6 Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung [Mudah]

Tentang bagaimana cara membersihkan penyimpanan Samsung, ternyata sangat sederhana dan banyak caranya.

Cara yang bisa dilakukan beragam, kamu dapat mengaplikasikannya sesuai kebutuhan dan sesuai dengan fitur yang disediakan. Namun yang dapat dipastikan, dengan membersihkan penyimpanan ini akan membuat memori internal menjadi lebih kosong. Tidak lagi penuh.

Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung dengan Hapus File Tidak Penting  

Cache merupakan salah satu sistem file yang tidak penting, tidak terpakai. Dan malah akan membuat penyimpanan HP Samsung kamu akan penuh tanpa sebab. Dengannya, kamu harus dapat menghapus cache dengan benar. Juga sesuai aturan.

Penghapusan ini tidak hanya sekadar dilakukan untuk penghapusan cache, namun bisa diaplikasikan untuk menghapus beberapa file sistem tidak penting. Kamu bisa coba simak pembahasan dan metode penghapusannya di bawah ini secara lengkap.

1. Secara Manual

Maksud secara manual ini, adalah penghapusan yang dapat dilakukan secara masing-masing. Secara terpisah, langsung dari daftar aplikasi melalui menu Settings atau menu Pengaturan. Bagaimana cara melakukannya?

  • Pertama, langsung nyalakan HP Samsung kamu dan pastikan sudah siap digunakan
  • Berikutnya langsung buka menu Pengaturan, dan cari sub menu Menu Aplikasi. Guna melihat daftar aplikasi yang terpasang pada HP
  • Masing-masing aplikasi yang terpasang, pasti akan memiliki file sampah seperti cache. Pun dipastikan akan memiliki ukuran yang berbeda-beda
  • Pilih aplikasi yang sekiranya intensitas penggunaannya sering dilakukan, dan sering dibuka
  • Misalnya saja dengan aplikasi X, Instagram, Facebook, atau bahkan Games Online
  • Pilih salah satu aplikasi, dan buka pada opsi Penyimpanan
  • Kamu akan diberikan beberapa pilihan, Hapus Data dan Hapus Cache
  • Jika ingin menghapus seluruh riwayat dan data dari aplikasi, maka bisa Hapus Data
  • Bila ingin sekadar menghapus file tidak penting, pilih Hapus Cache

Dengan perintah dan tutorial tersebut, maka file sampah yang bisa memenuhi data penyimpanan di HP akan terhapus. Kamu bisa melakukan langkah tersebut secara berulang, pada semua aplikasi atau aplikasi yang sering digunakan saja.

2. Dari Folder My Files

Selain dilakukan secara manual, kamu pun bisa melakukan penghapusan cache atau file tidak berguna dari aplikasi My Files. Dengan melakukan penghapusan menggunakan cara ini, maka penyimpanan di Samsung pasti akan berkurang. Menjadi lebih leluasa.

Bagaimana caranya?

  • Pertama, langsung buka aplikasi atau folder Mu Files di HP Samsung kamu. Atau bisa langsung ketik kata kunci Files dari homescreen pada kolom pencarian
  • Berikutnya di folder My Files, kamu bisa mencari file corrupt, folder kosong, atau bahkan foto duplikat yang bisa dihapus
  • Tekan pada file atau foto yang akan dihapus, lalu centang file tersebut untuk melakukan perintah selanjutnya
  • Klik ikon dengan gambar tong sampah dibagian bawah layar aplikasi
  • Penghapusan akan dilakukan, dengan begitu file ruang penyimpanan akan lebih leluasa.

Dengan melakukan hal tersebut secara berulang dan teliti, maka ruang penyimpanan di HP Samsung akan kembali kosong. Dan tidak akan berat.

3. Device Care

Selain dua cara di atas, penghapusan file atau sampah sebagai cara membersihkan penyimpanan Samsung bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Device Care.

Sebagai salah satu sistem fitur, teknologi dan bantuan dari Samsung langsung. Untuk memberikan perhatian terhadap perangkat, agar bisa terlindungi juga dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana cara menemukan dan menggunakannya?

  1. Pertama, nyalakan serta aktifkan perangkat seperti biasanya
  2. Kemudian menu Settings atau Pengaturan bisa langsung dibuka
  3. Cari sub menu Battery and Device Care
  4. Dari keterangan dan opsi tersebut, kamu bisa memilih opsi Optimize Now
  5. Berikutnya tunggu hingga sistem dapat memproses penghapusan file sampai, hingga sistem indikator menunjukkan keterangan 100%.

