Cara Membuat Aplikasi Excel Otomatis di Laptop Mudah Banget

Advertisement

Bagi kamu yang sedang mempelajari komputer ada cara membuat aplikasi excel otomatis di laptop kamu yang paling mudah. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menginput banyak data yang memakan waktu.

Menggunakan aplikasi Microsoft Excel memang sangat memudahkan untuk menghitung dan memasukkan berbagai data. Namun jika harus menginput data secara manual tentu memakan waktu dan tidak efisien.

Sekilas Tentang Aplikasi Microsoft Excel

Kamu yang sudah belajar tentang cara membuat aplikasi Excel otomatis tentu tahu bahwa aplikasi Microsoft Excelmerupakan kalkulator digital paling canggih yang pernah ada. Dengan aplikasi ini kamu bisa menghitung data apapun.

Semua perusahaan menggunakan aplikasi ini untuk membantu kegiatan yang berhubungan dengan proses perhitungan. Manfaat dari aplikasi ini sangat banyak dan menunjang produktivitas kerja para karyawan.

Sebut saja manfaat Excel yang paling dasar yaitu sebagai alat hitung. Excel bisa menyelesaikan berbagai jenis hitungan mulai dari yang paling mudah hingga yang paling rumit sekalipun dalam satu worksheet menggunakan aneka perintah kalkulasi.

Walau kini telah banyak bermunculan aplikasi pengatur keuangan berbasis akunting, banyak perusahaan masih bertahan menggunakan aplikasi Excel untuk membantu kegiatan berhitung, baik di bagian keuangan maupun bagian produksi.

Aplikasi Data Otomatis di Excel

Untuk memasukkan data pada tabel di Excel sangatlah mudah. Kamu cukup mengetik data yang ingin dihitung dalam sebuah sel. Kamu bisa menghitungnya secara otomatis setelah semua data terisi pada sel yang kamu butuhkan.

Apakah kamu bisa bayangkan jika kolom data yang harus kamu input jumlahnya ratusan bahkan ribuan? Disinilah cara membuat aplikasi Excel otomatis di laptop sangat dibutuhkan untuk melakukan efisiensi waktu dan tenaga.

Tahukah kamu bahwa aplikasi Excel memiliki sebuah kemampuan tersembunyi? Kemampuan tersebut dapat digunakan untuk memberikan kemudahan ketika kamu memasukkan data satu persatu ke dalam tabel atau sel di Excel.

Apa yang Dimaksud dengan Data Form Excel

cara membuat aplikasi excel otomatis

Kemampuan tersembunyi Excel ini disebut Data Form. Data Form hadir tanpa VBA Excel sehingga kami yakin kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan fitur tersembunyi ini demi mendapat kemudahan dalam bekerja.

Tutorial membuat program Excel otomatis akan dibahas dalam ulasan ini. Namun sebelumnya, kami akan menjabarkan pengertian dari Data Form Excel itu sendiri supaya kamu lebih mudah mengerti cara membuat aplikasi Excel otomatis ini.

Secara umum definisi dari data Form adalah kotak dialog pada Excel yang bisa memunculkan 32 reader kolom secara acak dan otomatis. Reader kolom ini akan berfungsi sebagai label yang dapat dipakai untuk menginput atau mengedit data.

Baca juga: Cara Buat Daftar Isi di Excel

Kelebihan dari penggunaan Data Form Excel

Jika kamu mengaktifkan fitur ini dalam cara membuat aplikasi Excel otomatis maka kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Selain dari keuntungan efisiensi waktu, masih ada beberapa keuntungan lain di antaranya :

  • Kamu bisa memasukkan data-data yang baru.
  • Kamu bisa menemukan satu baris tertentu menggunakan menu navigasi.
  • Kamu bisa mengubah isi data atau menghapus data tertentu yang menurut kamu sudah tidak bermanfaat lagi.

Cara Membuat Agar Menu Data Form Aktif di Laptop

Fitur Data Form ini tidak dapat kamu gunakan kecuali setelah diaktifkan pada aplikasi Microsoft Excel. Jika kamu sudah mengaktifkan tombol perintah default maka fitur ini sudah bisa kamu gunakan untuk entry data di aplikasi Excel.

Cara membuat aplikasi Excel otomatis dapat kamu lakukan dengan mudah. Lakukan Customize Ribbon atau membuat panel yang sudah dikostumisasi dengan cara menambahkan fitur tersebut pada Toolbar.

