5 Cara Membuat Abjad Otomatis di Excel Paling Mudah & Kilat

Advertisement

Kamu pasti sangat memerlukan tutorial cara membuat abjad otomatis di Excel ketika sedang membuat data. Apalagi jika data yang sedang ditulis isinya banyak, tentu sangat merepotkan jika abjad, angka, dan sejenisnya ditulis manual.

Bayangkan jika rangkaian alphabet hingga angka tersebut harus ditulis manual. Tentu akan membuat waktu kerjamu tidak efisien. Kamu bisa memakai beberapa cara membuat abjad otomatis angka, alphabet, dan sejenisnya di Excel berikut ini.

Berbagai Cara Membuat Abjad Otomatis di Excel, untuk Urutan Alphabet

Biasanya dalam penamaan sebuah cell, kamu akan menuliskan huruf secara berurutan. Baik itu huruf A-Z, atau bahkan sampai AA hingga ZZ. Tutorial cara membuat abjad otomatis tersebut, bisa kamu coba di poin pembahasan di bawah ini.

1. Membuat Nomor Urut Abjad A hingga Z

Penamaan huruf paling sering dilakukan adalah membuat abjad secara berurutan dengan nama A-Z. Kamu bisa memakai formula-formula khusus, cara membuat abjad otomatis di Excel agar tidak berubah dan hasilnya otomatis.

  • Langkah paling pertama, tuliskan angka 65 sampai 97 di cell mana saja. Kamu bisa juga memulainya dari cell A1
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Jika hendak membuat huruf urut dari atas kebawah (row huruf kapital) berarti cukup ketikkan rumus =CHAR(cell A1 atau Cell yang ada angka 65nya), klik tombol Enter dan copy hasilnya untuk mendapatkan urutan otomatis
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Jika hendak membuat huruf urut dengan posisi row, tetapi hurufnya kecil-kecil, rumus yang harus kamu pakai berarti =CHAR(cell A1 atau Cell yang ada angka 97nya). Klik tombol Enter dan copy hasilnya untuk mendapatkan urutan otomatis
  • Berarti kamu memang harus menuliskan angka 97 sampai 122 di cell sebelahnya sebagai patokan rumus
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Sebenarnya tidak hanya secara cell baris, kamu juga bisa membuat huruf urut di kolom dengan rumus sederhana juga. Jika ingin huruf kapital di cell kolom, rumusnya berarti =CHAR(Cell yang ada angka 65nya)
  • Berarti buat cell angka sebagai acuannya terlebih dahulu, tetapi memanjang seperti dalam gambar berikut, agar cara membuat abjad otomatis di Excel berhasil
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Sama seperti pembahasan pada posisi row, jika hendak membuat urutan huruf kecil di cell kolom, berarti rumusnya cukup diubah menjadi =CHAR(cell yang ada angka 97nya). Buat angka urutan 97 sampai 122 terlebih dahulu sebelum memulai rumus
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Untuk penggunaan karakter rumus (;) tidak semua laptop atau komputer bisa memakainya. Ada juga yang menggunakan setting koma (,) saat penggunaan formula. Cukup sesuaikan dengan tipe laptop atau komputer kamu saja

Baca juga: Cara Input Data di Excel Secara Otomatis

2. Membuat Karakter Abjad Lain Secara Otomatis

Ternyata selain abjad, ada juga beberapa macam karakter yang bisa kamu buat otomatis. Caranya bisa memakai rumus seperti di atas. Akan tetapi, nantinya bisa menghasilkan beberapa macam karakter.

  • Ketikkan baik secara memanjang atau menurun angka 95 hingga 100. Kamu bisa memakai fitur auto fill jika hendak melakukan cara membuat abjad otomatis di excel tersebut
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Setelah itu, ketikkan rumus =CHAR(CELL Angka yang ada tulisan 95). Tekan Enter untuk mendapatkan hasilnya
  • Secara otomatis, hasil akan menunjukkan symbol [, \.], dan sejenisnya
  • Bahkan jika kamu mengurutkan cara membuat abjad otomatis di excel tersebut, akan menghasilkan urutan huruf-huruf kecil
  • Syaratnya, angka yang dituliskan juga harus ditambah, bahkan sampai nomor 199
cara membuat abjad otomatis di Excel

Penggunaan Autofill untuk Membuat Urutan Abjad atau Penomoran Otomatis

Cara membuat abjad otomatis di Excel adalah tutorial fleksibel. Tidak sebatas memakai formula di atas. Kamu dapat memanfaatkan fitur autofill yang ada di aplikasi tersebut. Fungsinya ada banyak, yang akan dijelaskan bersama dengan tutorial pemakaiannya berikut.

