Cara Membersihkan Sistem di Hp Samsung

Beranda » Cara Membersihkan Sistem di Hp Samsung
Advertisement

Pahamilah cara membersihkan sistem di Hp Samsung dengan baik dan benar. Lewat cara membersihkan sistem yang tepat, sejumlah masalah bisa teratasi. Sehingga, teruslah pahami cara – cara terbaik untuk melakukan pembersihan sistem di Hp Samsung tersebut.

Pembersihan sistem Hp Samsung itu bisa dijalankan dengan mudah. Lewat proses pembersihan sistem yang tepat dan sesuai, Hp Samsung akan selalu prima. Berikut ini adalah tata cara membersihkan sistem Hp Samsung dengan mudah.

Cara Membersihkan Sistem di Hp Samsung

Cara membersihkan sistem di Hp Samsung bisa lewat beberapa metode. Pengguna Hp Samsung bisa melakukan pembersihan dengan mudah jika paham cara – caranya. Ini dia beberapa cara mudah untuk bersihkan sistem di Hp Samsung.

1. Buka Menu Pengaturan di Hp Samsung

Proses pembersihan lewat Hp langsung bisa diawali dengan buka menu setting atau pengaturan di Hp Samsung. Lewat setting atau pengaturan di sana, pembersihan dapat dilakukan.

2. Pilih Opsi Battery and Device Care

Di menu setting tersebut langsung saja pilih menu battery and device care. Pada menu tersebut, pengaturan tentang pembersihan sistem di Hp Samsung bisa dilakukan langsung.

3. Pilih Opsi Optimize Now

Selanjutnya adalah memilih menu optimize now pada battery and device care. Fitur itu bermanfaat untuk melakukan pembersihan pada sistem Hp Samsung yang digunakan tersebut.

4. Tunggu Hp Melakukan Pembersihan

Ketika sudah klik optimize now, maka proses pembersihan akan mulai dilakukan. Pembersihan dilakukan secara otomatis dan kita hanya perlu menunggunya sampai selesai.

5. Hp Samsung Kembali Bersih

Saat pembersihan pada sistem Hp selesai dilakukan, maka prosesnya telah selesai. Nantinya Hp Samsung akan terasa lebih ringan dan lebih cepat usai dilakukan pembersihan.

Cara Membersihkan Sistem di Hp Samsung dengan Aplikasi Cleaner

Membersihak sistem pada Hp Samsung itu juga bisa menggunakan cleaner. Penggunaan cleaner itu bisa membuat semuanya jadi lebih mudah. Pastikan pakai aplikasi terpercaya macam Clean Master. Berikut ini cara bersihkan sistem di Hp Samsung dengan aplikasi Cleaner Clean Master.

1. Download dan Install Aplikasi Clean Master

Pertama – tama download dan install aplikasi Clean Master. Download bisa dilakukan di Google Playstore. Aplikasi itu bisa diunduh secara gratis di Playstore. Kalau sudah, langsung install.

2. Jalankan Aplikasi Clean Master

Berikutnya adalah menjalankan aplikasi Clean Master. Ketika menjalankan aplikasi tersebut di Hp Samsung dengan tepat akan muncul sejumlah menu yang bisa dipilih secara langsung.

3. Pilih Menu Clean Up Phone

Pada Clean Master tersebut, pilihlah saja menu clean up phone. Menu tersebut berguna untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh pada Hp Samsung yang digunakan.

4. Tunggu Proses Pembersihannya

Nantinya aplikasi Clean Master akan melakukan pembersihan secara otomatis. Tinggal tunggu saja proses pembersihannya sampai selesai. Kalau sudah, sistem pada Hp Samsung akan bersih.

Manfaat Membersihkan Sistem di Hp Samsung

Selalu ada manfaat yang didapat ketika membersihkan sistem di Hp Samsung. Dengan berbagai manfaat yang ada, pengguna Hp Samsung akan diuntungkan. Berikut ini sejumlah manfaat utama yang diperoleh dari membersihkan sistem di Hp Samsung.