Dengan perintah dan langkah tersebut, maka bisa dipastikan pembersihan file sudah selesai dilakukan. Pun sistem penyimpanan HP akan kembali optimal.

Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung dari Galeri

Maksudnya adalah dengan menghapus beberapa file foto, atau bahkan video yang sudah dihapus. Namun masih tersimpan dalam sistem sampah, jadi sistem HP belum menghapus secara permanen selama 30 hari.

Pun tentu, walaupun sudah dihapus manual. Jika belum terhapus permanen, tetap akan memakan ruang penyimpanan di HP Samsung yang kamu gunakan. Nah, bagaimana cara untuk menghapus file gambar atau video sampah tersebut?

  1. Pertama, langsung buka menu Galeri di HP Samsung kamu seperti biasa
  2. Kemudian cari keterangan atau Album atau Folder Sampah di galerinya
  3. Hal tersebut bisa kamu cari dari menekan ikon bergaris tiga dibagian pojok kanan layar HP
  4. Berikutnya buka folder Sampah atau keterangan Trash
  5. Folder tersebut akan menampilkan beberapa foto atau video yang sudah dihapus, namun sistem belum menghapusnya secara permanen selama 30 hari
  6. Tekan langsung ikon totok tiga dibagian pojok kanan atas halaman galeri
  7. Lalu pilih keterangan Empty untuk menghapus seluruh file sampah foto atau video yang ada di dalamnya.

Dengan melakukan hal tersebut, maka dipastikan ruang penyimpanan akan bertambah kembali dan tidak akan membuat memori internalnya penuh.

Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung dengan Hapus Dokumen

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa kamu dapat menemukan beberapa dokumen di folder atau aplikasi My File.

Namun pembahasan sebelumnya disampaikan untuk menghapus beberapa file atau sistem sampah. Yang tentu saja akan memakan ruang penyimpanan secara langsung.

Untuk tindakan dan metode sekarang, kamu diharuskan untuk menghapus file atau dokumen yang memang tidak lagi diperlukan. Baik itu dokumen dalam format .docx, .mp3, .mp4, atau bahkan beberapa file-file lain yang sekiranya sudah tidak lagi penting. Sudah tidak lagi digunakan.

Kamu dapat melakukan dan mengaplikasikan cara ini secara hati-hati, teliti dan tentu saja terstuktur. Tujuannya agar tidak salah menghapus file. Karena terkadang file penting juga akan tersimpan secara rapi, sehingga dianggap tidak lagi digunakan.

Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung dengan Hapus Aplikasi

Pemaparan sebelumnya juga dibahas tentang penghapusan aplikasi. Namun uraian sebelumnya membahas tentang penghapusan data disebuah aplikasi. Jadi data-data yang terekam dalam aplikasi akan terhapus.

Mulai dari foto, video, kata sandi, riwayat pencarian atau hal lainnya. Pasti akan otomatis terhapus. Dan ketika digunakan pasti akan kembali ke settingan awal, seperti pertama kali kamu membuka dan menggunakan aplikasi.

Namun dengan tindakan dan cara pembersihan penyimpanan Samsung ini. Kamu diharuskan untuk langsung menghapus aplikasinya. Jadi jika ingin menggunakannya lagi, maka kamu harus mendownload serta memasang lagi aplikasinya.

Pilih beberapa aplikasi tertentu. Mulai dari aplikasi yang memang memakan banyak ruang penyimpanan, sudah tidak lagi digunakan, intensitas penggunaan aplikasinya kecil. Atau bahkan aplikasi membahayakan.

Upayakan hal tersebut dilakukan dengan baik, dengan begitu penyimpanan HP Samsung kamu akan kembali menjadi banyak. Membuat ruangnya jadi lebih luas.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membersihkan Penyimpanan Samsung

Apakah Membersihkan Penyimpanan Samsung Bisa dengan Hard Reset?

Sangat bisa, namun cara ini akan membuat semua data menjadi hilang dan buat perangkat Samsung akan kembali seperti semula. Saat HP pertama kali digunakan.

Seberapa Sering Membersihkan Penyimpanan Dilakukan?

Sesering mungkin. Selama prosedur dan cara yang dilakukan benar, sangatlah menguntungkan.

Tinggalkan komentar