7 Cara Memberi Warna di Excel dengan Rumus Mudah Banget!

Advertisement

Cara memberi warna di excel dengan rumus adalah dengan mengaplikasikan conditional formating. Fitur ini berguna untuk mengubah warna dasar sel yang telah berisi sebuah teks.

Sebagai sebuah fitur unggulan yang wajib dikuasai, conditional formating hanya akan bekerja pada sel yang telah memenuhi syarat secara otomatis. Oleh karena itu, bagian yang berwarna hanya tertentu saja.

Pengaplikasian Conditional Formating

Cara memberi warna di excel

Conditional formating merupakan cara pewarnaan sel pada excel dengan syarat tertentu sehingga apabila belum terpenuhi, Kamu harus menggunakan rumus excel. Berikut ini merupakan cara pengaplikasiannya:

1. Pilih Cell

Cara memberi warna di excel dengan rumus pertama adalah memilih cell atau range yang ingin diubah formatnya. Sebab, memberi warna tidak bisa secara otomatis untuk semua halaman sehingga Kamu harus memilih beberapa sebagai tanda.

Memilih cell akan membantu Kamu untuk memberi warna cell mana saja yang ingin diberi warna sehingga bisa dibedakan dengan kolom data lain.

2. Menu Conditional Formating

Berikutnya dengan masuk ke tab home dan memilih group styles. Pada menu tersebut, Kamu bisa memilih coditional formating yang berisi beberapa opsi. Salah satunya adalah new rule.

Klik menu new rule sehingga akan muncul kotak dialog yang berisi perintah untuk mengisikan rumus. Kotak dialog berisi tulisan use a formula to determine which cells a format.

3. Mengisi Formula

Setelah kotak dialog berisi perintah pengisian formula terbuka, selanjutnya Kamu tinggal memasukkan rumus yang akan digunakan. Caranya dengan mengisi kotak bar yang berisi format values where this formula.

Pada kotak tersebut, Kamu bisa memasukkan rumus untuk menentukan syarat pemformatan secara otomatis.

4. Selesai

Cara memberi warna di excel yang terakhir dengan mengklik opsi format di bagian kanan bawah. Kemudian pilih opsi OK di bagian bawahnya untuk mulai menerapkan conditional formating.

Maka, dengan begini penggunaan fitur tersebut sudah aktif dan Kamu bisa menerapkannya untuk pengolahan data apa saja.

Baca juga: Cara Input Data di Microsoft Excel Otomatis

Contoh Cara Menyusun Rumus Mewarnai

Cara memberi warna di excel

Meskipun cara memberi warna di excel tersebut cukup mudah, namun bisa jadi Kamu masih bingung. Oleh karena itu, berikut ini akan terdapat contoh pengaplikasian conditional formating menggunakan rumus excel.

Sebelum memasuki tahap pewarnaan cell, Kamu perlu menyiapkan data di dalam excel yang berisi tabel apa saja. Bisa berupa nama, nilai, keterangan lulus atau sejenisnya.

Sebagai contoh adalah cara memberi warna di excel dengan warna merah pada kata tidak lulus saat Kamu membuat data tentang kelulusan siswa. Selanjutnya langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Pilih range yang berisi data kelulusan siswa dan blok bagian tersebut.
  • Setelah itu, Kamu perlu mengaktifkan conditional formating yang telah dijelaskan pada poin pertama di atas.
  • Pada bagian pengisian rumus, Kamu bisa memasukkan ini =IF(C2=”lulus”;C2=”tidak lulus”).
  • Kemudian pilih opsi OK, maka cell yang terpilih akan bewarna merah.

Penggunaan C2 merupakan contoh jika data yang Kamu gunakan berada di cell nomer C2. Jadi, penggunaan rumus tersebut tergantung pada letak cell yang digunakan.

Semisal letaknya berada di kolo B6, maka C2 bisa diubah menggunakan B6 dengan kata kriteria yang diinginkan. Salah satu contohnya adalah penggunaan kata lulus dan tidak lulus.

Penetuan Rumus Warna Pada Excel

Salah satu cara memberi warna di excel adalah dengan penggunaan rumus. Namun, sebelum menggunakannya Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa fungsi logika dari rumus excel.

