Cara Membedakan iPhone Rekondisi Agar Tidak Tertipu

Beranda » Cara Membedakan iPhone Rekondisi Agar Tidak Tertipu
Advertisement

Cara membedakan iPhone rekondisi itu sebenarnya tak begitu sulit. Melalui sejumlah langkah dan cara sederhana, proses membedakan iPhone rekondisi bisa dilakukan secara langsung. Lewat ciri – ciri yang terlihat di dalamnya, pengguna bisa dengan mudah membedakan iPhone rekondisi.

Konsumen memang wajib waspada dengan jenis iPhone rekondisi. Jangan sampai tertipu membeli iPhone baru padahal yang dibeli adalah rekondisi. Penting untuk mengenali ciri – cirinya. Berikut ini beberapa cara membedakan iPhone rekondisi dengan mudah.

Apa itu iPhone Rekondisi

Apa sebenarnya definisi dari iPhone rekondisi? Secara sederhana, iPhone rekondisi adalah iPhone yang telah dikemas ulang oleh pihak Apple dan dijual lagi ke pasaran. Produk itu didapatkan Apple dari pembeli yang melakukan penukaran produk karena ada kekurangan atau kerusakan.

Jadi, iPhone yang dikembalikan ke Apple itu tidak dimusnahkan. Tapi diperbaiki kerusakannya. Setelahnya, Apple akan mengemas kembali iPhone tersebut dan dijual kembali. Itulah yang dimaksud dengan iPhone rekondisi.

Pihak Apple sendiri sendiri akan menambahkan keterangan pada box atau kemasan. Itu yang akan menjadi pembeda antara iPhone original dan juga iPhone rekondisi. Jadi, harus diperhatikan keterangan pada kemasan atau box.

Cara Membedakan iPhone Rekondisi Berdasarkan Cirinya

Kenalilah juga sejumlah ciri dari iPhone rekondisi. Ada beberapa ciri utama dari sebuah iPhone rekondisi. Segala macam ciri tersebut perlu diperhatikan dengan baik. Ini dia beberapa ciri utama dari iPhone rekondisi yang perlu diperhatikan.

1. Ada Keterangan Khusus pada Box

Cara membedakan iPhone rekondisi dengan yang baru adalah melihat keterangan pada kemasan atau box. Keterangan pada box itu biasanya berupa tulisan “Apple Certified”. Jika ada keterangan tersebut, maka iPhone tersebut adalah rekondisi langsung dari iPhone.

2. Periksa Nomor Seri iPhone

Cara membedakan juga bisa melalui nomor seri iPhone. Masuklah ke pengaturan, lalu pilih general. Kemudian pilih menu about dalam iPhone tersebut. Carilah serial number pada iPhone yang diperiksa. Nantinya ada kode nomor khusus jika iPhone tersebut adalah versi rekondisi.

3. Perhatikan Harganya

Perbedaan yang juga perlu dilihat adalah harga dari iPhone tersebut. Harga dari iPhone rekondisi memang lebih murah daripada iPhone baru. Harga iPhone rekondisi dari iPhone itu biasanya turun 20 sampai 40 persen dari harga normal. Jangan sampai kena tipu dengan harga iPhone rekondisi.

4. Ada Garansi Internasional

Membedakab iPhone rekondisi juga bisa dilihat dari garansi internasionalnya. Garansi internasional yang ada ini perlu diperhatikan juga. Apple tetap memberikan garansi selama setahun untuk iPhone versi rekondisi. Ini berbeda dengan iPhone bekas yang tak dapatkan garansi sama sekali.

Kelebihan iPhone Rekondisi

Sejumlah kelebihan dari iPhone rekondisi itu juga wajib dipahami. Memang ada sejumlah kelebihan dari iPhone rekondisi yang benar – benar perlu dapatkan atensi. Ini dia sejumlah kelebihan utama dari iPhone rekondisi dari Apple.

Advertisement

1. Lebih Murah Harganya

Kelebihan utama dari iPhone rekondisi tentu saja adalah harganya yang lebih murah. Dibandingkan dengan membeli iPhone baru, konsumen bisa pilih rekondisi saja yang harganya lebih murah.

2. Sudah Dapatkan Perbaikan Apple

Kelebihan lainnya adalah iPhone rekondisi sudah mendapatkan perbaikan langsung dari Apple. Perbaikan langsung dari Apple tersebut tentunya akan berdampak pada performa iPhone tersebut.

3. Tetap Ada Jaminan Garansi Setahun

Kelebihan terkahir adalah tetap ada jaminan garansi setahun dari Apple. Ketika mengalami kerusakan lagi, maka pihak Apple akan memperbaiki atau bahkan menggantinya.

Kekurangan iPhone Rekondisi

Terdapat juga kekurangan dari iPhone rekondisi yang penting untuk diperhatikan juga. Segala macam kekurangan tersebut memang harus dipahami secara baik. Ini dia beberapa kekurangan utama dari iPhone rekondisi.

1. Bekas Pakai Orang Lain

Kekurangan utam iPhone rekondisi adalah bekas pakai orang lain. Tak dapat dipungkiri kalau iPhone rekondisi itu memang barang bekas yang sudah pernah rusak. Ini jadi kekurangan utamanya.

2. Masalah Bisa Kambuh

Masalah kerusakan pada iPhone rekondisi itu juga bisa kambuh. Ini juga jadi kekurangan utama dari membeli iPhone rekonedisi. Masalah dan penyakit lama dari iPhone tersebut bisa tiba – tiba kambuh.

3. Bisa Cepat Rusak Kalau Salah Penggunaanya

Penggunaan yang salah pada iPhone rekondisi juga bisa berakibat iPhone cepat rusak. Kerusakan yang cepat ini memang jadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Ini termasuk dalam kekurangan ketika membeli iPhone rekondisi.

Tips Membeli iPhone Rekondisi

Terdapat sejumlah tips dalam membeli iPhone rekondisi. Semua tips tersebut perlu diperhatikan juga agar semuanya berjalan lancar. Ini dia beberapa tips dalam membeli iPhone rekondisi yang bisa diterapkan.

1. Beli di Toko Terpercaya

Belilah terus di toko yang terpercaya agar iPhone rekondisi yang dibeli mendapatkan jaminan garansi. Garansi pembelian itu memang tetap dibutuhkan untuk berjaga – jaga.

2. Periksa Produk dengan Teliti

Periksalah produk dengan teliti biar segala macam keterangan didapatkan. Mulai dari rekondisi tahun berapa hingga masalah apa yang muncul pada perangkat iPhone tersebut.

3. Tanya ke Penjual

Tips terakhir adalah bertanya kepada penjual. Bertanya kepada penjual memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa iPhone rekondisi yang dibeli memang masih layak dipakai.

FAQ | Cara Membedakan iPhone Rekondisi

Apakah iPhone rekondisi masih layak dibeli?

iPhone rekondisi yang direkondisi sendiri oleh Apple pasti layak untuk dipakai.

Kenapa iPhone rekondisi banyak peminatnya?

Karena kerusakannya belum terlalu parah sehingga produk tersebut masih layak digunakan.

Apa kekurangan iPhone rekonedisi?

Kekurangan utamanya adalah iPhone tersebut bekas dipakai orang.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.