1. Cara Memakai Autofill di Excel

Jika kamu hendak memanfaatkan fitur ini untuk cara membuat abjad otomatis di Excel, sebenarnya sangat mudah. Bisa melalui fitur tab home atau mencari symbol + pada cell yang diinginkan.

  • Kamu bisa langsung klik tab home di Excel, setelah itu cari grup editing dan klik fitur auto fill
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Cara lainnya adalah dengan melakukan drag mouse di cell yang diinginkan. Drag mouse saat kursor ditempatkan di pojok kanan bawah. Drag dan tahan ke bawah atau ke atas, sampai jumlah yang kamu inginkan
cara membuat abjad otomatis di Excel

2. Penomoran Otomatis dengan Auto fill

Untuk memperjelas tutorial cara membuat abjad otomatis di Excel, perlu contoh penggunaannya juga. Misalnya jika hendak melakukan penomoran otomatis memakai fitur auto fill. Paling mudah adalah dengan memakai cara drag mouse, seperti contoh berikut.

  • Ada sebuah data dengan nomor yang sudah tertulis 1-3. Jika kamu ingin melanjutkan penomoran di cell bawahnya, cukup sorot cell yang tertulis nomor 1-3
  • Arahkan pointer ke cell yang bertuliskan nomor 3 sudut kanan bawah. Pastikan ada tanda + kecil di pointer tersebut
  • Lanjut dengan drag ke bawah, sampai nomor urut yang kamu inginkan. Misalnya sampai nomor 10
  • Lepaskan sorotan mouse, secara otomatis pengisian angka sudah bisa kamu dapatkan
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Lanjutkan dengan cara serupa jika ingin menambah angka
  • Jika hendak auto fill angka ke samping, berarti drag cell ke samping, dengan catatan sudah ada angka berurutan sebelumnya secara menyamping
cara membuat abjad otomatis di Excel

Baca juga: Jenis Jenis Data Pada Microsoft Excel 

3. Autofill untuk Pembuatan Tanggal, Bulan dan Tahun Otomatis

Cara membuat abjad otomatis di Excel sebenarnya tidak hanya sebatas huruf dan angka. Kamu juga bisa memakai auto fill untuk pembuatan tanggal, bulan, bahkan tahun. Tutorial cara memakainya juga sangat mudah, dengan cara:

  • Untuk membuat format tanggal sebenarnya kamu tidak perlu melakukannya secara manual. Ketikkan di salah satu cell
    Advertisement
    , dengan contoh seperti gambar
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Setelah itu, klik cell bertuliskan tanggal tersebut, arahkan pointer ke kanan bawah hingga auto fill symbol + muncul
  • Drag symbol tersebut ke bawah, tanggal akan berurutan secara otomatis
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Cara membuat abjad otomatis di Excel bulan juga sama. Kamu cukup ketikkan Jan di salah satu cell
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Drag symbol + yang ada di bagian pojok kanan bawah sampai bulan Desember
  • Secara otomatis, cell akan memiliki nama-nama bulan seperti yang ada gambar tersebut
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Kamu dapat merubah format penulisan tanggal dengan klik kanan salah satu cell
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Setelah itu, cari menu format cell, pilih tab opsi date dan gunakan format tanggal yang kamu inginkan
cara membuat abjad otomatis di Excel

Memakai Formula untuk Merubah Angka Menjadi Nama Bulan

Selain fitur auto fill, cara membuat abjad otomatis juga bisa dibuat dengan merubah angka menjadi nama bulan. Misalnya dari angka 4 menjadi bulan april, 1 jadi Januari, dan sejenisnya.

  • Cara membuat abjad otomatis di Excel tersebut bisa dari membuat keterangan angkanya terlebih dahulu. Misalnya menuliskan contoh data seperti berikut
cara membuat abjad otomatis di Excel
  • Setelah itu di cell kosong, tulis rumus =TEXT(CELL BERTULISKAN ANGKA*29,”mmm”), contoh penerapannya, bisa kamu lihat di gambar berikut.
  • Enter dan seret ke bawah cell yang sudah bertuliskan formula tersebut. Otomatis angka 1 sampai 12 akan mewakili nama-nama bulan
cara membuat abjad otomatis di Excel

Baca juga: Cara Memberi Warna Pada Excel Secara Manual

Bisa diambil kesimpulan bahwa membuat abjad otomatis tidak sekadar membuat urutan huruf. Cara membuat abjad otomatis di Excel juga mencakup penomoran angka, bahkan tanggal juga termasuk dalam tutorial di atas.

Advertisement

Tinggalkan komentar