Setelah fitur Data Form ditambahkan pada toolbar, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan sebagai cara membuat aplikasi Excel otomatis adalah membuat tampilan tombol Data Form agar terlihat di ribbon Excel dengan cara :

  • Buka Tab File kemudian klik Options dan klik lagi Customize Ribbon. Langkah ini dilakukan untuk mengaktifkan Customize Ribbon kamu. Cara lain yang lebih mudah yaitu klik kanan pada sembarang tempat di ribbon lalu pilih Customize Ribbon.
  • Pilih All Commands di bagian Choose Command Prompt lalu pilih menu perintah Form.
  • Buat New Group atau New Tab untuk menggunakan sheet baru dan menginput data menggunakan Data Form.
  • Tekan tombol Add jika ingin membuat perintah baru atau membuat menu Data Form baru pada tab tersebut.
  • Klik OK jika sudah selesai.

Bagaimana Cara Untuk Menampilkan Tombol Data Form Pada QAT ?

cara membuat aplikasi excel otomatis

Quick Access Toolbar atau QAT merupakan salah satu fitur andalan Excel dimana toolbar ini sangat membantu penggunanya untuk langsung mengakses Sheet yang dibutuhkan. Dengan kata lain panel ini berisi jalan pintas menuju semua hal.

Agar tombol Data Form bisa ditampilkan pada QAT maka ada beberapa langkah yang harus kamu ambil, yaitu:

  • Pilih tab File > Options > Quick Access Toolbar.
  • Carilah bagian Choose Command from > pilih All Commands.
  • Disini kamu bisa cari menu perintah bertuliskan Form, setelah menemukan perintah ini lalu klik selanjutnya klik Add
  • Tekan OK

Baca juga: Cara Membuat Drop Down List Di Excel Berbeda Sheet

 Apabila command prompt sudah bisa dimunculkan maka secara otomatis kamu sudah bisa menggunakan fitur Data Form. Kamu bisa mengeksplorasi fitur ini lebih dalam dengan mencoba memasukkan beberapa data.

Cara Memakai Fitur Data Form Excel

cara membuat aplikasi excel otomatis

Setelah kamu selesai mengikuti semua langkah dalam cara membuat aplikasi Excel otomatis, maka menu tersebut sudah bisa kamu gunakan. Yang harus kamu siapkan adalah tabel datanya terlebih dahulu sebelum kamu entry.

Disini kamu bisa melakukan entry data, mengedit atau menghapus data. Kamu juga bisa menggunakan filter untuk memilih catatan yang ingin kamu tampilkan. Kamu bisa tampilkan hanya record yang memiliki data tertentu.

Sebelum menggunakan Data Form kamu harus memformat semua tabel data yang kamu gunakan untuk menyimpan record. Kamu harus memformat semua tabel data tersebut menjadi Format Tabel.

Setelah kamu selesia memformat semua tabel data menjadi Format Tabel, sekarang kamu tinggal mengaktifkan Data Form saja. Caranya sederhana sekali yaitu cukup dengan mengklik tombol menu yang sudah ditampilkan sebelumnya.

Advertisement

Menambahkan Data Baru

Jika kamu ingin membuat tabel yang berisi record data baru, caranya pun sangat mudah, yaitu :

  • Pilih New pada menu di Data Form.
  • Silahkan kamu masukkan semua data baru yang ingin kamu entry pada kolom yang ada.
  • Setiap satu baris data yang kamu isi dengan lengkap, klik Enter. Ini dimaksudkan agar terjadi perubahan dan data yang kamu masukkan disimpan dalam range data.

Bagaimana Cara Untuk Mencari dan Menemukan Data Menggunakan Navigasi?

Ketika menggunakan hasil dari cara membuat aplikasi Excel otomatis ini kamu bisa berpindah dari satu data ke data lainnya. Bagaimana jika kamu ingin mencari sebuah data dengan memakai bantuan menu navigasi?

  • Jika kamu ingin lompat menuju data berikutnya maka kamu harus klik Find Next. Sedangkan jika kamu ingin mundur ke data sebelumnya kamu cukup mengklik Find Prev.
  • Kamu juga bisa memanfaatkan scrollbar untuk mencari data yang kamu butuhkan.
  • Jika kamu ingin lompat 10 baris sekaligus maka kamu harus mengklik bagian tengah yang kosong dalam scrollbar.

Baca juga: Cara Membuat Bullet and Numbering di Excel

Microsoft Excel dengan segala kecanggihannya memang dirancang untuk membantu kegiatan manusia dalam menghitung sesuatu. Sebagai kalkulator digital tercanggih maka program Excel bisa melakukan hitungan apa saja.

Banyak fitur praktis yang bisa kamu coba di Excel. Namun cara membuat aplikasi Excel otomatis ini diharapkan bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas berhitung dengan lebih efektif dan efisien.

Advertisement

Tinggalkan komentar