Cara Membingkai di Word dengan Mudah

Beranda ยป Cara Membingkai di Word dengan Mudah

Cara membingkai di word tidak begitu sulit. Ada sejumlah cara sederhana untuk melakukan pembingkaian langsung terhadap file di word. Karenanya, harus diperhatikan terus semua tahapan yang tepat untuk melakukan pembingkaian pada lembar kerja word.

Memang perlu pemahaman yang tepat mengenai cara membingkai di word. Saat mengetahui bagaimana cara membingkai lembar kerja secara benar, semuanya akan berjalan dengan lancar. Berikut ini penjelasan mengenai cara pembingkaian di word.

Cara Membingkai di Word dengan Mudah

Proses untuk membingkai lembar kerja word itu bisa dilakukan dengan mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana, proses membingkai di word bisa dijalankan. Jadi, selalu perhatikan semua cara terbaiknya. Ini dia beberapa cara bingkai lembar kerja di word.

1. Buka Lembar Kerja Baru Word

Proses awalnya adalah membuka lembar kerja baru pada Microsoft Word. Langsung buka saja lembar kerja baru dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Bisa pakai mode lanksap atau portrait sesuai kebutuhan.

2. Klik Tab Design

Setelah lembar kerja word siap, maka proses berikutnya adalah klik tab desing. Letaknya berada di sebelah opsi insert dan layout. Klik langsung opsi tersebut untuk bisa dapatkan fitur pembingkaian pada lembar kerja word.

3. Pilih Page Border

Setelah memilih tab design, ada beberapa opsi yang muncul dan bisa dipilih. Untuk membuat bingkai pada lembar kerja word, maka pilih page border. Opsi itu bisa dipakai langsung untuk memberi bingkai pada word.

4. Atur Pilihan Border

Berikutnya adalah mengatur pilihan border. Pilihlah akan memberi bingkai seperti apa. Desain juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di sana. Langsung aturlah pilihan desain bingkai yang akan ditambahkan ke lembar kerja word.

5. Sesuaikan Pengaturan di Lembar Kerja Word

Tahap berikutnya adalah menyesuaikan pengaturan pada lembar kerja word. Aturlah besar kecilnya bingkai di tempat yang sudah disediakan. Setelah dirasa tepat, simpan langsung lembar kerja word yang sudah diberi bingkai.

Kenapa Perlu Membingkai File Word

Ada beberapa alasan mengenai kenapa perlu membingkai file word. Semua alasan tersebut harus dipahami secara baik dan mendalam. Karenanya, harus diperhatikan sejumlah alasan kenapa perlu bingkai file word. Ini dia beberapa alasan utamanya.

1. Membuat Dokumen Lebih Menarik

Salah satu alasan perlu membingkai dokumen atau file word adalah bikin semuanya jadi lebih menarik. Membuat dokumen jadi lebih menarik memang jadi salah satu tujuan utama dari lakukan pembingkaian di word. Saat mau membuat file jadi menarik, maka tambahan bingkai jadi solusinya.

2. Merapikan Tampilan File

Tujuan dari pembingkaian file word adalah merapikan tampilan file. Tampilan file akan jadi lebih rapi dengan menggunakan fitur bingkai pada word. Itulah kenapa perlu melakukan pembingkaian pada file word tertentu agar tampilan dokumennya jadi lebih rapi daripada sebelumnya.

3. Bikin Dokumen Jadi Lebih Resmi

Membuat dokumen menjadi lebih resmi juga merupakan alasan utama kenapa perlu bikin dokumen jadi lebih resmi. Ini adalah salah satu hal yang dicari dari proses membingkai file word. Oleh karenanya, buatlah bingkai kalau mau bikin dokumen resmi.

4. Syarat Membuat Sertifikat

Bingkai juga menjadi salah satu syarat dalam membuat sertifikat. Ini adalah salah satu alasan lainnya mengapa membuat bingkai pada word. Kalau mau bikin sertifikat yang bagus, maka tambahkanlah bingkai ke dalamnya. Sertifikat akan lebih terlihat resmi jika ditambahkan bingkai.

5. Memberi Garis Pembatas

Pembingkaian file word itu juga bermanfaat untuk memberi garis pembatas. Adanya garis pembatas itu memang akan bermanfaat agar lembar kerja word jadi lebih rapi lagi. Intinya, pemberian garis pembatas itu akan jadi alasan utama mengenai kenapa perlu bingkai file atau dokumen word.

Tips dalam Membingkai File di Word

Ada beberapa tips untuk membingkai file di lembar kerja word. Semua tips tersebut perlu diperhatikan secara baik dan benar. Karenanya, ketahui terus beragam tips dalam membingkai file di word. Berikut ini adalah beberapa tips terbaik dalam membingkai file di word.

1. Cermati Ukuran Kertasnya

Perhatikan dan cermati dari ukuran kertasnya. Ini adalah tips yang paling direkomendasikan agar pembuatan bingkai bisa dilakukan dengan mudah. Oleh sebab itu, perhatikanlah terus berapa ukuran kertas yang digunakan untuk diberikan bingkai. Bisa A4, F4, atau A3.

2. Perhatikan Besaran Garisnya

Besar kecilnya garis itu juga perlu dapatkan perhatian khusus. Jangan terlalu besar dalam membuat garis pada sebuah bingkai. Pengguna memang bisa mengatur berapa besarnya ukuran garis yang digunakan. Hal tersebut perlu diperhatikan kalau mau membuat bingkai yang bagus.

3. Perhatikan Estetika Pembingkaian

Perhatikanlah estetika desain kalau mau melakukan pembingkaian pada lembar kerja word. Kalau estetika itu diperhatikan sedari awal, semuanya akan jadi lebih menarik. Karena itu, usahakan untuk terus memperhatikan estetika saat mau membingkai lembar kerja word.

4. Selalu Periksa Sebelum Cetak Dokumen

Hal terakhir adalah selalu periksa sebelum cetak dokumen. Ini adalah tips terbaik dalam membingkai file di word yang perlu diterapkan juga. Pemeriksaan ini memang penting dilakukan agar bingkai pada lembar kerja word sudah bagus atau belum.

FAQ | Cara Membingkai di Word

Apakah sulit membingkai file di word?

Tidak sulit karena hanya perlu menambahkan desain border di dalamnya.

Jenis file apa yang perlu dibingkai pada word?

File dokumen sertifikat, kwitansi dan surat resmi merupakan jenis file yang biasa dibingkai.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.