Diantaranya terdapat  beberapa rumus seperti If, OR, AND dan NOT yang pastinya memiliki fungsi berbeda. Penggunaan fungsi tersebut nantinya juga berhubungan dengan operator perbandingan di excel sehingga harus dikuasi dengan benar.

1. Fungsi IF

Picture3 10

Fungsi IF digunakan apabila Kamu ingin membuat sebuah perbandingan logika dengan menguji data. Jadi, kondisi tersebut akan mengarah pada keadaan true atau false.

2. Fungsi OR

Picture4 9

Fungsi OR merupakan perbandingan untuk setiap data yang memiliki kemungkinan benar atau maupun salah.

3. Fungsi NOT

Fungsi NOT adalah untuk data dengan tingkat kebenaran pasti, yaitu sesuai yang true atau false

Baca juga: Cara Bikin Abjad Secara Otomatis di Excel

4. Fungsi AND

Fungsi AND adalah penggunaan rumus jika sesuatu tersebut memiliki kemungkinan true dan jika false.

Kemudian tanda $ juga penting untuk dipelajari dalam cara menerapkan penggunaan warna di cell excel. Apabila ketiga hal tersebut sudah dipahami, maka cara mewarnai cell bukan lagi masalah.

Bagaimana Jika Rumus Conditional Formating Tidak Bekerja?

Dalam pengolahan data menggunakan rumus excel memang harus diperhatikan fungsinya dengan benar. Sebab, jika salah satu kode saja, maka cara memberi warna di excel dengan teks bisa tidak berfungsi.

Jika masalahnaya demikian, lantas bagaimana cara memperbaikinya? Meskipun sudah yakin jika custom formula benar, namun Kamu tetap perlu mengecek formula atau cara penerapan conditional formatingnya.

Sebab, rumus yang tidak bekerja bukan berarti excel yang Kamu gunakan error. Jika Kamu mengalami hal tersebut, maka berikut ini tips yang bisa diterapkan:

1. Memerikan Rule

cara memberi warna di excel dengan memastikan bawah rule yang Kamu buat sudah benar-benar tepat dengan melihat bagian menu rules manager. Jika conditional formating hasil copy paste, maka bisa jadi kesalan ada bagian tersebut.

Jika sudah begini, Kamu harus memverifikasi kembali range cell yang telah diberi rumus conditional formating tadi.

2. Menggunakan Alamat Absolute dan relative

Kemudian adalah penggunaan alamat absolut dan relative dengan tepat. Pada bagian ini memang cukup suit namun Kamu harus tetap menentukan jenis referensi yang ingin digunakan dengan benar.

Advertisement

Penggunaan simbol $ ini nantinya sangat penting sehingga tidak boleh keliru. Salah meletakkan, maka hasil akan berbeda.

Warna Baris Selang-seling

Cara memberi warna di excel

Salah satu cara memberi warna di excel adalah dengan cara pewarnaan selang-seling. Cara ini sangat berguna untuk Kamu yang ingin menerapkan pewarnaan secara langsung.

Kemudian berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Kamu terapkan untuk pewarnaan baris secara selang-seling:

  • Cara pertama sudah pasti bahwa Kamu harus memilih rentang atau range cell yang ingin diwarani.
  • Kemudian pergi ke Beranda dan pilih menu Format sebagai tabel.
  • Pada bagian tersebut, Kamu bisa memilih gaya tabel yang diinginkan dengan bayangan baris alternatif.
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang perlu diberi centang pada kotak pilihan Kamu.
  • Pada bagian ini, jika ingin mengubah baris ke kolom, maka yang perlu Kamu centang adalah opsi baris header, kolom berpita dan tombol filter.

Jika gaya tabel berpita ingin disimpan tanpa memperhatikan fungsionalitasnya, maka Kamu bisa mengkonversinya terlebih dahulu sehingga menjadi range data tertentu.

Pita warna tersebut akan bekerja secara otomati. Namun, jikaKAmu menyimpan gaya tabel tanpa fungsionalitas, maka ketika baris atau kolom ditambah lebih banyak, pewarnaan cell tersebuut tidak akan berlanjut.

Memberi warna pada kolom tertentu akan membantu Kamu untuk mempermudah dalam mengolah data. Cara memberi warna di excel tersebut juga sangat simpel jadi selamat mencoba!

Advertisement

Tinggalkan komentar