Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah Bagi Pemula

Beranda » Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah Bagi Pemula
Advertisement

Membuat buku di word itu tidak terlalu sulit. Banyak fitur yang ada di word untuk memudahkan proses bikin buku. Jadi, selalu pahami bagaimana cara dalam membuat buku di word. Kalau memperhatikan cara membuatnya dengan baik, semuanya akan jadi lebih lancar.

Dengan bikin buku pakai semua fitur terbaik di word, semuanya akan lancar. Karena itu, perhatikanlah terus bagaimana cara membuat buku di Microsoft Word. Ini dia panduan dalam membuat buku di word dengan sangat mudah dan bisa dilakukan dengan mudah.

Persiapan dalam Membuat Buku di Word

Ada sejumlah persiapan penting dalam upaya membuat buku di word. Dengan sejumlah persiapan penting tersebut, pembuatan buku di lembar kerja word akan berlangsung secara lancar. Ini dia persiapan penting dalam membuat buku di word yang penting untuk dipahami.

1. Konten Bukunya

Konten atau isi bukunya merupakan hal yang dipersiapkan dari awal. Konten yang sudah lengkap memang harus dibuat terlebih dulu. Saat mempersiapkan dan menyelesaikan konten dari sebuah buku secara lengkap, maka pembuatan buku dari word akan lebih lancar.

2. Cover Buku

Persiapan cover buku yang akan digunakan juga merupakan hal penting. Ini adalah persiapan yang perlu dilakukan agar pembuatan buku di word akan berjalan dengan mudah. Kalau membuat desain cover buku sedari awal, pembuatan buku di word akan berjalan lebih cepat.

3. Desain Tata Letak

Desain tata letak juga merupakan persiapan penting yang harus diperhatikan juga. Persiapan penting berupa desain tata letak itu memang akan berpengaruh dengan baik. Untuk itu, cobalah untuk memilih desain tata letak yang paling sesuai.

4. Pemilihan Template

Pemilihan template untuk buat buku itu harus diperhatikan secara baik. Ini adalah persiapan penting dalam membuat buku di word yang juga harus mendapatkan perhatian dan atensi yang lebih. Sehingga, saat membuka lembar kerja baru di word, pilihan template itu sangat penting.

5. Jumlah Halamannya

Persiapan penting lainnya adalah mempersiapkan berapa jumlah halaman yang mau dibuat. Jumlah halaman tersebut memang harus diatur sedemikian rupa. Penting sekali untuk menentukan berapa banyak halaman yang akan dibuat agar semuanya bisa disesuaikan.

Cara Membuat Buku di Word dengan Mudah

Cara untuk membuat buku di word itu bisa dijalankan dengan mudah. Dengan cara pembuatan yang sesuai, segalanya akan berlangsung dengan amat lancar. Pembuatannya harus memeprhatikan banyak hal. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam membuat buku di word.

1. Menyiapkan Desain Tata Letak

Langkah pertama adalah memilih desain tata letak dulu. Buka lembar kerja baru di word dan pilih booklet. Di sana akan terlihat beberapa opsi template yang bisa dipakai langsung. Pastikan menentukan desain yang paling tepat.

2. Mempersiapkan Konten Tulisan

Mempersiapkan konten tulisan yang akan ditambahkan jadi langkah berikutnya yang perlu dilakukan. Ada baiknya kalau semua isi buku telah dibuat dan tinggal menambahkan saja pada tahapan ini. Intinya, isi konten harus sudah siap dari awal.

3. Menuliskan Kata Pengantar 

Menuliskan kata pengantar adalah tahap berikutnya. Tambahkan dulu kata pembuka atau pengantar yang dibuat pada word. Kalau sudah menyiapkan sebelumnya, kata pengantar bisa langsung ditata pada template buku yang sudah dipilih pada word.

Advertisement

4. Memasukkan Konten Buku

Saat sudah memasukkan kata pengantar, maka isi dari tulisan bisa ditambahkan. Langsung salin semua tulisan yang tadi sudah disiapkan ke dalam template pembuatan buku di word. Pastikan bahwa semua tulisan berada di tempat yang tepat pada template word.

5. Menuliskan Penutup

Setelah semua isi dari buku masuk, maka proses berikutnya adalah menuliskan penutup. Penulisan penutup ini tak kalah pentingnya. Penutup bisa berisikan kesimpulan dari konten atau isi buku yang sudah dibuat. Bisa juga berisikan rangkuman akhir dari tema buku yang dibuat.

6. Buat Daftar Isi

Setelah penutup dibuat, langkah berikutnya adalah membuat daftar isi. Daftar isi dari sebuah buku ini memang dibuat di akhir agar semuanya tepat dan sesuai. Karena itu pastikan telah mengatur tiap halaman pada buku dengan baik. 

7. Mengatur Cover

Jika isi atau konten telah selesai ditambahkan, maka proses berikutnya adalah mengatur cover buku. Desain cover buku bisa disesuaikan dengan tema yang ada. Bisa juga menggunakan gambar hasil desain sendiri yang tak ada kaitannya sama sekali dengan isi buka yang dibuat.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Buku di Word

Dalam proses membuat buku di word, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Segala macam hal tersebut perlu dapatkan perhatian lebih. Ini dia penjelasan mengenai sejumlah hal yang wajib diperhatikan saat mau membuat buku di word.

1. Penulisannya Harus Tepat

Tulisan pada buku word itu harus diperhatikan dengan baik. Tiap ejaan, kata dan kalimat harus benar – benar diedit secara baik. Hal ini untuk menghindari typo dan semacamnya. Karenanya, penulisan dari isi sebuah buku harus dikroscek terus untuk hindari kesalahan.

2. Format Paragrafnya Harus Diatur

Format paragraf pada buku di word itu juga harus mendapatkan pengaturan secara baik. Paragraf harus sudah dirapikan agar buku yang dibuat pada word enak dibaca. Tanpa menggunakan editing paragraf yang baik, buku yang diedit lewat word akan lebih berkualitas.

3. Pemberian Nomor Halaman

Pemberian nomor halaman itu juga merupakan faktor penting dalam pembuatan buku di word. Nomor halaman memang bisa ditambahkan dengan mudah. Namun, banyak yang sering lupa dalam menambahkan nomor halaman tersebut. Itulah sebabnya pemberian nomor halaman sangat penting.

4. Pemasangan Gambar yang Sesuai

Jika memang butuh memasang gambar di word, pengguna harus menyesuaikannya dengan baik dan tepat. Pemasangan gambar yang tepat dan sesuai itu pasti akan berpengaruh terhadap kualitas buku yang akan dibuat. Untuk itu, pemasangan gambar yang tepat harus diatur sedari awal.

FAQ | Membuat Buku di Word

Apakah sulit membuat buku di word?

Tidak sulit. Sudah ada template yang digunakan untuk bikin buku di word dengan mudah.

Kenapa disarankan membuat buku di word?

Supaya proses pembuatan buku bisa lebih mudah diselesaikan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.