√ 5 Cara Membuat Arsiran di Excel Secara Otomatis & Cepat

Advertisement

Cara membuat arsiran di excel saat ini sangatlah mudah dan cepat. Apalagi dalam mengelola tabel Excel. Kamu yang harus mengetahui beberapa tanda.

Pemberian tanda ini biasanya sudah menggunakan warna atau arsiran dengan kombinasi tertentu. Agar bisa mewarnai cell dengan warna biasanya menggunakan cara di bawah ini karena sangat mudah.

Cara Membuat Arsiran di Excel yang Mudah

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk Arsir Cell Excel, Pertama, bisa dengan menggunakan cara manual dan kedua bisa menggunakan Conditional Formatting untuk Arsiran Otomatis.

1. Cara Mengarsir Secara Manual

Agar bisa mengarsir sel secara Manual, kamu hanya memerlukan “Sel” yang akan diarsir dan kemudian menggunakan Pattern Style. Berikut ini sudah ada beberapa cara membuat Arsiran Cell secara manual di Excel, yaitu:

  • Pertama, bisa menyiapkan File Excel yang akan digunakan. Lalu pilih atau Seleksi Cell yang akan di Arsir.
Picture1 14
  • Kemudian, bisa klik Kanan dan Pilih Format Cells. Di dalam Kotak Dialog Format Cells, bisa pilih Fill.
Cara membuat arsiran di excel
  • Lalu klik Pattern Style dan Thin Diagonal Stripe atau Arsiran Tebal. Kemudian, bisa Gunakan Background Color jika diperlukan.
  • Kemudian, bisa tekan Tombol OK. Maka Hasilnya akan langsung terlihat. Cara membuat arsiran di excel ini dapat digunakan untuk Cell Tunggal maupun Range Cell (banyak sel sekaligus).

Baca juga: Cara Memberi Warna di Excel dengan Rumus

2. Cara Membuat Arsiran Conditional Formatting

Membuat Arsiran secara otomatis di excel, bisa juga menggunakan Conditional Formatting untuk mengatur kemungkinan Arsirannya. Agar bisa lebih jelasnya perhatikan Cara membuat arsiran di excel yang ada di bawah ini.

Cara membuat arsiran di excel
  • Pertama, bisa mempersiapkan File Excel yang akan diberi Arsiran-nya. Sebagai salah satu contohnya, perhatikan gambar di bawah ini:

Perhatikanlah Penempatan Cell yang ada pada Tabel. Apabila menggunakan Cell yang berbeda, maka Navigasi-nya juga akan terlihat berbeda.

Contoh Kasusnya: Siswa yang mempunyai Nilai <70 dinyatakan TIDAK LULUS. Keterangan TIDAK LULUS ini bisa diberikan tanda Arsiran pada Cell-nya. Agar dapat menjawabnya, maka Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Cara membuat arsiran di excel pertama, bisa aktifkan Cell D3, selanjutnya Pergi Ke Tab Home > Conditional Formatting > New Rule.
  • Pada Bagian New Formatting Rule, yaitu Select a Rule Type digunakan sebagai a formula to determine which cells to format. Sementara itu, ada Format Values Where this Formula is true: =C3<70 seperti di bawah ini.
Cara membuat arsiran di excel
  • Selanjutnya, klik conditional Formatting untuk Arsiran. Masih pada bagian New Formatting Rule, Klik Format: Preview > Format.
Cara membuat arsiran di excel

Keterangan :

– Klik Format.

– Di Bagian Format Cells, klik FILL.

– Pattern Style bisa memilih Thin Diagonal Stripe atau Diagonal Stripe (Arsiran Tebal).

– Lalu Tekan OK

  • Berikutnya, bisa tekan OK lagi di bagian New Formatting Rule-nya.
  • Agar bisa Mengisi Cell di bawahnya dengan Settingan yang sama, maka gunakan Teknik Fill Handle.
Cara membuat arsiran di excel

*Tarik pada bagian Kanan Pojok bawah ke arah Bawah. (Perhatikan Gambar yang ada di atas)

Maka hasilnya akan Seperti ini:

Cara membuat arsiran di excel
  • Hasil dari arsiran Sel Excel dan Selesai.

Baca juga: Cara Membuat Abstrak Otomatis Online

Cara Mengarsir Excel Secara Otomatis

Arsiran tentunya saat ini sangat variatif, tergantung dari pilihan kamu sendiri. Namun, Excel sendiri sudah menyiapkan alternatif pilihan.

