dengan sentuhan. Pengguna bisa mengatur sendiri sentuhan atau gerakan seperti apa yang akan dilakukan pada Hp Samsung yang mau digunakan. Sentuhan sederhana bisa langsung digunakan untuk atur Hp.

Cara Mematikan Talkback Samsung dengan Mudah

Cara mematikan Talkback Samsung itu tak sulit sama sekali. Dengan cara – cara sederhana, proses mematikan fungsi atau fitur tersebut bisa dilakukan langsung. Jadi, amat penting untuk memahami cara untuk mematikan fungsi dari aplikasi Talkback tersebut.

Advertisement

Perhatikanlah cara mematikannya dengan sesuai. Ada 3 cara yang bisa dipakai untuk mematikan aplikasi Talkback tersebut. Supaya jelas, ini dia cara mudah dalam mematikan fitur Talkback Samsung.

1. Lewat Menu Setting

Proses sederhana untuk mematikan fungsi Talkback Samsung adalah lewat menu setting. Menu setting pada Hp Samsung itu memang bisa digunakan langsung. Sehingga, pastikan pakai menu tersebut. Berikut ini adalah cara mematikan Talkback Samsung dengan setting.

  • Masuk ke setting atau pengaturan di Samsung
  • Cari menu accessibility di pengaturan Samsung
  • Carai dan kemudian pilih menu TalkBack
  • Geser toogle bar pada menu Talkback untuk jadi nonaktif
  • Fitur TalkBack di Samsung telah nonaktif

2. Dengan Google Assistant

Penggunaan Google Assistant juga bisa dimanfaatkan selalu untuk matikan Talkback Samsung. Google Assitant ini bisa diaktifkan dengan mudah oleh semua pengguna. Karenanya, cermati terus penggunaannya. Berikut ini cara matikan Talkback Samsung dengan Google Assistant.

  • Pastikan Google Assistant aktif dan bisa dipakai
  • Ucapkan “Hai Google” ke Google Assistant
  • Ucapkan “Matikan fitur Talkback”
  • Google Assistant akan melaksanakan perintah
  • Fitur Talkback di Samsung akan nonaktif langsung

3. Memanfaatkan Tombol Volume

Mungkin banyak yang belum tahu kalau mematikan Talkback Samsung itu bisa menggunakan tombol volume. Penggunaan tombol volume ini akan menyederhanakan semuanya. Berikut ini tata cara mematikan fungsi Talkback Samsung menggunakan tombol volume.

  • Pastikan berada di halaman Home pada Hp Samsung dulu
  • Pastikan tombol volume di Samsung bisa digunakan
  • Tekan dan tahan tombol volume up dan down secara bersamaan
  • Tunggu muncul informasi mengenai menonaktifkan Talkback
  • Tekan lagi kedua tombol selama beberapa detik
  • Tunggulah hingga ada notifikasi mematikan Talkback berhasil

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mematikan Talkback Samsung

Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam mematikan Talkback Samsung. Jika memahami sejumlah hal yang perlu diperhatikan, semuanya akan berjalan lebih lancar. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika mau matikan Talkback Samsung.

1. Pengaturannya

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mematikan Talkback Samsung adalah pengaturannya. Proses pengaturan harus tepat dan sesuai. Dengan begitu, prosesnya akan berlangsung lancar. Jangan sampai pengaturan terlewat karena bisa berdampak pada proses mematikan Talkback.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa pengaturan yang bisa digunakan. Dengan pengaturan yang tepat dan sesuai, proses pengaturan Talkback Samsung itu bisa langsung diaktifkan. Segala macam pengaturan ini harus diperhatikan secara baik dan benar.

2. Tujuan Mematikan

Perlu dipahami juga apa sebenarnya tujuan dari mematikan fitur Talkback Samsung tersebut. Apakah tujuannya karena sudah tak diperlukan lagi atau mau pakai fitur yang lainnya. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik sebelum mematikan Talkback Samsung.

Mengetahui tujuan utama dari mematikan Talkback Samsung itu memang harus jelas. Kalau tujuan utama dalam mematikan aplikasi Talkback Samsung jelas, segalanya akan makin lancar dan bebas dari kendala. Intinya, tujuan dalam mematikan itu memang harus dijelaskan dari awal.

3. Cara Aktivasinya Lagi

Cara untuk kembali mengaktifkan fitur Talkback Samsung itu juga penting untuk diperhatikan. Selain mengetahui cara nonaktifkan Talkback Samsung, sebaiknya pahami juga bagaimana cara mengaktifkannya lagi. Hal tersebut perlu dipelajari juga dengan sangat baik.

Sama seperti saat mematikan fungsinya, cara aktivasinya itu cukup mudah. Melalui cara aktivasi yang tepat dan sesuai, fitur Talkback Samsung itu bisa digunakan lagi. Karenanya pastikan paham cara aktivasi yang sesuai.

FAQ | Cara Mematikan Talkback Samsung

Apakah mematikan fitur Talkback Samsung sulit?

Tidak sulit. Ada 3 cara yang bisa dipilih untuk mematikan fitur Talkback di Samsung.

Apa manfaat utama dari Talkback Samsung?

Memberikan perintah suara kepada Hp Samsung yang digunakan untuk melakukan banyak hal.

Kenapa perlu mematikan fitur Talkback Samsung?

Aplikasi tersebut perlu dimatikan ketika sudah tidak dibutuhkan lagi manfaatnya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.