Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu dari Fisik Hingga Sistem

Beranda ยป Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu dari Fisik Hingga Sistem

Tidak sulit sebenarnya dalam cara membedakan iPhone asli dan palsu. Dengan proses membedakan yang tepat, membedakan iPhone yang asli dan palsu itu selalu mudah dilakukan. Karenanya, tak usah bingung ketika akan membedakan iPhone asli dan palsu.

Sejumlah hal bisa dilakukan untuk langsung membedakan mana iPhone yang asli dan palsu. Karenanya, selalu cermati bagaimana proses untuk bedakan iPhone asli dan palsu. Berikut ini panduan mudah dalam membedakan iPhone asli dan palsu.

Perhatikan Harganya

Cara paling ampuh untuk bedakan iPhone asli dan palsu adalah memperhatikan penawaran harganya. Penawaran harga ini memang jadi salah satu hal yang bisa diperhatikan untuk menentukan apakah sebuah iPhone itu asli atau tidak.

Dalam dunia perdagangan online, kita perlu waspada dengan harga iPhone yang cenderung sangat murah. Misalnya ada yang menjual iPhone 11 baru dengan harga di bawah Rp 5 juta. Kita patut curiga karena di pasaran harga baru iPhone 11 masih di atas Rp 6 juta.

Harga yang tertera memang perlu diwaspadai. Jangan terkecoh dengan harga yang lebih murah. Bisa jadi yang dijual itu bukan iPhone baru melainkan iPhone rekondisi atau refurbish. Ini adalah cara membedakan yang sangat disarankan kepada banyak orang.

Lihat Informasi di Pengaturannya

Jika ingin memastikan iPhone itu asli atau tidak, melihat informasi di about phone juga bisa dilakukan. Pada iPhone yang asli akan terlihat jelas informasi detail mengenai iPhone tersebut. Dari sana bisa dilihat apakah sebuah iPhone itu asli atau tidak.

Cobalah cek ke setting dan about phone. Nantinya ada keterangan atau informasi yang jelas pada iPhone tersebut. Misalnya seri iPhone, nomor seri hingga tahun pembuatan. Semuanya bisa diteliti dulu untuk menentukan apakah iPhone tersebut asli atau tidak.

Pada iPhone yang asli akan ada keterangan lengkap tersebut. Sedangkan pada iPhone palsu, keterangan atau informasinya kadang tidak sesuai. Itulah kenapa pengguna harus selalu lihat informasi di pengaturannya. Informasi di pengaturan memang jadi elemen utama yang harus dilihat.

Rasakan Bahan Materailnya

Perbedaan bahan baku material juga akan selalu bisa dirasakan. Cobalah untuk merasakan seperti apa bahan material dari iPhone. Bahan material yang bagus dan kokoh adalah ciri dariDari sana bisa diketahui langsung apakah iPhone tersebut asli atau tidak.

Pada iPhone yang asli akan terasa bahan metalnya. Bahan metal yang kokoh itu bisa dipegang dan dirasakan dengan tangan telanjang. Ini berbeda dengan iPhone palsu yang bahan materialnya itu lebih terasa seperti plastik.

Membedakan iPhone asli dan palsu memang bisa menggunakan cara merasakan bahan materialnya. Kalau hal ini dilakukan, pengguna bisa lebih mudah dalam bedakan mana iPhone yang asli dan palsu. Kalau merasakan ada kejanggalan pada bahan material, sebaiknya langsung tinggalkan saja.

Perhatikan Ruang Penyimpanannya

Memperhatikan ruang penyimpanan pada iPhone juga sangat penting. Selalu perhatikan ada atau tidaknya slot memori eksternal. Kalau ada slot memori eksternal, bisa dipastikan bahwa itu adalah iPhone palsu. Sebab, Apple tidak pernah membuat slot memori eksternal dalam proudknya.

Pihak Apple memang hanya hadirkan produk tanpa memori eksternal. Kalau mau dapatkan ruang penyimpanan yang besar, Apple sediakan iPhone dengan memori internal yang lebih besar. Intinya, tidak ada yang namanya produk iPhone dengan fitur slot memori eksternal.

Ruang penyimpanan bisa dipilih sesuai dengan harga yang ada. Kalau mau dapatkan internal memori yang besar, maka belilah peroduk iPhone yang memori internalnya lebih besar daripada harga normal. Jangan sampai tertipu dengan tawaran iPhone yang ada opsi memori eksternal.

Perhatikan Kualitas Layarnya

Membedakan iPhone asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan memperhatikan kualitas layarnya. Kualitas layar itu memang perlu dilihat untuk menentukan apakah sebuah iPhone itu asli atau tidak. Ini jadi cara yang mudah untuk memeriksa keaslian dari sebuah iPhone.

Layar iPhone memang sudah dilengkapi teknologi canggih. Misalnya teknologi OLED yang mampu hadirkan layar yang sangat bagus. Lewat kualitas layar OLED yang cerah dan anti glare tersebut, pengguna bisa mendapatkan manfaat yang nyata.

Secara sekilas layar iPhone asli dan palsu memang bisa dilihat secara mudah. Karena itu, cobalah untuk melihat terlebih dahulu bagaimana kualitas layar dari iPhone yang akan dibeli. Pastikan layar dari iPhone tersebut bagus.

Lihat Nomor Serinya

Lihatlah nomor seri atau imei dari iPhone yang digunakan. Ini juga menjadi cara mudah dalam membedakan iPhone asli dan palsu. Nomor seri jadi elemen penting untuk membedakan mana iPhone yang asli dan yang palsu di luar sana.

Nomor seri atau imei bisa dilihat pada box kemasannya. Selain dari box kemasan, kita juga bisa memeriksanya pada menu setting. Pada menu setting tersebut masuklah ke opsi about phone untuk mengetahui informasi mengenai iPhone tersebut.

Lihatlah nomor seri yang tertera kemudian cob acari di situs resmi Apple. Nantinya akan keluar informasi mengenai asli atau tidaknya produk iPhone tersebut. Intinya, selalu perhatikan nomor seri yang ada biar semuanya jadi lancar.

FAQ | Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Apakah ada tanda dari iPhone asli dan palsu?

Tanda paling utama yang bisa diidentifikasi dengan jelas adalah harga yang ditawarkan.

Apa hal utama yang bedakan iPhone asli dan palsu?

Harga dan kualitas layar menjadi hal utama yang bisa dilihat untuk bedakan iPhone asli dan palsu.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.