Berdasarkan, proses pembuatannya ada dua pola yang digunakan yakni secara manual dan otomatis. Biasanya bisa menggunakan Conditional Formatting.

Sedangkan, dalam memberikan arsiran secara manual pada cell akan dipilih sesuai dengan menggunakan menu Format Cells. Jika dilihat dari daftar pilihan arsiran sudah lengkap dan tersedia dalam menu Format Cells.

1. Cara Membuat Arsiran Pada Cell Pilihan

Berikutnya, akan dibahas bagaimana cara membuat arsiranyang dipilih secara manual. Berikut ini sudah ada langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pertama, klik kanan pada cell yang akan diarsir. Lalu klik Format Cells.
  • Kemudian, bisa klik Tab Fill. Pada kelompok Background Color, silahkan memilih warna yang akan digunakan.
  • Kemudian, bisa klik dropdown Pattern Style dan pilih arsiran apa yang akan digunakan. Kemudian, klik OK.

Cara membuat arsiran di excel yang ada di atas akan memberikan arsiran pada cell dengan klik cara yang pertama. Seperti yang telah disebutkan diatas untuk pilihan bentuk dari arsiran banyak, karena sudah disediakan oleh Excel.

Kamu bisa pilih salah satu dari beberapa pilihan seperti yang ada dalam tab menu Pattern Style. Ini tentunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan menu Conditional Formatting yang ada pada Tab Home.

2. Cara Membuat Arsiran Otomatis dengan Kriteria Tertentu

Perbedaan dari cara sebelumnya, terletak pada arsiran pilihan kelompok I atau II. Arsiran pada kelompok I atau II secara otomatis akan muncul sesuai angka tahun yang dimasukan kedalam kolom B.

Ini berarti, saat angka tahun diisi maka arsiran akan otomatis muncul sesuai dengan kriteria di bawah 5 tahun atau di atas 5 tahun. Menu yang nantinya akan digunakan adalah Conditional Formatting.

Cara membuat arsiran di excel secara otomatis bisa dengan Conditional Formatting cell C5. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasannya.

  • Pertama, bisa klik cell C5 dan Tab Home. Kemudian, bisa klik Conditional Formatting.
  • Selanjutnya, bisa klik New Rule akan muncul kotak dialog. Ini bisa dilihat dari kotak dialog New Formatting Rule klik Use a formula to determine which cells to format
  • Cara membuat arsiran di excel selanjutnya, kotak Format values where this formula is true masukan rumus : =$B5<5. Lalu bisa klik tombol Format di sebelah kanan dalam kotak dialog tersebut.
  • Kemudian, akan muncul kotak dialog Format Cells. Selanjutnya, klik kotak dialog Format Cells dan Tab Fill.
  • Advertisement
  • Lalu pilihlah warna background dalam menu Background Color dan klik arsiran pada tab menu Pattern Style. Kemudian, bisa klik OK dan kotak dialog Format Cells akan hilang dan kembali ke kotak dialog New Formatting Rule
  • Selanjutnya, Klik OK dan opy cell C5. Selanjutnya, pastekan pada cell C6 dan C7 atau cell lain di bawahnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tampilan kotak dialog New Formatting Rule, bisa memilih warna dan arsiran pada kotak dialog Format Cells. Berikut ini langkah-langkahnya dan pastikan jangan ada yang salah atau terlewatkan agar arsiran muncul sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Cara Membuat Abjad Otomatis di Excel

Cara membuat arsiran di excel untuk cell D5 sama dengan memberikan arsiran pada cell C5 hanya saja rumus dan pilihan warna arsiran yang berbeda. Untuk warna bisa disesuaikan dengan cara yang pertama.

Sedangkan, untuk rumus dalam kotak Format values dimana formula yang benar adalah =$B5>=5. Sesudah kedua kolom dibuatkan Conditional Formatting maka silahkan coba ubah angka yang ada pada kolom B.

Sehingga jika berhasil maka arsiran secara otomatis muncul sesuai ketentuan dan angka tahun dalam kolom B. Cara mengarsir excell otomatis sangatlah penting untuk pekerjaan di bidang administrasi.

Jadi kamu bisa memberikan statistik dan ciri untuk setiap data yang penting atau berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara membuat arsiran di excel untuk kebutuhan data lainnya.

Advertisement

Tinggalkan komentar