1. RAM Lebih Lega

RAM lebih lega merupakan manfaat utama dari membersihkan sistem di Hp Samsung. Ini adalah manfaat yang memang bisa didapatkan oleh para pengguna Hp Samsung. Melalui RAM yang lebih lega tersebut, Hp juga akan jadi lebih nyaman digunakan.

2. Internal Memori Bertambah

Internal memori juga akan bertambah dengan melakukan pembersihan sistem di Hp Samsung. Melalui pembersihan internal secara rutin ini, pengguna bisa menambah aplikasi untuk digunakan. Saat internal memori dapat bertambah, pengguna tentu bakal diuntungkan.

Advertisement

3. Bebas dari Ancaman Virus

Terbebas dari ancaman dari virus juga merupakan hal yang bisa didapatkan dari membersihkan sistem di Hp Samsung. Bebas dari ancaman virus ini memang selalu jadi hal yang dicari karena kadang sistem di Hp Samsung terserang virus berbagaya.

4. Hp Bebas dari Lemot

Manfaat yang juga pasti didapatkan adalah Hp bebas dari lemot. Hp yang bebas dari yang namanya lemot ini memang penting. Untuk itu, cobalah untuk lakukan pembersihan Hp secara berkala di Hp Samsung. Pembersihan yang tepat akan hindarkan Hp Samsung dari lemot.

5. Main Game Lebih Lancar

Manfaat utama lainnya juga adalah bermain game jadi lebih lancar. Bermain dengan game dengan lebih lancar ini memang dicari banyak orang. Sehingga, pastikan membersihkan Hp dengan tepat agar game jadi lancar terus.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Sistem di Hp Samsung

Pembersihan Hp Samsung itu memang dapat dilakukan kapan saja. Namun ada beberapa momen atau tanda yang bisa dijadikan pedoman dalam melakukan pembersihan sistem di Hp Samsung. Ini dia penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk bersihkan sistem di Hp Samsung.

1. Saat Hp Lemot

Waktu yang tepat untuk lakukan pembersihan sistem di Hp Samsung adalah ketika smartphone mulai lemot. Saat Hp lemot, maka sebaiknya langsung lakukan pembersihan saja. Hp yang tak responsif atau lemot memang harus segera diatasi biar tak ganggu kinerja.

2. Ketika Ngelag Saat Main Game               

Saat main game dan kemudian ngelag, maka pembersihan mesti dilakukan. Ini adalah saat yang paling tepat untuk melakukan pembersihan pada sistem di Hp Samsung. Jika tak mau aktivitas main game terganggu, maka pastikan untuk melakukan pembersihan.

3. Jika Ada Aplikasi yang Sering Force Stop

Jika ada aplikasi yang sering force stop, maka perlu dilakukan pembersihan juga. Masalah aplikasi yang sering force stop tersebut memang penting untuk diatasi segera. Jangan sampai masalah aplikasi tersebut dibiarkan begitu saja tanpa dicari solusinya.

4. Saat Tak Bisa Akses Internet

Ketika tak bisa mengakses internet, maka sudah waktunya untuk lakukan pembersihan. Masalah terakit tak bisa akses internet tersebut memang harus diperhatikan dengan tepat. Terkadang, masalah tak bisa terkoneksi ke internet memang harus diselesaikan dengan pembersihan.

5. Ketika Memori Internal Penuh

Ketika internal memori penuh, pembersihan juga harus dilakukan. Ini juga waktu yang tepat untuk bersih – bersih file tak penting yang hanya jadi beban buat internal memori Hp Samsung. Saat memori internal telah penuh, pembersihan memang penting untuk dilakukan.

FAQ | Membersihkan Sistem di Hp Samsung

Apakah penting untuk membersihkan sistem di Hp Samsung?

Jika ingin terhindar dari masalah lemot di Hp Samsung, maka pembersihan sistem penting untuk dilakukan.

Apa manfaat dari membersihkan sistem di Hp Samsung?

Hp Samsung akan kembali ringan dan kinerjanya juga jadi lebih cepat.

Apakah perlu install aplikasi tambahan untuk membersihkan sistem di Hp Samsung?

Jika ingin lebih maksimal cobalah untuk install aplikasi pihak ketiga untuk membersihakan Hp Samsung.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.